9 Tips Ampuh Supaya Rajin Bangun Pagi. Biar Rejekimu Nggak Dipatok Ayam!

25 Januari 2018
|Mohammad Syahrial
96SHARES

Bangun tidur di pagi hari ternyata memiliki banyak manfaat lho, baik itu kesehatan juga kebahagiaan hidup. Bangun pagi memberikan semangat positif untuk menjalani hari dengan baik. Tapi bagi yang tidak biasa bangun lebih awal, sulit sekali mulai membiasakan diri untuk bangun pagi. Mata pasti terasa sangat berat untuk dibuka, badan seolah-olah menempel di kasur, dan semuanya baru bisa dikendalikan ketika matahari mulai tinggi.

Nah sekarang kalian yang mau mencoba bangun pagi tapi masih susah, nggak perlu putus asa. YuKepo sudah menyiapkan tips terbaik biar kamu mampu disiplin bangun pagi setiap hari. Langsung dipraktikkan ya buat besok pagi!

1. Kurangi waktu tidur siang

Biasanya kalau tidur siang terlalu lama, kita akan susah tidur di malam hari karena tidak mengantuk dan akan tidur larut malam. Kalau udah begini, jadi susah lagi deh buat bangun pagi. Bahkan bisa jadi jadwal tidur di malam-malam berikutnya pun jadi kacau.

2. Hindari makan malam di atas jam 8

Kalau kita makan malam sebelum tidur, perut kita tidak akan istirahat dan akan terus mencerna makanan. Akibatnya, kita akan membutuhkan waktu tidur lebih lama dan sulit bangun pagi. Usahakan maksimal makan malamnya nggak lebih dari jam 7 ya.

3. Hindari minum kopi beberapa saat sebelum tidur

Sudah bukan rahasia lagi kalau kopi bisa bikin imata melek semalaman. Hal ini disebabkan oleh kandungan kafein yang tinggi pada kopi. Nggak hanya kopi, makanan atau minuman lain yang banyak mengandung kafein juga harus dihindari ya agar kamu bisa tidur cepat dan bangun pagi.

4. Tidur lebih awal

Tips yang satu ini masih berkaitan nih dengan tips disiplin. Usahakan kamu mengatur jadwal tidurmu lebih awal, misalnya maksimal jam 9 sampai 10 malam. Tidur lebih awal terbukti ampuh untuk membangunkanmu di pagi hari. Kalau kamu tidur terlalu larut, otomatis kamu juga akan bangun lebih siang.

5. Rapikan tempat tidur

Kondisi kamar yang nyaman, bersih, dan rapih tentunya juga akan membuat kamu lebih rileks dan nyaman. Kalau tubuhmu sudah merasa nyaman, kamu akan lebih cepat mengantuk, cepat tidur, dan bisa bangun pagi deh.

6. Matikan lampu

Cahaya lampu bener-bener mempengaruhi tubuh lho. Ruangan dengan cahaya yang redup akan memberi kesan hangat dan nyaman. Nggaak hanya cahaya lampu, cahaya dari gadget juga harus dihindari agar kamu bisa tidur cepat dan nyaman. Buat kamu yang gak biasa tidur dengan kondisi gelap, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan penutup mata.

7. Hindari gangguan

Suasana kamar yang tenang dan sepi akan membuat kamu lebih rileks, nyaman, dan bisa tidur cepat. Caranya, kunci pintu untuk meredam suara dari luar kamar, dan matikan gadget agar tidak ada lagi suara notifikasi.

8. Paksa diri untuk bangun

Sebelum menjadi kebiasaan, bangun di pagi hari memang harus menjadi paksaan terlebih dahulu. Paksa dirimu untuk membuka mata dan bangun ketika alarm berbunyi. Jangan biarkan rasa kantuk menguasaimu. Setelah bangun, kamu bisa berdiri dan nyalakan lampu kamar atau membuka tirai agar tubuhmu bergerak dan mengurangi rasa kantuk.

9. Disiplin

Disiplin untuk jam tidur juga penting banget nih untuk membiasakan bangun pagi. Sebisa mungkin, patuhi jadwal tidur yang sudah kamu tentukan sendiri. Misalnya, tidur jam 10  malam dan bangun pukul 6 pagi. Jika disiplin dilakukan dalam waktu sebulan, maka kamu sudah bisa terbiasa bangun pagi.

Nah, itu dia tips disiplin bangun pagi setiap hari. Selama kamu niat dan sungguh-sungguh melakoni tips tadi, dijamin deh kamu bakal bisa bangun pagi setiap hari dan bisa lebih awal memulai mengejar cita-citamu. Selamat mencoba!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
96SHARES