9 Olahan Ceker dari Berbagai Penjuru Dunia Ini Bikin Nafsu Makan Melonjak, Lezat!

www.yukepo.com

Ceker atau bagian kaki ayam memang lazim dikonsumsi. Tekstur selubung kulitnya yang lembut dan rasanya yang gurih membuat makanan berbahan dasar ceker cukup digemasi. Meski tidak dipungkiri ada juga yang jijik dan geli dengan bentuknya yang berkerut dan berwarna putih pucat. Meski begitu tidak ada yang bisa mendustakan kenikmatan ceker ayam.

Tidak hanya di Indonesia, di sejumlah negara, ceker juga diolah menjadi makanan lezat. Inilah macam-macam olahan ceker dari berbagai penjuru dunia yang pasti akan membuat nafsu makanmu melonjak!

1. Khanom Chin Kaeng Kiao Wan Kai (Thailand)

id.m.wikipedia.org

Khanom Chin Kaeng Kiao Wan Kai merupakan masakan kari dengan pasta hijau dan kuah santan. Kari Thailand ini biasanya menggunakan daging ayam ataupun ceker sebagai bahan utamanya. Ditambah pula dengan terong bulat hijau, kentang, bihun, dan daun basil. Kari ceker ini akan dimasak cukup lama sehingga kulitnya akan sangat mudah dari tulangnya saat digigit.

2. Dakbal (Korea Selatan)

kimcheeguesthouse.com

Ternyata eonni dan oppa dari Korea juga suka makan ceker, lho! Ada makanan yang namanya Dakbal atau spicy Korean chicken feet. Ceker akan dimasak dengan bumbu-bumbu khas korea seperti gochujang, kecap ikan, dan cabai bubuk. Biasanya juga dihidangkan dengan keju mozzarella yang akan menambah legitnya.

3. Chicken Foot Soup (Jamaika)

jehancancook.com

Di Jamaika, sup ceker ayam menjadi hidangan tradisional masyarakatnya. Sup ini berisi ceker dan sayur-sayuran, ditambah wortel, jagung, kentang, ubi, dan labu. Kuah kaldunya berwarna kuning dengan bumbu-bumbu khas Jamaika.

4. Chicken Feet Dim Sum (Cina)

www.sbs.com.au

Jangan bayangkan dim sum hanya berisi pangsit atau siomay saja karena di Cina ada juga dim sum ceker. Ceker tersebut akan dikukus terlebih dahulu hingga lembut dan lunak. Setelah itu baru dibumbui dengan saus yang manis, gurih, dan pedas. Cara penyajiannnya pun seperti dim sum pada umunya yang ditata dalam wadah anyaman bambu.

5. Chicken Feet Adobo (Filipina)
www.youtube.com

Ceker ayam adobo dari Filipina ini dimasak dengan cara direbus dengan bumbu cuka, kecap, bawang putih, dan garam. Proses memasaknya cukup lama sampai kuahnya habis atau mengental dengan sendirinya. Itulah mengapa tekstur ceker yang dihasilkan begitu lembut.

6. Salad ceker (Vietnam)
padaek.com

Kalau biasanya ceker dimasak dengan bumbu yang legit, di Vietnam ceker justru dibuat salad. Pertama-tama, ceker akan direbus sampai lunak kemuadian tulang-tulangnya akan dibuang. Kemuadian dicampur dengan sayur-sayuran seperti paprika dan bawang merah. Selanjutnya akan disiram dressing yang terbuat dari kecap ikan, ebi yang ditumbuk, dan lemon.

7. Walkie Talkies  (Afrika Selatan)

id.pinterest.com

Walkie Talkies adalah salah satu street food yang populer di Afrika Selatan. Ceker ini akan dimasak terlebih dahulu dengan bumbu-bumbu baru kemudian dibakar. Ceker Afrika ini biasanya dicamil atau dimakan sebagai pendamping bubur.

8. Chicken Foot Souse  (Trinidad and Tobago)

www.homemadezagat.com

Trinidad and Tobago merupakan negara kepulauan di Karibia bagian selatan. Di sana ada masakan dari ceker ayam yang beranama Chicken Foot Souse . Masakan ini sebenarnya hampir mirip dengan sup. Ceker direbus dengan bumbu seperti, lada, bawang, dan garam. Kemudian akan ditambah irisan timun.

9. Ceker Setan (Indonesia)

www.youtube.com

Yang paling pas di lidah kita tentu saja olahan ceker dari Indonesia, salah satunya ceker setan. Ceker setan dimasak dengan cabai yang melimpah untuk memunculkan rasa pedas seperti orang kesetanan. Sensasi pedas, gurih, legit, dan lembutnya membuat hidangan ini sangat menggoda lidah.

 

Tidak hanya di Indonesia, ternyata ceker juga menjadi makanan favorit di sejumlah negara. Di sana, ceker juga disajikan dalam olahan yang begitu variatif. Dari sup, bumbu pedas, sampai dibuat salad. Yang jelas mau dimasak dengan cara apapun, ceker ayam akan tetap lezat. Legitnya begitu, masak lidah nggak tergoda?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Anti Gerah Saat Icipin Katering, ke Kondangan Pakai Celana Bisa Jadi Pilihan Utama

Anti Gerah Saat Icipin Katering, ke Kondangan Pakai Celana Bisa Jadi Pilihan Utama

Bau Parfummu Gampang Hilang? Bisa Jadi Fakta Ini Belum Kamu Ketahui!

Bau Parfummu Gampang Hilang? Bisa Jadi Fakta Ini Belum Kamu Ketahui!

Dituntut Tampil Rapi Setiap Saat? Kemeja Stripes Ini Sudah Mutlak Juaranya

Dituntut Tampil Rapi Setiap Saat? Kemeja Stripes Ini Sudah Mutlak Juaranya

Sebelum Jadi Warna Cewek, Ini Sejarah Pink yang Pernah Digandrungi Cowok di Dunia

Sebelum Jadi Warna Cewek, Ini Sejarah Pink yang Pernah Digandrungi Cowok di Dunia

Glass Skin, Kulit Sebening Kaca yang Jadi Tren Baru Wanita Korea. Mau Ikuti Resepnya?

Glass Skin, Kulit Sebening Kaca yang Jadi Tren Baru Wanita Korea. Mau Ikuti Resepnya?

7 Minuman Soda yang Bikin Kamu Geleng-geleng Kepala, Berani Coba?

7 Minuman Soda yang Bikin Kamu Geleng-geleng Kepala, Berani Coba?

loading