Agar Bibir Tetap Lembut dan Tidak Kering Saat Puasa, Lakukan 7 Perawatan Sederhana Ini!

21 Mei 2018
|Chandra W.
335SHARES

Saat puasa, tubuh mudah dehidrasi karena tidak minum selama kurang lebih 13 jam. Salah satu akibatnya adalah bibir kering dan pecah-pecah. Tentu saja ini dapat mengganggu penampilan, apalagi jika harus bertemu dengan klien (dan gebetan). Untuk mengatasinya dengan meminum air mineral juga tidak bisa karena sedang berpuasa. Tenang, ada beberapa cara mudah untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah kok.

1. Memakai lip balm

Pulaskan lip balm di bibir setelah mandi. Lip balm dapat membantu melembapkan bibir seharian. Jika bibir sudah terasa kering, oleskan lagi. Mudah bukan?

2. Gunakan madu sebelum tidur

Madu murni memiliki kandungan alami yang dapat melembapkan bibir sekaligus menutrisinya. Karena sedang berpuasa, tentu kamu tidak bisa mengoleskannya setelah waktu Imsak. Tapi, kamu bisa mengakalinya dengan mengoleskannya sebelum tidur. Tipis-tipis saja agar tidak disemuti. 

3. Jangan menjilat bibir

Ini merupakan refleks kebanyakan orang. Membasahi bibir dengan ludah sendiri dengan cara menjilatnya. Yang sering dilupakan, menjilat bibir hanya akan membuatnya lebih kering dibandingkan sebelumnya. Kurang-kurangin ya. 

4. Minum air dalam jumlah cukup

Cukup sesuai anjuran biasanya 7-8 gelas per hari. Dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka dan empat gelas pada malam hari. Cara ini membantu dari dalam. Percuma kan menjaga dari luar kalau nutrisi tubuhnya juga nggak dipenuhi.

5. Menggunakan masker tomat untuk bibir

Kandungan vitamin A, vitamin C dan likopen dalam tomat dapat menyegarkan bibir. Cukup oleskan potongan tomat secara merata pada bibir, usap-usap dan tekan beberapa kali. Selain menyegarkan, tomat juga dapat membuat bibirmu tampak merah merona secara alami. Nggak perlu lagi deh pakai lipstik Korea! 

6. Jangan menggigit bibir

Jika kamu termasuk orang yang mengatasi kegugupan dengan cara menggigit bibir, coba ganti metode deh. Soalnya, menggigit bibir akan menimbulkan trauma pada bagian luarnya. Apalagi kalau kamu menggigitnya sampai berdarah. Sudah kering, pecah-pecah, berdarah pula. Kurang-kurangin ya.

7. Menggunakan potongan timun

Potong timun bulat tipis seperti biasa, lalu tekan-tekan pada bibirmu selama beberapa saat. Timun mengandung air dan vitamin C dalam jumlah cukup tinggi sehingga dapat melembapkan sekaligus menyegarkan bibir. Cara ini bisa dilakukan beberapa kali sehari. Tapi ketika puasa, lakukan setelah jam berbuka saja ya. 

Itu dia tujuh cara untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa. Jangan sampai penampilan jadi nggak oke karena bibir kering ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
335SHARES