9 Tips Mengatur Keuangan agar Bisa Segera Menikah dalam Waktu Setahun

28 Juli 2017
|Indana Putri
293SHARES

Bosen denger pertanyaan, "Kapan nikah" saat lebaran? Apa kamu lebih sebel lagi dengan pertanyaan orang-orang, "Itu pacaran apa kredit motor? Udah tiga tahun kok gak dihalalin?" Mereka sih enak aja ngomomg begitu tanpa tau gimana pusingnya kita mikirin biaya buat nikah. Padahal, yang paling penting dari pernikahan kan akadnya yang sah. Tapi sayangnya, kita tinggal di Indonesia di mana pesta pernikahan adalah kewajiban. Jika kamu nggak menyelenggarakan resepsi, pasti kamu dikira hamil duluan. Ih amit-amit deh, yang hamil duluan aja kadang masih ngadain resepsi!

Tapi, tenang aja, guys! Sekarang kamu nggak perlu pusing lagi. Walaupun gaji pas-pasan, kamu tetep bisa nikah dalam waktu dekat, kok. Syaratnya cuma dua, pintar dalam hal mengatur keuangan dan ADA CALONNYA. Masa iya mau nikah, tapi masih jomblo? Siapa yang mau dinikahin dong kalau begitu? Nah, buat yang udah ngebet pengen nikah secepatnya, simak tips jitu dari YuKepo nih!

1. Buat rincian keseluruhan biaya pernikahan, lalu dibagi 12

Catat estimasi kebutuhan biaya lalu dibagi berdasarkan pada jumlah bulan dalam setahun. Dari situ kamu bisa tau berapa target tabungan yang harus kamu kumpulkan tiap bulannya. Misalnya nih, kamu punya budget 60 juta untuk menikah tahun depan. Berarti tiap bulan kamu harus menyisihkan 5 juta. Dibagi dua dengan pasanganmu, berarti kamu harus mampu menyisihkan 2,5 juta tiap bulan. Kalo mau dibagi lagi, artinya dalam sehari kamu harus menyisihkan 85.000 rupiah.

2. Sebaiknya buat rekening tabungan kamu sendiri. Pisahkan dengan gajimu. Jangan bikin rekening bersama pasangan karena kalo dia ditikung orang terus kamu ditinggal nikah duluan bisa berabe

Waspada dan berhati-hati itu perlu. Meskipun kita sudah terlihat pasti menikah dengan pasangan kita, tapi takdir Tuhan siapa yang tau?

 

3. Investasikan tabunganmu dalam bentuk emas

Kenapa harus emas? Karena harga emas tidak akan pernah turun! Misalnya, kamu menabung sebanyak lima juta, maka setahun lagi yang kamu ambil juga cuma lima juta. Tapi kalo emas, beda lagi perhitungannya. Misalkan, kamu menabung emas seberat 100 gr dengan harga 120.000, maka setahun lagi harga emas yang kamu jual bisa jadi 180.000 karena harga emas akan selalu naik dan tidak bisa turun.

4. Say good bye to cigarette !

Daripada keluar duit buat beli rokok, mending duitnya ditabung buat tambahan uang pernikahan. Misalnya, rokokmu sebungkus harganya 20.000. Kalau dalam sehari kamu menabung uang rokok sebanyak sebungkus aja, dalam sebulan kamu bisa mendapatkan 600.000 dan dalam setahun bisa jadi 7.200.000. Lumayan kan ?

5. Ngga perlu resepsi di gedung mewah. Pesta kebun sederhana justru akan lebih berkesan!

Cari aja lapangan deket rumahmu. Selain lebih hemat karena nggak perlu nyewa gedung, pernikahanmu juga bakal lebih berkesan kayak di luar negeri!

6. Cicil pembelian seserahan, tiap bulan minimal beli satu barang

Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.

7. Jalankan bisnis sampingan

Jika menyisihkan 85.000/ hari dari gaji kamu masih terasa berat, kamu harus coba menjalankan bisnis sampingan. Coba deh ikutan bisnis yang nggak perlu modal uang, kan banyak tuh. Semacam MLM atau endorse ol shop. Mungkin juga kamu bisa cari ceperan dengan cara ikutan kuis di TV yang berhadiah jutaan rupiah :D

8. Nikah di KUA tidak dipungut biaya alias GRATIS !

Manfaatkan segala apa pun yang berbau GRATIS untuk meringankan biaya pernikahan!

9. Dan yang paling penting: Berdoa

Manusia boleh berusaha sekuatnya, tapi Tuhan yang menentukan. Maka dari itu, berdoalah kepada Tuhanmu agar diberi cukup rejeki untuk menikah tahun depan. Satu hal yang paling penting lagi, berdoalah semoga jodohmu sudah disediakan :)

Gimana guys? Siap mencoba kesembilan tips dalam mengatur keuangan di atas ?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Indana Putri
Gak Punya Quote Nih!
293SHARES