9 Tips Bertahan Hidup yang Bisa Kamu Pelajari dari Film, Berguna Banget Nih!

unsplash.com

Inspirasi dan wawasan itu bisa datang dari mana saja. Contohnya ketika kamu ngobrol dengan orang baru kamu pun akan merasa wawasanmu makin luas dan terbuka, kadang kehidupan orang lain pun bisa jadi inspirasimu. Tak terkecuali film.

Film tidak hanya menghibur, mereka juga bisa kamu jadikan sumber inspirasi dan tempat belajar hal baru. Salah satunya nih, cara bertahan hidup dan menghadapi situasi sulit.

Berikut beberapa tips bertahan hidup yang terinspirasi dari film yang bisa kamu praktikkan di saat kepepet dan nggak terduga.

1. Sing Street: berkawanlah dengan yang nge-bully kamu

www.subcultureonline.co.uk

Film yang mengisahkan kehidupan seorang remaja Irlandia di tahun 1980an ini  punya tips jitu untuk kamu yang sering di-bully di sekolah oleh salah seorang teman sekelas. Di film ini, caranya tidak melawannya dengan kekerasan, tetapi dengan prestasi.

Si karakter utama, Conor tidak mempedulikan si perundung, ia tetap fokus melakukan hal yang disukainya dengan band yang ia buat dengan kawan-kawan lain. Saat akhirnya, band Conor dan kawanannya. Lolos untuk tampil di acara pensi sekolah, ia justru mengajak si perundungnya untuk jadi semacam security crew untuk menjaga band-nya dari anak-anak nakal lain saat perform. Seru nggak tuh? 

2. The Hunger Games: maksimalkan kelebihanmu

www.independent.co.uk

Dalam film "The Hunger Games", setiap peserta harus dituntut punya kemampuan survival yang baik untuk dapat selamat dari permainan mematikan itu. Untuk itu, mereka harus bisa memilih satu kemampuan yang paling dikuasai untuk bertahan hidup. Katniss dalam film ini memilih panah sebagai senjatanya, sebab itulah kemampuan yang dia miliki.

Sama dengan kehidupan nyata, semakin tua usia kita, kita hanya bisa menguasai satu kemampuan untuk bertahan hidup. Misal kamu yang punya bakat musik, jangan remehkan itu, mungkin di situlah rezekimu berada.  

3. The Maze Runner: kerja sama tim itu yang utama

thatmomentin.com

"Maze Runner" juga salah satu film dengan banyak survival tips, salah satunya kerjasama tim. Dalam film ini, nggak ada deh adegan di mana si aktor berhasil sendirian, dia selalu merencanakan aksinya dalam sebuah tim yang solid dan punya solidaritas tinggi. Kalau kamu menghadapi kesulitan dan sedang bersama teman, jangan tinggalkan temanmu atau lari sendiri-sendiri. Cobalah cari cara menghadapinya bersama-sama.  

4. I Am Legend: jangan pergi ke tempat gelap dan asing tanpa satu amunisi pun
www.denofgeek.com

Film yang dibintangi Will Smith ini nggak kalah epik. Sebagai satu-satunya manusia yang tersisa di dunia yang hancur berantakan, Will Smith tetap waspada dan selalu berjaga-jaga.

Sama seperti kamu, ketika harus pergi ke tempat baru, misal traveling atau bahkan harus janjian ketemuan dengan seseorang yang sebelumnya belum pernah kamu temui. Kamu harus waspada, siapkan amunisi yang diperlukan, jangan pergi dengan tangan kosong. 

5. Dunkirk: keselamatan adalah yang utama
flixchatter.net

"Dunkirk", salah satu film terlaris tahun 2017 punya banyak tips survival yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan nyata. Salah satu yang paling kece adalah adegan di mana salah satu tentara menolak masuk ke lambung kapal, padahal semua teman-temannya bergegas masuk dan menikmati makanan yang sudah disiapkan.

Ternyata, dia trauma dan menjadi was-was dengan lambung kapal perang yang biasanya sangat rentan diserang torpedo musuh. Saat itu, keputusannya benar, ia mengutamakan keselamatan daripada kenyamanan dan dia berhasil selamat dari serbuan torpedo yang menghantam lambung kapal. 

