8 Ide Bisnis Kuliner untuk Anak Muda. Modalnya Kecil, Untungnya Bisa Berlipat Ganda!

17 Oktober 2017
|Olphi Disya
Tips
0SHARES

Ngomongin bisnis memang nggak ada habisnya. Salah satunya adalah bisnis di sektor kuliner yang semakin hari semakin menjamur. Bisnis di dunia kuliner memang cukup menjanjikan nih, karena keberadaan dan produksinya akan selalu dibutuhkan.

Nah, bagi kamu yang ingin merintis bisnis kuliner tapi belum punya modal segambreng, kamu bisa coba beberapa ide bisnis di bawah ini. Let’s try!

1. Kopi yang hits dan kekinian jadi incaran konsumen muda, nih

Sekarang lagi hits banget kan tuh warung kopi kekinian, nah kamu bisa manfaatkan peluang ini. Kamu bisa mulai dari kedai kecil-kecilan atau angkringan yang menyediakan berbagai jenis minuman kopi. Sediakan juga makanan pendukungnya seperti roti atau gorengan. Kamu bisa mulai dengan bereksperimen dari berbagai jenis kopi nusantara sampai minuman kopi yang lagi hits, yaitu es kopi susu. Prospeknya lumayan bagus nih!

2. Siapa sih yang nggak tergiur dengan aroma roti bakar yang hangat?

Cemilan yang cocok di semua lidah masyarakat Indonesia kayaknya roti bakar, deh. Mau dimakan saat sarapan pagi hingga ngemil malam-malam juga cocok. Kamu bisa usaha kedai roti bakar yang disesuaikan dengan kondisi sekarang. Misalnya dengan menambahkan beberapa pilihan topping yang menarik dan kemasan yang unik. Kalau udah mulai maju, kamu bisa mengkreasikan produk roti bakarmu dengan menu camilan lainnya misalnya pisang bakar.

3. Usaha kue brownies atau cake juga punya peluang besar

Brownies memang kue yang punya citarasa unik sekaligus bikin ketagihan. Kreasi brownies sekarang nggak hanya di topping, tapi juga udah merambah ke adonan, dan cara membuatnya yang bikin brownies jadi kue unik. Begitupun dengan cake, seperti sponge cake, cheese cake, atau tiramisu. Kerennya, hampir semua orang suka dengan panganan ini. Jadi kalau mau bisnis ini, dijamin bakalan bikin kamu untung berlipat, lho!

4. Jualan minuman dingin memang nggak ada matinya, deh

Kamu pasti pernah dong cobain minuman dingin yang lagi hits semacam milk tea dengn topping bubble? Nah, karena konsumennya banyak dan memulai usaha ini nggak mahal, kamu bisa juga nih berbisnis minuman dingin. Bisa yang bentuknya cup dengan beraneka topping atau minuman dingin dalam botolan yang lucu. Semakin bervariasi rasa minuman dan toppingnya, makin banyak yang akan tertarik. Usaha kayak gini bakal laku, deh!

5. Kayaknya nggak ada yang bisa nolak kenikmatan burger dan kawanannya

Makanan yang satu ini memang selalu jadi panganan favorit dari masa ke masa. Nggak hanya karena pembuatannya yang mudah, tapi juga karena makanan ini bisa dibilang pas untuk mengganjal perut. Kamu bisa juga coba usaha burger dan sejenisnya, seperti hot dog, mini pizza, kebab, dan corndog yang terbilang nggak sulit. Makanan kayak gini bisa kamu jual dengan sistem pre-order atau kamu jual langsung di kedai kecil. Nyium aromanya aja bikin laper!

6. Porsinya yang nggak terlalu besar, bikin sushi pas untuk dijadikan lahan usaha

Salah satu kunci sukses bisnis makanan jepang adalah karena porsinya yang pas untuk perut orang Asia, alias nggak bikin begah dan nggak cuma numpang lewat di tenggorokan. Kamu bisa banget nih usaha makanan Jepang, misalnya sushi yang bisa kamu kreasikan isinya. Mungkin di awal kamu bisa pakai bahan-bahan yang harganya terjangkau seperti sosis, telur, atau nugget ayam. Sekarang bikin sushi juga mudah kok karena alatnya tersedia di pasaran.

7. Coba deh jadikan orang-orang yang doyan ngemil jadi sasaran konsumen snack

Udah bukan rahasia lagi kalau anak muda di tanah air suka banget buat aktivitas yang dinamakan ngemil. Camilan yang paling sering jadi santapan adalah yang sejenis kripik atau kue-kue kecil. Kamu bisa mulai dengan jualan kripik yang dibuat oleh industri rumahan lalu kamu kemas dengan packaging yang menarik. Selain bisa memulai bisnis, kamu juga membantu menggerakkan roda perekonomian kaum menengah ke bawah dengan memasarkan usaha mereka, 'kan?

8. Mengikuti jejak kesuksesan selebriti, bisnis oleh-oleh juga boleh dicoba

Bukan hanya para artis aja yang boleh usaha oleh-oleh atau makanan khas daerah, kamu pun bisa dengan modal yang pas di kantong. Kamu hanya perlu jadi distributor oleh-oleh khas atau membuka jasa titip untuk yang lagi ngidam makanan daerah tertentu secara online. Meskipun kamu nggak terjun secara langsung jadi produsen, tapi bisnis kuliner ini juga ada pasarnya, lho. Jadi nggak perlu khawatir, kalau konsisten pasti menguntungkan kok!

Usaha dan bisnis di bidang kuliner memang nggak ada habisnya. Kamu bisa memulai bisnis apapun asalkan memiliki rencana yang matang dan semangat dalam berbisnis. Semoga berhasil, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES