9 Cara Manjur Agar Kamu Nggak Skip Sarapan Tiap Hari. Kesehatanmu, Lho!

26 Maret 2018
|Dwi Ayu Silawati
0SHARES

Coba jawab pertanyaan ini dengan jujur. Siapa yang jarang banget sarapan? Atau siapa yang nggak pernah sarapan? Pasti banyak di antara kamu yang sering skip sarapan dengan berbagai alasan. Yang kesiangan lah, malas masak, nggak punya persediaan makanan, sampai yang nggak biasa makan terlalu pagi.

Hmmm, padahal sarapan adalah salah satu ritual penting yang sebaiknya kamu lakukan sebelum beraktivitas seharian. Buat kamu yang ingin mulai membiasakan sarapan tahun ini, cobain beberapa tips ini! 

1. Tanamkan dalam-dalam di benak kamu kalau sarapan itu penting

Ya, bayangkan hari ini kamu akan sangat sibuk dengan jadwal super padat dan kegiatan berat lainnya. Kamu yakin akan memulai hari dengan perut kosong? Camkan juga kalau setelah sampai kantor kamu akan kesulitan cari waktu untuk makan kecuali saat istirahat makan siang. Artinya kamu harus menahan rasa lapar kamu mulai pagi sampai tengah hari sambil harus tetap bekerja atau kuliah. Yakin nggak mau sarapan nih? 

2. Jadwalkan waktu khusus untuk sarapan

Untuk yang jarang bahkan tidak pernah sarapan, ini saatnya kamu mengatur lagi jadwal pagi kamu. Misal dengan bangun lebih pagi atau mandi lebih cepat. Sisakan waktu untuk sarapan sebelum berangkat pokoknya. 

3. Siapkan makanan semalam sebelumnya atau makanan siap saji yang mudah dibuat

Kalau malas masak di pagi hari atau memang sudah tidak ada waktu lagi karena lokasi kerja atau kuliah kamu yang jauh, ada baiknya siapkan sarapan di malam hari. Nggak masalah kok beli makan malam sekalian untuk sarapan. Paginya kamu tinggal menghangatkan makanan itu.

Kamu juga bisa siap sedia makanan cepat saji yang bisa kamu masak dalam waktu cepat. Nggak harus beli lho! Kamu bisa buat persediaan makanan itu saat weekend, kemudian simpan di kulkas untuk kamu makan sewaktu-waktu.

4. Tidak biasa makan pagi, isilah perutmu dengan makanan yang tidak terlalu berat

Kalau kamu tidak terbiasa makan pagi, kamu pasti mengeluh tidak selera atau malah ingin muntah rasanya. Biasakan bertahap dulu, misal dengan mengonsumsi makanan yang tidak terlalu berat seperti puree buah-buahan, roti atau sandwhich, dan pancake sebagai pengganti nasi. 

5. Beli peralatan masak sederhana seperti wajan kecil

Wajan kecil ini serbaguna banget, bisa kamu pakai untuk memasak telur, memanggang roti, menggoreng dan lain sebagainya. Pas banget digunakan untuk memasak menu sarapan sederhana yang cepat dan mudah. 

6. Hindari makanan instan yang kurang sehat, ganti dengan yang sehat

Kalau kamu menemukan kamu lebih sering makan makanan instan yang kurang sehat, seperti sayuran beku, nugget, mie instan. Coba ganti dengan makanan cepat saji yang lebih sehat seperti oatmeal instan. 

7. Beli blender serbaguna

Kalau kamu punya uang lebih, coba deh beli blender serbaguna yang bisa membantu kamu mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dengan lebih cepat serta praktis. Tinggal sulap jadi smoothie siap minum yang menyegarkan dan mengenyangkan. 

8. Belajar resep makanan praktis yang tetap sehat

Makanan praktis di sini adalah makanan yang bisa kamu makan tanpa harus menggunakan kotak bekal dan sendok. Misalnya semacam kebab, sandwhich, wafel, burrito, atau sushi siap hap. Bisa curi-curi waktu di kantor sambil makan bekal praktis kamu. Tetap sempat sarapan 'kan jadinya? 

9. Masak pakai cetakan wafel yang ternyata multifungsi banget

Selain wajan teflon, kamu juga bisa coba gunakan cetakan wafel yang ternyata bisa kamu gunakan untuk memasak berbagai hal. Makanan kamu pun jadi terlihat rapi dan mudah dibawa ke mana-mana. 

Sarapan adalah salah satu makanan utama yang sebaiknya nggak kamu lewatkan. Dengan tips ini semoga bisa membantu kamu lebih rajin sarapan. Semua mudah kalau kamu sudah berniat mengubah kebiasaan kamu. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
0SHARES