8 Kesalahan Sepele yang Sering Bikin Bisnismu Gagal Total. Jangan Sampai Kejadian Deh

20 Maret 2018
|Dwi Ayu Silawati
1.2 KSHARES

Bikin bisnis kecil-kecilan memang sedang jadi tren generasi milenial saat ini. Berkembangnya teknologi membuat kita merasa bisa menjadi apapun yang kita mau termasuk jadi pengusaha, sembari masih bekerja full-time di tempat lain. Apalagi jualan yang bisa dilakukan dengan cara serba online, semakin mempermudah orang lain untuk menambah pundi-pundi pemasukan.

Namun, sering kali kita gagal bahkan di awal percobaan, makanya coba deh simak beberapa kesalahan sepele berikut yang sering dilakukan pengusaha pemula, supaya kamu bisa mengantisipasinya. 

1. Keluar dari pekerjaan dan membangun usaha karena kamu nggak suka dengan atasan atau teman kerjamu

Kalau kamu punya kesempatan untuk bekerja full time di suatu tempat, lakukan saja dulu sambil membangun ide, mengumpulkan modal, dan menambah relasi. Untuk jadi wirausahawan kamu harus punya kemampuan yang mumpuni untuk berinteraksi dengan orang lain. Jangan bangun usaha hanya karena kamu merasa nggak bisa bekerja dengan orang lain di suatu perusahaan. Saat membangun usaha kamu pun akan pula membutuhkan orang lain. 

2. Membangun usaha yang tidak sesuai dengan passion kamu

Pastikan kamu membangun usaha karena passion atau punya ketertarikan yang tinggi di bidang tertentu. Sebab, perjalananmu akan panjang dan berliku, tanpa passion semua percuma saja. Jangan cuma ikut-ikutan tren apalagi mengejar keuntungan berlipat semata. Kesalahan besar nih.

3. Melakukan terlalu banyak hal dalam satu waktu

Sebagai pengusaha pemula lakukan semua perlahan-lahan dan nikmati prosesnya. Jangan terlalu ambisius. Kalau kata Mbah Forbes, membangun usaha itu bagaikan lari marathon bukan lomba lari sprint. 

4. Jangan cuma mengutamakan kualitas produk, pikirkan juga strategi marketing yang matang

Kualitas produk atau ide yang mumpuni memang penting, tetapi tidak cukup sampai di situ. Kamu harus melakukan strategi marketing yang matang, tentukan branding yang tepat sehingga orang tertarik membeli produkmu. 

5. Tidak merespon kritik dan saran dengan bijak

Bersyukurlah jika banyak orang yang merespon produkmu, entah itu pujian, kritik, atau saran. Hadapi semua dengan bijak, jangan hanya mendengarkan pujian, pahami dan pikirkan baik-baik kritik dan saran yang disampaikan pelanggan. Itu berguna untuk kemajuan bisnismu. 

6. Tidak mengkomunikasikan keputusanmu dengan orang terdekat

Membangun usaha membutuhkan banyak pengorbanan waktu dan tenaga. Komunikasikan itu sejak awal dengan orang-orang terdekatmu agar mereka mengerti, siapa tahu kamu akan jauh lebih sibuk dan lain sebagainya. 

7. Nama bisnis sama dengan milik orang lain

Coba cari nama untuk brand bisnis yang nggak pasaran. Ketika sudah menemukan coba kamu kepo dulu di internet dan media sosial untuk memastikan nama tersebut belum dipakai. Kalau sudah lebih baik kamu cari nama lain, supaya aman dari perkara di kemudian hari. 

8. Tidak membuat perencanaan

Sekalipun hanya rencana jangka pendek, planning sangat penting. Setidaknya kamu tetap tahu agenda dan kegiatan apa yang perlu kamu lakukan untuk mengembangkan bisnismu. Jangan gunakan semboyan kemana angin akan membawamu, rencanakan dengan baik. 

Itu dia beberapa kesalahan sepele yang bisa membuat bisnis baru kamu gagal sejak awal. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan kamu yang tertarik membangun bisnis baru. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
1.2 KSHARES