9 Inspirasi Mengemas Lucu Bekalmu, Supaya Sehat, Hemat, dan Nggak Tergoda Jajan

unsplash.com

Pernahkah kamu merasa kalau uang kamu sekarang lebih sering habis buat jajan? Menjamurnya tempat makan kece dengan menu yang menggoda selera sering bikin kita khilaf. Sampai-sampai, kamu nggak sadar kalau hampir separuh pemasukanmu ludes gara-gara camilan yang ternyata mahal ini.

Namun, sadar nggak sih kadang kita hanya membeli makanan karena tertarik tampilannya yang imut dan cantik, padahal makanannya sebenarnya biasa saja. Di warung biasa kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang dua kali lebih murah.

Makanya, coba deh kamu biasakan untuk memasak dan hias bekal makanan kamu biar nggak tergoda untuk keseringan jajan. Kamu jadi nggak sabar untuk memakan bento buatanmu sendiri, 'kan.

1. Bikin katsu-katsu yang enak dipandang

id.pinterest.com

Kalau kamu suka banget dengan makanan sejenis katsu, kamu wajib coba nih bikin bento ala Jepang ini. Terdiri dari nasi, ayam fillet yang digoreng tepung, dilengkapi sayuran yang sudah kamu rebus. Taburkan bawang goreng kalau perlu. Dijamin kenyang deh! 

2. Omelet telur dan sosis favorit semua orang

id.pinterest.com

Selain ayam katsu, kamu bisa juga ganti menu kamu dengan omelet telur dan sosis goreng. Taruh di atas nasi, dan lengkapi dengan sayuran rebus. 

3. Bikin nasi kamu menjadi kepalan seperti onigiri

id.pinterest.com

Nggak bisa bikin sushi yang cantik, sulap saja jadi onigiri. Caranya hanya mengepal-ngepalkan nasi kamu menjadi bulatan. Pastikan nasi kamu yang pulen ya supaya mudah dibentuk. Tinggal lengkapi dengan sayur dan lauk sesuai selera. 

4. Bosen nasi? Ganti saja dengan pasta!
id.pinterest.com

Selain nasi, kamu boleh lho ganti dengan pasta. Pasta lumayan mudah dibuat kok, mirip dengan masak nasi goreng hanya bahan dasarnya saja diganti dengan pasta. 

5. Bikin nasi kamu tersembunyi, penuhi dengan lauk pauk sehat
id.pinterest.com

Dengan begini, bekal kamu akan terlihat berwarna dan menarik banget asalkan bisa menatanya dengan rapi di atas nasi atau pasta kamu. 

6. Selain makan siang, kamu bisa bawa bekal camilan sehat

id.pinterest.com

Selain makan siang, makanan selingan atau camilan juga penting banget. Daripada jajan-jajan yang kurang sehat dan kaya MSG, kamu lebih baik bawa camilan sendiri dari rumah berupa buah-buahan segar dan biskuit yang dilengkapi selai atau pasta cokelat. 

7. Pengen diet? Bekal dengan tumis sayuran nggak usah pakai nasi udah cukup kok

id.pinterest.com

Lagi pengen diet nih? Bawa saja bekal berupa tumis sayuran. Lengkapi dengan daging atau telur untuk sumber protein. Bawa yang agak banyak, jangan pelit soalnya 'kan kamu udah hari ini lagi mengurangi asupan karbohidrat. Biar tetap semangat! 

8. Nasi merah memang agak hambar, tapi kalau bentuknya begini jadi mupeng

id.pinterest.com

Nasi merah sering dianggap kurang enak, padahal ia punya kandungan yang lebih baik dari nasi putih. Kandungan seratnya yang banyak bisa bikin langsing lho. Bikin kotak makan kamu menarik dengan membuat gradasi warna seperti ini. Nasi merahnya jadi terlihat menggoda, bukan? 

9. Kacang-kacangan itu penting, sekali-sekali bawa bekal kayak gini deh!
id.pinterest.com

Sebagai orang Indonesia, kita memang jarang mengonsumsi kacang-kacangan dalam bentuk seperti ini. Biasanya sudah tercampur dalam sayur bersantan atau dijadikan bubur yang sudah ditambahi gula. Sesekali makan kacang-kacangan yang hanya direbus deh! Tumis atau rebus kacang polong kamu, kemudian tambahkan sedikit saus dan santap bersama pasta. 

10. Ingin yang lebih praktis, masak dalam bentuk muffin atau sandwhich gulung saja
id.pinterest.com

Kalau ingin yang lebih praktis, yang bisa kamu makan sambil kerja di depan laptop. Coba deh kemas makan siang kamu dalam bentuk muffin atau sandwhich yang praktis ini. Bahannya bisa jagung, pasta, tepung terigu, dan tambahan sayuran sehat lainnya. Lengkapi dengan buah-buahan sebagai pencuci mulut. 

Menarik dan bikin ngiler 'kan bekalnya! Kalau kamu ingin membiasakan makan sehat, tips ini bisa banget kamu coba. Tampilan yang menarik akan membuat bekal menu sehat kamu terlihat lezat. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Gadget Hilang? Tenang, Chat Pentingmu di WhatsApp Nggak Akan Lenyap Kok!

Gadget Hilang? Tenang, Chat Pentingmu di WhatsApp Nggak Akan Lenyap Kok!

Dandan ala No Make-up? 10 Seleb Ini Siap Jadi Inspirasi Penampilan Naturalmu

Dandan ala No Make-up? 10 Seleb Ini Siap Jadi Inspirasi Penampilan Naturalmu

Dari Gaya Vintage Sampai Edgy, Ini Padu Padan Sepatu Boots Untuk Cewek Muda

Dari Gaya Vintage Sampai Edgy, Ini Padu Padan Sepatu Boots Untuk Cewek Muda

Tiru 9 Gaya Ini Buat Cewek Tomboy dan Cuek yang Pengen Tetap Fashionable

Tiru 9 Gaya Ini Buat Cewek Tomboy dan Cuek yang Pengen Tetap Fashionable

Nggak Perlu Kuota Lagi Saat Pakai Google Maps. Bisa Traveling Tanpa Khawatir!

Nggak Perlu Kuota Lagi Saat Pakai Google Maps. Bisa Traveling Tanpa Khawatir!

8 Ide Super Jahil untuk Ngerjain Temanmu yang Ulang Tahun. Siap-siap Terkedjoet!

8 Ide Super Jahil untuk Ngerjain Temanmu yang Ulang Tahun. Siap-siap Terkedjoet!

loading