8 Kudapan Ini Bisa Hilangkan Pedas di Mulut. Enak dan Jadi Penyelamat!

19 September 2017
|Naftalia Inge Fabian
0SHARES

Selain manis, asin, dan pahit, ada juga rasa pedas yang banyak digemari oleh masyarakat. Biasanya, jika kita sudah makan pedas, maka lidah kita akan merasakan sensasi terbakar. Dan kalau berhenti makan makanan yang pedas, bisa-bisa rasa pedas di lidah makin menjadi-jadi.

Waduh terus gimana dong ya, mau berhenti makan malah jadi tambah pedas, tapi kalau diterusin juga bisa-bisa perut jadi mules. Serba salah! Tapi tenang aja guys, ternyata ada juga lho cara enak yang ampuh untuk menetralisir rasa pedas yang membakar lidah dan mulut kita. Jadi nggak khawatir deh mau makan yang pedas-pedas.

1. Air hangat

Banyak dari kita yang terkadang keliru nih, guys. Kalau sedang merasa kepedesan itu jangan malah minum air dingin. Kalau kita minum air dingin misalnya es teh, kita justru akan kecanduan dan nggak berhenti minum. Yang tepat ialah minum air putih hangat. Meskipun akan ada sensasi sedikit lebih panas diawal, tapi rasa pedas itu perlahan akan hilang dengan sendirinya tanpa perlu kita merasa kembung.

2. Nasi hangat

Masih seputar yang hangat-hangat nih, rupanya nasi hangat juga memiliki kemampuan yang baik dalam membantu mengatasi rasa pedas yang teramat sangat. Dengan mengkonsumsi nasi hangat secara perlahan, rasa pedas akan sedikit demi sedikit berkurang sampai akhirnya benar-benar hilang, guys. Asal jangan nasi yang benar-benar panas ya, yang ada lidah kita justru makin terasa terbakar.

3. Selai kacang

Coba deh sesekali mengonsumsi selai kacang setelah makan makanan yang pedas. Kamu pasti akan merasakan khasiatnya dalam meminimalisir rasa pedas yang ada di lidah. Mengapa begitu? Karena dalam selai kacang itu terkandung lemak yang ampuh dalam menetralisir rasa pedas. Selai kacang ini bisa jadi alternatif 'kan selain harus minum jika kepedesan? 

4. Es krim

Selain nikmat disantap pada saat cuaca panas, es krim ini juga terbukti ampuh menghilangkan sensasi pedas yang membakar lidah. Hal ini dikarenakan es krim memiliki jenis protein yang bernama kasein. Kasein inilah yang akan membantu proses penghilangan rasa pedas di area sekitar mulut dan lidah kita, guys. Seger, manis, dingin, bisa ngilangin pedes lagi. Favorit deh!

5. Cokelat

Siapa sih yang bisa menolak manisnya sebatang cokelat? Yup, sama halnya seperti susu, cokelat ini banyak mengandung lemak yang akan berfungsi baik dalam meminimalisir bahkan menghilangkan rasa pedas yang dihasilkan oleh cabai, paprika atau jenis makanan pedas lainnya. Nggak pengen kan sensasi kenikmatan makan pedas harus terganggu karena kembung minum air dingin? 

6. Air kelapa

Tentunya kalian pernah denger dong ya, air kelapa itu dapat membantu meningkatkan ion tubuh? Tapi ternyata ada fungsi lain loh dari air kelapa ini. Nyatanya, air kelapa juga dapat membantu memerangi rasa pedas yang melanda lidah dan mulut kita. Manis dan menyegarkannya air kelapa ini ternyata bisa membantu juga ya meredakan rasa pedas.

7. Yoghurt

Tidak hanya produk es krim dan susu yang mengandung kasein, ternyata yoghurt juga punya kandungan yang sama, guys. Meskipun rasanya tidak manis seperti es krim, tapi keasaman dari yoghurt inilah yang justru bermanfaat guna menetralisir rasa pedas yang berlebihan yang mengganggu kenikmatan makan kita.

8. Gula

The last but not least, cara paling ampuh mengatasi rasa pedas yang ditimbulkan dari berbagai macam makanan ialah dengan memakan gula. Tapi jangan buru-buru dikunyah ya, biarkan gula berada di lidah kamu sampai mencair dan hilang. Dengan begitu, khasiat gula dalam meringankan rasa pedas akan bekerja dengan lebih cepat.

Apa saja yang sifatnya berlebihan itu memang nggak baik guys, begitu juga dengan makan makanan pedas. Kalau masih dalam batas wajar sih enak-enak aja. Tapi kalau sudah over pedas bisa bikin kita sakit perut, mual dan pusing lho. Enak boleh, tapi tetep harus utamain kesehatan yah!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Naftalia Inge Fabian
"Work hard, play hard. Stay young!"
0SHARES