8 Persiapan Mental buat si Penakut Sebelum Nonton Film Horor. Nggak Cemen Lagi

26 April 2018
|Dwi Ayu Silawati
8SHARES

Bagi kamu yang penakut, menonton film horor adalah salah satu tantangan terbesar dalam hidup. Biasanya kamu takut trauma sampai terbawa mimpi berhari-hari gara-gara nonton satu film horror yang mengerikan. Sayangnya, karena kamu memilih nggak menonton, kamu kadang penasaran kenapa banyak orang yang nge-fans sampai bikin meme tentang hantu dari film tersebut.

Muncul deh kegalauan dalam diri kamu. Pengen nonton banget tapi takut. Tidak perlu galau lagi, simak tips berikut buat kamu para penakut yang pengen tetap update dengan perkembangan terbaru, apalagi yang bergenre horor yang kelam dan menakutkan.

1. Baca dulu sinopsisnya

Sebelum nonton, sempatkan untuk membaca sinopsis filmya terlebih dahulu. Dengan tahu garis besar jalan ceritanya akan mengurangi efek kaget dan takut kamu. Sedikit, sih! 

2. Baca review

Selain sinopsis, kamu boleh tuh baca review dari orang-orang yang sudah nonton. Beberapa akan bilang kalau hantunya biasa, atau film ini hanya mengandalkan jump scare. Nah, itu sudah bisa memberikan efek optimis ke kamu untuk berani nonton film ini. 

3. Cari tahu seluk beluk film

Cari tahu apakah film ini fiksi atau kisah nyata. Kalau fiksi, tandanya semua yang ada di film itu tidak nyata dan hanya fantasi saja. Kalau kisah nyata, pastikan kamu baca dengan seksama. Sebab biasanya film berdasarkan kisah nyata punya cerita biasanya lebih punya unsur sejarah yang tragis dan memiliki aspek drama yang lebih menyentuh. Jadi bisa bikin kamu makin penasaran dan fokus ke alur ceritanya daripada pada sosok hantunya. 

4. Jangan nonton sendirian!

Pastikan kamu mengajak teman. Syukur-syukur kalau kamu nonton di bioskop, jadi nggak mungkin sendirian. Bisa kaget dan takut bareng-bareng. 

5. Siapkan sesuatu untuk menutupi mata kamu

Biar aman, pastikan tangan dan jari kamu pada posisi siaga saat adegan menegangkan. Kamu juga bisa pakai bantal, jaket, selimut, atau topi. Hehehe. 

6. Teriak kalau perlu

Nggak perlu gengsi, kalau kaget dan butuh teriak, lakukan saja. Nonton film horor dan ketakutan akan mengeluarkan hormon adrenalin yang baik juga lho buat kesehatan. Efeknya sama ketika kamu jatuh cinta atau sedang bahagia, bisa menghilangkan stres. 

7. Alihkan perhatian kamu saat masih terbawa mimpi setelah nonton

Seringkali, hantu di sebuah film itu nggak menyeramkan lho bahkan buat kamu yang penakut. Namun, yang bikin kamu kepikiran sampai mimpi adalah ceritanya yang mengerikan atau akhir ceritanya yang menyayat hati. Makanya, biar kamu nggak kepikiran coba kepoin para aktor atau video behind the scene yang pastinya bikin sosok hantunya nggak lagi terlihat mengerikan. 

8. Nonton ketika kamu benar-benar pengen aja

Jangan karena terpaksa ya. Tonton film yang sinopsisnya bikin kamu penasaran dan ingin sekali menontonnya. Jadi yang ada hanyalah rasa puas dan bahagia setelah berhasil nonton. Ya, walaupun ada rasa takut, tapi nggak akan bertahan lama kok. Yakin! 

Diajak nonton film horor, bukan masalah lagi. Siapkan amunisi dan persiapan di atas dan nikmati sensasi nonton filmnya. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
8SHARES