6. The Martian: belajar berkebun

www.pinterest.com

Di "The Martian", salah satu cara bertahan hidup yang cukup penting adalah berkebun untuk mendapatkan bahan makanan. Hari gini guys, berkebun dan bertani bukan hal yang identik dengan petani di pedesaan, banyak kok orang yang mulai melirik usaha berkebun di pekarangan rumah sendiri. Bisa menghemat banyak pengeluaran untuk belanja bahan makanan. 

7. 127 Hours: selalu beri kabar ketika akan bepergian

www.filmcomment.com

Film berdasarkan kisah nyata yang dibintangi James Franco ini benar-benar memberi kita banyak pelajaran berharga. Salah satunya yang paling penting adalah ke mana pun kamu akan pergi kabari orang-orang terdekatmu. Jangan pergi tanpa kabar, sebab ketika nanti kamu terjebak dalam situasi sulit seperti yang terjadi dalam film ini, mereka tidak akan kesulitan menemukan dan menolongmu. 

8. The Revenant: belajar dasar-dasar penanganan medis

www.imdb.com

Ketika temanmu atau kamu terluka, misal sedang naik gunung nih, kamu tidak hanya perlu kotak P3K dan obat-obatan saja. Kamu juga perlu dasar-dasar penanganan medis yang tepat. Seperti dalam film "The Revenant" ini, karakter utama Glass mengobati luka di tenggorokannya dengan membakar lukanya untuk menghindari infeksi.  

9. Godless: tak usah menambah musuh
www.vox.com

"Godless" merupakan mini series yang menceritakan tentang sebuah kota yang didominasi penduduk wanita dan sedang dalam bahaya perampokan oleh satu geng mafia sadis. Film yang berlatar Amerika pada abad ke-19 ini  menceritakan bagaimana penduduk desa itu kemudian mencari bantuan bahkan dari desa terdekatnya yang dihuni orang kulit hitam. Saat itu, penduduk kulit putih dan kulit hitam cenderung tidak akur karena sejarah perbudakan. Untungnya, mereka tidak pernah saling memusuhi dan akhirnya bersedia saling membantu,  walaupun tidak begitu berhasil. 

Dalam kehidupan nyata alangkah baiknya kamu tidak memiliki musuh. Kalau kamu nggak suka dengan seseorang, kamu tidak perlu jadi musuhnya. Siapa tahu nasib membawamu untuk minta bantuan ke mereka, roda selalu berputar ‘kan? 

Belajar bisa di mana saja bukan? Semoga tips bertahan hidup dari film-film tadi bisa bermanfaat untukmu ya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Kursus Kilat yang Wajib Dikuasai Komika Pemula yang Ngebet Jadi Standup Comedian Profesional

Kursus Kilat yang Wajib Dikuasai Komika Pemula yang Ngebet Jadi Standup Comedian Profesional

Ingin Cepat Tajir Melintir? 7 Tips Bisnis Waralaba atau Franchise Ini Layak Dicoba

Ingin Cepat Tajir Melintir? 7 Tips Bisnis Waralaba atau Franchise Ini Layak Dicoba

10 Barang Ini Mending Dibeli dalam Keadaan Bekas. Secondhand Nggak Kalah sama yang Baru!

10 Barang Ini Mending Dibeli dalam Keadaan Bekas. Secondhand Nggak Kalah sama yang Baru!

Biar Valentine-mu Lebih Berkesan, Bikin Sendiri 6 Resep Cokelat Ini. Pasti Enak!

Biar Valentine-mu Lebih Berkesan, Bikin Sendiri 6 Resep Cokelat Ini. Pasti Enak!

Kalau Mau Dagangan Online Shop-mu Laku Keras, Contek 12 Desain Memukai Ini!

Kalau Mau Dagangan Online Shop-mu Laku Keras, Contek 12 Desain Memukai Ini!

Bukan Cokelat atau Bunga, 14 Kado Hari Kasih Sayang Ini Bikin Cewekmu Makin Cinta

Bukan Cokelat atau Bunga, 14 Kado Hari Kasih Sayang Ini Bikin Cewekmu Makin Cinta

loading