9 “Polesan” Ini Wajib Ada di CV-mu Biar Langsung Dilirik HRD

18 Februari 2018
|Dwi Ayu Silawati

Resume atau yang dikenal juga dengan sebutan CV merupakan modal utamamu untuk berjuang mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan. Selain berisi tentang latar belakang pendidikan dan pengalaman yang sudah ditekuni sejak bangku sekolah, kamu perlu satu hal lagi nih. Desain yang eyecatching.

Tahu nggak sih, kebanyakan tim HRD hanya membutuhkan waktu sekian detik untuk menentukan apakah kandidat ini cocok atau tidak dengan ekspektasi perusahaannya hanya melihat dari CV.

Makanya, bikin CV kamu semenarik mungkin. Paling tidak, staf HRD sempat terpukau saat melihat CV-mu meskipun mungkin belum sesuai dengan harapannya setelah dibaca. Karena desain dan isi CV yang menarik bisa jadi nilai plus! Cek dan kasih "polesan" ini di daftar riwayat dihupmu ini, biar dilirik sama HRD dan dapet kerjaan yang OK!

1. Pastikan kalimat yang kamu pakai singkat dan jelas, nggak perlu bertele-tele

Pilah apa saja yang akan kamu tampilkan dalam CV, usahakan yang paling relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Beri penjelasan secukupnya saja. Misal kamu pernah magang di suatu tempat, cukup sebutkan nama instansi, posisi, dan sedikit penjelasan tentang jobdesc-mu. 

2. Jangan pakai terlalu banyak warna

Pilih maksimal dua warna dominan dan maksimal dua warna dasar. Sekarang tampilan minimalis sedang disukai karena lebih mudah dibaca dan terlihat lebih elegan. 

3. Desain CV yang kreatif jika kamu mendaftar pekerjaan di bidang kreatif juga

Hal ini penting banget kalau kamu mau mendaftar sebagai desainer grafis atau fotografer. Desain resume bisa jadi media untuk mengenalkan gaya desain dan skill kamu. Manfaatkan semaksimal mungkin untuk memberi impresi pertama yang bagus ke calon bosmu. 

4. Gunakan grid

Grid adalah layout yang sedang tren di dunia desain. Grid digunakan di banyak aspek, seperti majalah, website dan tentunya resume. Grid ditandai dengan adanya kolom, untuk resume biasanya kamu bisa menggunakan dua kolom yang memisahkan antara informasi personal dengan informasi profesional. 

5. Mau lebih kreatif, kemas resume kamu seperti brosur

Kalau kamu punya banyak cerita dan info yang ingin dibagikan ke employer atau HRD, coba buat CV kamu dalam bentuk brosur yang bisa dilipat ini. Butuh tenaga dan pikiran ekstra sih, tapi siapa tahu kamu tertarik! 

6. Pajang foto

Ada beberapa orang menyarankan tidak usah mencantumkan foto di resume dengan alasan karena mengganggu. Namun, nggak ada salahnya kok mencantumkan fotomu. Ukurannya nggak usah terlalu besar, kecil saja yang penting jelas. Dengan mencantumkan foto dalam CV kamu pun nggak perlu repot-repot melampirkan pas foto lagi secara terpisah, 'kan? 

7. Kemas tingkat kemahiran skill-mu sebagai infografis

Untuk bagian skill kamu nggak perlu memberi penjelasan panjang lebar, cukup dengan grafik menarik yang menunjukan seberapa bagus skill kamu. 

8. Cukup pede? Tiru ide nekad ini!

Resume ini menyertakan donat sebagai hantarannya. Duh, bikin ngiler! 

9. Rasanya pengen jad HRD nih kalau semua punya ide ini. Lumayan dapat kenang-kenangan totebag!

Resume dicetak di totebag. Bikin staf HRD terngiang-ngiang dengan resumemu, habis enak dibawa kemana-mana sih! 

Nah, sekarang kamu sudah tahu 'kan "polesan" apa saja yang wajib ada di CV-mu? Kini saatnya untuk mengubah desainnya supaya jadi lebih elegan, supaya para HRD segera menghubungi kamu saat sudah mengirim CV dan surat lamaran kerja!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
SHARES