8 Penyebab Bau Badan, Tak Terduga Tapi Sering Dilakukan

www.pexels.com

Kamu merasa udah sering mandi tapi bau badan masih tercium kurang sedap? Jangan-jangan masalahnya bukan pada kotoran yang menempel di badan tapi ada pemicu lainnya.

Ngomong-ngomong tentang penyebab bau badan, George Preti, seorang ahli kimia organik di Monell Chemical Senses Center di Philadelphia, mengatakan jumlah bau yang dihasilkan sebenarnya berasal dari genetika. Meski begitu ntuk menghasilkan bau perlu kombinasi mikroba dan sekresi yang tepat.

Daripada menebak-nebak, lebih baik cari tahu penyebab bau badan yang sebenarnya. Dengan mengetahui penyebabnya kamu bisa mengatasinya dengan lebih baik.

1. Keringat berlebih membuat bakteri tumbuh subur

www.pexels.com

Keringat berlebih jadi penyebab bau badan yang paling umum. Aroma tidak sedap sebenarnya berasal dari sekresu bakteri yang hidup di tubuh yang lembap. Kamu bisa mengatasinya dengan rajin mandi atau menggunakan deodoran yang bisa membuat ketiak jadi kering.

2. Mengonsumsi obat-obatan tertentu bisa memicu keringat berlebih

www.pexels.com

Ada beberapa obat yang bisa memicu keringat berlebih dan bau badan. Diantaranya adalah antipsikotik, aspirin, dan antidepresan. Tak hanya itu, produksi keringat berlebih juga akan membuat tubuh lembap di beberapa bagian. Hal ini membuat bakteri penyebab bau berkembang lebih cepat sehingga aroma tubuhmu jadi lebih kuat dibandingkan biasanya.

3. Jarang mengganti bra juga sebabkan bau tidak sedap

www.pexels.com

Beberapa wanita mungkin hanya punya sedikit bra favorit. Hal ini membuat mereka jadi jarang menggantinya dan memakainya berulang. Kebiasaan jarang mengganti bra ini bisa membuat aroma tubuhmu tidak sedap. Bahan bra didesain untuk menyerap keringat dan bau sehingga harus diganti secara rutin.

4. Konsumsi makanan berempah bisa jadi pemicu bau badan
www.pexels.com

Penyebab bau badan yang paling umum adalah makanan. Mungkin beberapa orang mengira makanan hanya membuat bau mulut saja, padahal nutrisi dan komponen dalam makanan ada yang merupakan membuat bau badan semakin menyengat.

Kalau nggak mau bau badan kamu harus mengurangi konsumsi bawang-bawangan dan rempah lainnya. Rempah yang paling kuat aromanya adalah bawang putih jadi coba kurangi makan bawang putih apalagi yang masih mentah.

5. Senyawa kimia dalam deterjen ada yang membuat bau badan saat digunakan
www.pexels.com

Dalam beberapa deterjen terdapat senyawa kimia yang diduga menjadi penyebab terjadinya pelepasan bau tidak sedap saat berinteraksi dengan kulit. Apalagi jika kondisinya sedang berkeringat, bau badan akan semakin kentara.

Tak hanya itu proses pencucian yang kurang bersih juga bisa membuat molekul sabun menumpuk di serat kain. Hal ini akan menimbulkan bau apek jika kamu berkeringat.

6. Terlalu sering menahan kentut membuat bau tidak sedap keluar lewat pori-pori

www.pexels.com

Tak disangka ternyata menahan kentut bisa jadi salah satu penyebab bau badan. Semua sisa pembuangan yang mengandung racun dan mengendap di tubuh bisa dilepaskan melalui pori-pori. Kalau kamu menahan pembuangan besar seperti air seni, feses, dan kentut membuat adanya penumpukan ammonia dalam tubuh. Jika tidak segera dikeluarkan maka konsentrasi ammonia yang tinggi ini akan dikeluarkan lewat pori-pori bersamaan dengan keringat dan membuat bau badan.

7. Kurangi konsumsi brokoli yang mengandung sulfur

www.pexels.com

Makanan penyebab bau badan lainnya adalah brokoli. Sebenarnya tak hanya brokoli saja, tapi juga berbagai sayuran lain yang mengandung sulfur dan sulfida seperti kubis. Kamu bisa mengurangi konsumsi sayuran ini dan diselingi dengan makanan lainnya. Dengan mengurangi jenis makanan ini bisa membuat masalah bau badanmu sedikit teratasi.

8. Terlalu banyak konsumsi kafein juga bisa menyebabkan bau badan

www.pexels.com

Kalau sudah rajin mandi tapi badan tetap bau tidak sedap, bisa jadi penyebabnya kekurangan magnesium. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein, makanan olahan, dan gula bisa menurunkan kadar magnesium dalam tubuh. Menurut dokter ahli jantung Robert Segal, MD, magnesium tersebut bisa mengurangi bau badan yang tidak sedap yang berasal dari dalam. Sebaiknya konsumsi sayur dan buah setiap hari agar kadar magnesium dalam tubuh meningkat.

Kamu harus mengetahui penyebab bau badan terlebih dahulu agar bisa mengatasinya dengan tepat. Nggak hanya rajin mandi atau pakai deodoran, berbagai makanan harus kamu hindari agar aroma tubuh tidak berbau busuk.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Film Keluarga Terbaik yang Cocok Ditonton Saat Lebaran | Keepo.me

7 Film Keluarga Terbaik yang Cocok Ditonton Saat Lebaran | Keepo.me

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah yang Cepat dan Murah

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah yang Cepat dan Murah

7 Film Jadul Terbaik Tentang Pembunuhan. Klasik tapi Tegang! | Keepo.me

7 Film Jadul Terbaik Tentang Pembunuhan. Klasik tapi Tegang! | Keepo.me

8 Cara Memutihkan Kulit yang Belang Setelah Liburan ke Pantai

8 Cara Memutihkan Kulit yang Belang Setelah Liburan ke Pantai

8 Tips Traveling Praktis Tanpa Bagasi, Biar Mudik Nggak Repot Sendiri | Keepo.me

8 Tips Traveling Praktis Tanpa Bagasi, Biar Mudik Nggak Repot Sendiri | Keepo.me

5 Jas Hujan Stylish Biar Penampilanmu Nggak Kayak Bapak-bapak

5 Jas Hujan Stylish Biar Penampilanmu Nggak Kayak Bapak-bapak

loading