8 Tanda Kalau Selama Ini Kamu Salah Pilih Skincare. Stop Kalau Nggak Cocok!

04 Mei 2018
|Dwi Ayu Silawati
0SHARES

Pernah nggak sih kamu merasa ada yang aneh setelah mencoba menggunakan suatu produk skincare tertentu? Atau kamu masih merasa ragu dan tetap menggunakan produk itu karena sayang udah beli mahal-mahal? Ini tandanya kamu positif nggak cocok sama produk kecantikanmu.

Perlu diingat, nggak semua produk skincare atau kosmetik cocok untuk kita lho! Ada bahan yang memang nggak cocok dipakai oleh jenis kulit wajah kering, jerawatan, atau yang berminyak sekalipun. Ada pantangannya masing-masing.

Coba simak beberapa tanda ini untuk tahu apakah benar skincare kamu benar-benar tidak cocok untuk kulitmu. Siapkan iman dan mental ya. Kalau hampir sebagian besar tandanya sudahkamu rasakan, memang sudah saatnya harus dihentikan pemakaiannya. 

1. Mulai merasa gatal-gatal setelah pemakaian

Ini salah satu tanda paling lazim jika skincare atau kosmetik yang kamu pakai tidak cocok untuk kulit kamu. Biasanya terjadi beberapa jam setelah pemakaian, diawali dengan gatal dan bentol-bentol merah.

Coba bersihkan dan hentikan pemakaian terlebih dahulu. Biarkan kulit kamu memulihkan diri. Jika kulit kamu mulai pulih, berarti benar kesalahan ada pada skincare kamu. 

2. Ada ruam merah di kulit

Ruam bisa disebabkan oleh kandungan parfum dan bahan pengawet yang ada dalam kosmetik atau skincare kamu. Biasanya terjadi jika kamu alergi atau produk tersebut sudah lewat masa kadaluarsanya. 

3. Muncul jerawat

Biasanya terjadi pada produk pembersih wajah yang kurang cocok untuk wajahmu. Untuk ini kamu harus langsung hentikan pemakaian dan biarkan kulitmu memulihkan diri. Coba produk berbahan alami terlebih dahulu untuk membersihkan wajah sebelum mencoba produk lain. 

4. Wajah kamu terasa seperti tertarik atau mengencang

Kulit kencang memang dipandang positif. Tetapi kalau kamu masih muda dan merasakan proses pengencangan di wajah kamu yang bikin kurang nyaman, kamu wajib hati-hati. Biasanya terjadi pada produk pembersih wajah yang berusaha mengurangi kadar minyak wajah.

Jika reaksinya berlebihan yang ada kulit kamu jadi dehidrasi, kering, dan malah memperbesar pori-pori wajah. Hasilnya setelah reaksi atau khasiat  produk habis, produksi kulit kamu semakin besar.

Solusinya, coba cari produk yang kadar keasamannya seimbang (pH balance) dan tidak banyak mengandung bahan kimia. 

5. Hati-hati jika wajahmu berminyak berlebihan

Jika wajahmu yang biasanya kering tiba-tiba memproduksi terlalu banyak minyak, waspadalah! Kamu mungkin menggunakan skincare yang terlalu keras bahannya dan mengikis lapisan wajah kamu. Alhasil, minyak yang diproduksi jadi berlebih. Coba atasi dengan produk penyerap minyak dalam bentuk tisu atau face oil paper, kemudian imbangi dengan pelembab wajah yang water-based. 

6. Kamu merasa seperti disengat

Jika setelah pemakaian kamu merasa kulit kamu seperti disengat dan sakit seperti saat kulit luka tersentuh jeruk nipis atau lemon, atau seperti ada percikan-percikan panas, kamu sebaiknya hentikan pemakaian. Segera bersihkan produk tersebut dari kulitmu. 

7. Kulitmu mulai kering dan mengelupas dengan sendirinya

Meskipun beberapa produk menawarkan sensasi peeling alias mengelupas kulit mati, kamu tetap wajib waspada, ladies. Peeling hanya boleh dilakukan beberapa kali dalam waktu yang lama, tidak boleh sering-sering karena bisa mengikis lapisan kulit.

Jika produkmu tidak menawarkan peeling, tetapi kulitmu mulai mengelupas dan kering, kamu wajib hentikan pemakaian dan konsultasi ke dokter untuk penanganannya. Biasanya itu terjadi karena produk mengandung terlalu banyak asam.

8. Muncul benjolan merah yang menyeruak

Hati-hati saat menggunakan produk sunblock, sebab biasanya ia mengunci pori-pori. Hindari penggunaannya pada kulit yang luka dan berjerawat. Kandungan oxybenzone misalnya wajib dihindari penderita eczema dan orang yang menderita jerawat akut. 

Kalau kamu mengalami salah satu gejala di atas, kamu wajib menghentikan pemakaian skincare-nya dan konsultasi ke dokter bila gejalanya semakin parah. Lain kali cek tanggal produksinya dengan lebih teliti sebelum membeli. Juga ingat-ingat bahan-bahan apa saja yang kurang cocok untuk kulitmu. Sayang uangnya, kalau masih layak digunakan coba deh tawarkan ke teman-teman kamu yang mungkin membutuhkan. Lebih sayang kulit atau sayang uangnya? 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
0SHARES