8 Makanan yang Dilarang Dikonsumsi Ibu Hamil. Bahaya Banget Ternyata!

06 Oktober 2017
|Lidya Kartika
0SHARES

Seperti yang diketahui, anak merupakan anugerah terbesar yang bisa dialami seseorang. Karenanya, ketika seorang wanitta sedang hamil, ia berusaha keras untuk menjaga dirinya dari segala mara bahaya. Tahukah kamu kalau ada makanan dan minuman yang bisa berbahaya bagi kandungan karena telah terkontaminasi bakteri atau parasit? Yuk simak makanan dan minuman apa yang nggak doleh dikonsumsi!

1. Makanan laut

Ikan laut yang dimaksud di antaranya tilefish, makerel, todak, bluefish, striped bass, tuna, marlin, hiu, dan beberapa jenis ikan lainnya. Ikan yang bisa dikonsumsi hingga maksimal 340 gram per minggu di antaranya adalah lele, nila, sarden, pollock, udang, dan salmon. Nah, kalau gitu, hindari makan sushi, sashimi, dan makanan laut mentah lainnya ya, Bunda.

2. Daging mentah

Daging mentah mengandung salmonella, campylobacter, E.coli, parasit, dan berbagai bakteri yang bisa memicu adanya infeksi. Makanya, ada baiknya pastikan kamu selalu memasak daging hingga benar-benar matang.

3. Telur mentah

Telur yang mentah dan tidak dimasak hingga matang bisa menyebabkan keracunan makanan akibat bakteri salmonella. Ketika memasak telur, pastikan putih dan kuning telur matang hingga rata.

4. Beberapa jenis keju

Keju bertekstur lembut seperti jenis keju brie, camembert, keju biru, gorgonzola, dan roquefort cenderung lebih lembap, hingga membuat bakteri listeria bisa tumbuh dan berkembang. Jadi, jenis keju ini cukup berbahaya.

Namun, keju bertekstur keras seperti keju parmesan, cheddar, atau stilton cenderung lebih aman. Atau, bisa juga mengonsumsi keju bertekstur lembut yang terbuat dari susu yang sudah dipasteurisasi seperti keju halloumi, ricotta, paneer, mozzarella, dan cottage.

5. Hati

Hati dan makanan yang mengandung hati kemungkinan mengandung terlalu banyak vitamin A yang justru dapat berbahaya bagi bayi.

6. Susu yang tidak dipasteurisasi

Ibu hamil disarankan hanya minum susu yang sudah dipasteurisasi alias susu UHT. Apabila ibu lebih suka susu mentah, rebuslah terlebih dahulu.

7. Kafein

Terlalu banyak mengonsumsi kafein ketika hamil bisa meningkatkan risiko keguguran dan bayi lahir dengan berat badan rendah. Ingat, kafein tidak hanya ada di kopi melainkan juga di teh, cokelat, minuman bersoda, minuman berenergi, dan bahkan obat flu. Oleh karena itu, disarankan untuk hanya minum 200 mg kafein sehari atau setara dengan dua cangkir kopi instan.

8. Sayuran dan buah-buahan yang tidak dibersihkan atau mentah

Pastikan untuk selalu mencuci sayuran dan buah-buahan hingga bersih di bawah air mengalir. Hindari pula makan buah atau sayuran yang sudah rusak, bolong, atau memar karena bakteri dapat berkembang di daerah tersebut.

Nah, buat kamu yang lagi hamil, hati-hati ya. Jangan sampai kamu mengonsumsi makanan ini dan membahayakan kandungan kamu!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Lidya Kartika
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES