8 Hobi yang Bisa Ditulis di CV. Jadi Nilai Plus, Peluang Keterima Makin Besar!

19 Oktober 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Ketika menulis CV, banyak yang bingung mau menuliskan apa aja. Terutama bagi kamu yang fresh graduate di mana pengalaman masih minim banget. Nah, kamu bisa lho menuliskan hobi sebagai pemeriah CV kamu dan juga sebagai daya tarik.

Kenapa? Karena dengan hobi tertentu dapat menunjukkan kepribadian yang dimiliki seseorang. Maka dari itu, kalau kamu punya hobi yang positif, jangan ragu untuk menuliskannya. Misalnya hobi-hobi di bawah ini, nih.

1. Blogging

Salah satu hobi yang memiliki daya tarik tersendiri adalah menulis atau blogging. Terutama bagi kamu yang akan mencari kerja di bidang komunikasi atau marketing, kalau kamu aktif menulis blog kamu akan punya nilai plus. Blog yang update dan berisikan konten-konten positif akan mencerminkan bahwa kamu adalah orang yang berwawasan luas dan mampu membangun personal image and brand. Makanya hobi blogging boleh banget ditulis di CV!

2. Fotografi

Kalau kamu punya hobi memotret, asah terus agar kamu bisa lebih percaya diri. Kemampuan membidik objek di balik kamera bisa banget menjadi nilai jual kalau kamu tulis di CV. Orang yang hobi fotografi dinilai sebagai orang yang sabar, kreatif, dan pandai dalam menyesuaikan diri. Apalagi kalau kamu tujuannya ingin bekerja pada profesi digital marketing, art director, atau di industri kreatif. Kamu bisa memajang portofoliomu di akun Instagram sebagai galeri virtual.

3. Yoga

Mungkin hobi yang satu ini masih belum banyak yang menggeluti. Padahal kalau kamu hobi yoga, kamu bisa menunjukkan bahwa kamu merupakan orang yang tetap tenang dan dapat mengontrol diri meski sedang berada di bawah tekanan atau stres. Pas banget nih untuk kamu yang lagi cari kerja di bidang dengan potensi stres tinggi dan sibuk seperti media, agensi periklanan, atau sebagai public relation.

4. Berkebun

Punya hobi berkebun bukan berarti kamu nggak bisa menuliskannya di CV, lho. Nggak hanya akan menjadi nilai plus saat melamar kerja di bidang pertanian, tapi hobi yang satu ini menunjukkan bahwa kamu orang yang telaten, peduli, serta bertanggung jawab. Berkebun juga bisa membuatmu terlihat sebagai orang yang perhatian. Karena tanaman aja diperhatiin banget, apalagi kerjaan 'kan?

5. Olahraga ekstrem

Bagi kamu yang hobi olahraga ekstrem, nggak perlu malu-malu untuk menuliskannya di CV. Misalnya kamu menulis arung jeram, panjat tebing, menyelam, paralayang, hingga balap sepeda gunung. