9 Hobi ini Bisa Dijadikan Bisnis Sampingan. Lumayan Banget Buat Modal Nikah!

02 September 2017
|Indana Putri

Tiap orang pasti memiliki kegemaran masing-masing. Kegemaran satu orang seringkali berbeda dengan orang lainnya. Tapi ketika beberapa orang yang memiliki kegemaran yang sama dikumpulkan jadi satu, wah pasti heboh banget! Hobi nonton bola mendukung Barcelona, contohnya. Kalo Barca udah main, pasti deh para supporter-nya berkumpul jadi satu dan saling berteriak penuh keseruan. Nggak jarang, dari hobi yang sama, kita juga bisa mendapatkan pujaan hati yang sejiwa. Hihihihi.

Ternyata ada juga hobi yang menguntungkan. Nggak hanya mendapatkan kesenangan tersendiri, tapi jika diseriusin bisa jadi bisnis sampinganmu di masa depan. Lumayan, bisa dapet ceperan buat biaya nikah, 'kan. Bahkan, laba dari bisnis sampinganmu ini bisa lebih besar dari gaji bulananmu di kantor.

Jika hobi di bawah ini adalah aktivitas kegemaranmu, yuk segera saja dieksekusi untuk menambah jumlah tabunganmu!

1. Menulis

Dari tulisan bisa jadi uang? Bisa banget! J. K. Rowling, pengarang buku best seller sepanjang masa Harry Potter adalah contoh nyatanya. Dari imajinasi, ia melahirkan karakter penyihir cilik yang kemudian ditulisnya dalam bentuk novel. Siapa sangka ternyata imajinasinya yang muncul di kereta itu bisa jadi mega dan best seller dan membuatnya jadi salah satu orang terkaya di dunia!

Kalo kamu lagi galau, sedih, gundah gulana, manfaatkan kesedihanmu itu untuk membuat tulisan. Entah itu puisi, cerpen, atau malah novel. Siapa tahu bisa diterbitin dan dapet duit. Atau kirim ke surat kabar. Lumayan 'kan, namamu terpampang di majalah atau koran lokal.

2. Menggambar

Jangan pernah remehkan kualitas gambar seseorang, siapa tahu goresan tintanya bisa jadi maha karya. Seperti Picasso, dari lukisan abstrak harganya bisa dijual ratusan juta! Kalo kamu hobi gambar, bisa kamu tekuni untuk membuat karikatur orang-orang. Berawal dari hal sederhana, bisa buatmu jadi luar biasa.

3. Nge-vlog

Kamu sangat percaya diri di depan kamera? Jangan sia-siakan asetmu ini! Sekarang 'kan lagi booming nge-vlog nih, coba saja buat video yang seru untuk dijadikan materi vlog-mu. Dari situ, kamu bisa meraup banyak keuntungan dan pundi-pundi uang yang tidak sedikit.

4. Programmer

Di era digital macem ini, programmer adalah salah satu profesi yang paling dibutuhkan di banyak bidang. Kamu bisa buka jasa menjadi programmer freelance di waktu luangmu. Pendapatannya lumayan juga, lho. Lebih dari cukup buat makan, kopi, dan mencicil KPR rumah.

5. Gamer

Kamu sering dimarahi Mama karna kebanyakan main game? Sabar dulu. Kamu bisa jelasin pelan-pelan ke mamamu, bahwa main game itu bisa dapet menjadi bisnis yang menguntungkan jika diseriusi. Tapi, jangan sampe hobi nge-game mu bikin nilai rapor kamu jeblok, ya!

6. Nyanyi

Kalo kamu merasa memiliki suara yang lumayan merdu, jangan kamu sia-siakan dengan nyanyi di kamar mandi saja! Akan sayang jadinya jika suaramu tidak didengar oleh banyak orang. Siapa tahu ada produser musik yang tertarik dengan hobimu ini. Siapa tahu bisa seperti GAC, 'kan?

7. Dandan

Suka bereksperimen dengan make-up? Coba rekam kegiatan dandan kamu saat bereksperimen dengan make up, lalu jangan lupa di postong di channel Youtube-mu. Kamu bisa jadi the next beauty vlogger, bahkan Make Up Artist! Ini adalah sebuah bisnis yang punya prospek cukup besar lho sekarang ini.

8. Fotografi

Hobi ini tidak mengajarkanmu untuk asal jepret. Pelan-pelan kamu akan dilatih untuk mencari angle dan pencahayaan terbaik dalam setiap bidikan kameramu. Tertarik untuk mencoba bisnis foto dan video pre-wedding? Jangan ditunda deh, prospeknya cukup OK, lho.

9. Masak

Hobi memasak dan banyak yang suka dengan makanan buatanmu? Mungkin ini adalah saatnya kamu buat instagram sendiri untuk menjajakan dagangan makananmu.

Jika diseriusi, hobi yang selama ini cuma kamu jadikan selingan dan senang-senang bisa jadi sumber pemasukanmu. Paling tidak, cukup OK dijadikan bisnis sampingan. Tertarik untuk mencoba?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Indana Putri
Gak Punya Quote Nih!
SHARES