8 Tips Mengatasi Ngantuk Tanpa Harus Minum Kopi. Wajib Dicoba Para Pecinta Begadang!

28 November 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Begadang atau lembur itu sebenarnya mudah dilakukan. Yang membuatnya jadi seolah penuh tantangan adalah melawan rasa ngantuk saat kita harus begadang, lembur, atau kurang istirahat. Minum kopi nggak selalu jadi solusi. Malah sebaiknya kamu nggak minum kopi saat begadang karena bukannya bikin melek, justru bikin deg-degan.

Minum kopi untuk begadang disarankan minimal dua jam sebelum begadang, bukan saat begadangnya. Tapi kalau udah terlanjur ngantuk gimana? Ya udah, simak tips berikut ini aja! Kamu bisa kok melek tanpa kopi!

1. Ngemil

Kalau kamu terpaksa harus begadang dan ingin tetap wide awake berjam-jam, kamu bisa mengonsumsi camilan sebagai teman begadangmu. Meskipun memang sebaiknya kamu nggak makan saat udah tengah malam, kamu tetap bisa ngemil dengan memilih camilan yang sehat seperti buah atau popcorn. Ngemil membuat pikiranmu akan terpecah sehingga akan lebih mudah untuk tetap terjaga. Tapi hindari ngemil tengah malam dengan Nasi Padang ya!

2. Minum air putih

Mengantuk dan sering menguap bisa terjadi karena otak kekurangan suplai oksigen. Oleh karena itu, kamu harus minum air putih yang banyak agar sirkulasi darah lancar dan aliran oksigen ke otak juga terpenuhi. Kalau kamu banyak minum air putih, biasanya kamu juga akan mudah untuk buang air kecil. Justru hasrat ingin buang air kecil membuatmu nggak ngantuk karena harus beranjak dan ke kamar mandi, 'kan?

3. Mengunyah permen karet

Salah satu cara agar kamu tetap terjaga adalah dengan mengunyah permen karet. Rahang yang terus aktif bergerak akan membuatmu nggak mudah mengantuk apalagi menguap. Tapi hindari mengunyah permen karet terlalu sering. Cukup 1-2 permen dalam sekali begadang.

Kalau nggak suka permen karet, kamu bisa mengunyah makanan apapun tapi yang non kalori dan rendah gula. Kalau kebanyakan gula justru kamu akan lebih mudah mengatasi rasa ngantuk tuh!

4. Sarapan tanpa karbo

Begadang semalaman dan takut ngantuk kalau lagi di kelas atau meeting esoknya? Perut kosong menjadi salah satu penyebab emosi seseorang menjadi nggak stabil dan mudah ngantuk. Ini disebabkan karena di waktu-waktu perut seharusnya mencerna, malah nggak ada yang bisa dicerna. Oleh karena itu, penting untuk sarapan pagi tapi jangan pilih yang karbonya tinggi seperti nasi. Karbo yang tinggi justru akan membuat tubuhmu mudah lelah dan ngantuk juga!

5. Mendengarkan musik

Suasana yang sunyi sepi juga memengaruhi rasa kantuk. Kamu pun jadi tergoda untuk tidur di kasur yang empuk daripada mengerjakan tugas. Ambil headset-mu dan pasang lagu yang upbeat favoritmu biar kamu nggak mudah mengantuk. Kalau bisa, pilih lagu upbeat yang sulit kamu nyanyikan, misalnya lagu bahasa Korea, India, atau Thailand sekalipun. Karena mendengarkan lagu yang bisa dinyanyikan bisa membuatmu jadi nggak fokus deh.

6. Ngobrol dengan orang lain

Lagi nunggu terus merasa ngantuk? Kamu bisa ajak ngobrol orang di sebelahmu untuk mengatasinya. Ngobrol membuat otakmu bekerja, sehingga nggak mudah ngantuk. Bila perlu, obrolin hal-hal yang lucu dan menarik biar kamu pun jadi merasa rileks dan tertawa. Hindari ngobrolin hal-hal yang berat karena otakmu akan mudah lelah. Tapi kalau kamu ngantuknya saat lagi di kelas atau lagi meeting, justru cara ini bikin kamu berada dalam masalah!

7. Mencuci wajah

Udah benar-benar ngantuk tak tertahankan? Basuh wajahmu dengan air dingin, deh. Air yang dibasuh ke muka akan membuat wajahmu menjadi segar dan kantukpun hilang seketika. Cara ini juga bisa kamu lakukan ketika lagi di kelas atau meeting. Nggak apa-apa izin sebentar untuk ke kamar kecil dan mencuci muka. Jangan lupa dilap lagi yang bersih biar kamu nggak kelihatan kayak habis kehujanan, ya!

8. Tidur aja lah!

Cara paling ampuh untuk mengatasi ngantuk adalah tidur. Ngantuk dan menguap adalah sinyal dari tubuh yang menandakan kamu harus istirahat. Jangan dipaksakan, justru kalau kamu sekuat tenaga menahan kantuk dan memaksa melek, malah akan membuat kamu nggak fokus juga, 'kan?

Ngantuk memang bisa ditahan, tapi jangan keseringan ditahan dan membuatmu jadi nggak optimal ketika belajar atau bekerja. Jadi, imbangi dengan istirahat yang cukup ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES