8 Panduan Penting Buat Anak Rantau yang Berburu Kost Baru. Wajib Tahu Hukumnya!

14 Januari 2018
|Dwi Ayu Silawati
0SHARES

Tinggal di kost memang punya kelebihan maupun kekurangannya sendiri. Memang berbeda dengan kamarmu di rumah yang lebih luas, tapi itu jadi PR-mu untuk bikin kamarmu sama nyamannya. Nah, salah satu kekurangan yang selalu menjadi kekhawatiran kita para anak kost adalah keamanan.

Tidak jarang kita mendengar berita kurang menyenangkan tentang teman atau penghuni kost lain di suatu tempat yang menjadi korban tindakan kriminal, baik berat maupun ringan. Entah itu kehilangan motor, uang, gadget, dan lain sebagainya.

Biar hal ini nggak kejadian di kamu, yuk simak tips berikut supaya kamu bisa terhindar dari perbuatan jahat di area kost-kostan. Untuk berjaga-jaga nggak masalah, 'kan?

1. Teliti sebelum memilih kos

Tinggal di lingkungan kampung yang padat penduduk pun bukan jaminan keamanan. Meskipun banyak yang bilang di kampung, maling nggak berani macam-macam karena warga selalu siap sedia. Jangan salah, maling malah menyasar kost karena sudah tahu celahnya.

Misal kost yang terpisah dari rumah utama pemiliknya, sehingga pintu kamar kamu langsung berbatasan dengan pagar. Tipe kost ini lebih rawan dibobol maling karena maling bisa memanjat pagar dan langsung mencongkel pintu kamar kamu, tanpa diketahui pemilik atau penjaganya. 

2. Beli gembok pintu

Kalau kamu terlanjur tinggal di kost yang  langsung berbatasan dengan pagar luar. Kamu bisa menggandakan kekuatan pintu kamarmu dengan menambahkan gembok yang lumayan kuat. Meskipun, kamu sudah mengunci pintu, maling punya banyak cara untuk membobol kamarmu. Dengan gembok, orang yang berniat jahat perlu waktu tambahan untuk melancarkan aksinya. 

3. Selalu simpan barang-barang berhargamu di tempat yang aman

Penting nih, terutama laptop dan uang simpanan. Jangan biarkan laptop dan uangmu berserakan di tempat yang mudah diakses. Kamu bisa selipkan uang di tempat-tempat tersembunyi. Begitu juga laptop. Kalau bisa kamu bawa saja ke mana pun kamu pergi. Namun, kalau kadang malas, pastikan kamu menyembunyikannya di suatu tempat yang juga kamu amankan dengan kunci. 

4. Selalu kunci ganda kendaraanmu

Motor adalah salah satu barang yang paling sering diincar oleh maling di area kost-kostan. Pastikan kamu selalu mengunci ganda sepeda motormu. Kalau perlu kamu bisa juga amankan dengan mengikatnya menggunakan rantai dan gembok. Meskipun diharuskan untuk mengunci pagar saat akan keluar masuk kost, teman kosmu bisa saja teledor. 

5. Tutup dan kunci pintu kamar meskipun kamu ada di dalam

Ada beberapa kejadian di mana ada penyusup masuk ke kamar kost. Untuk menghindarinya, kamu perlu sering-sering menutup dan mengunci kamarmu, meskipun kamu sedang berada di dalamnya. Ya, nggak perlu setiap waktu juga, misal ketika kondisi kost sepi, terutama ketika kamu tidur. Jangan pernah biarkan kamarmu terbuka saat tidur. 

6. Jangan membukakan pintu pagar untuk orang yang tidak dikenal

Sebenarnya pintu pagar merupakan tanggung jawab bersama penghuni kost dan pemilik. Namun, ketika kamu sendirian dan harus menerima tamu asing, kamu harus hati-hati. Jangan langsung membukakan pagar, tanyai dulu apa tujuan si tamu. Kalau memang tidak perlu masuk, tidak masalah kamu layani dari dalam pagar saja.

7. Siapkan senjata pertahanan

Senjata pertahanan bisa apa saja, misal benda tumpul seperti tongkat kasti. Kamu juga bisa membuat semprotan merica sendiri, apapun yang penting bisa menjadi senjata perlawanan dan pertahanan pertamamu kalau teriakan minta tolongmu tidak berhasil. 

8. Berdoa meminta perlindungan dari-Nya

Ini cara terakhir tetapi tetap penting. Apapun usaha kita, tanpa doa akan sia-sia. Jadi berdoa selalu dan minta restu orangtua juga pemilik kost kalau perlu agar kita senantiasa selalu dilindungi oleh-Nya. 

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa tinggal di kost dengan aman dan nyaman. Ingat kata Bang Napi dulu, kejahatan bisa terjadi karena ada kesempatan. Stay safe dan tetap hati-hati ya wahai anak rantau! 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
0SHARES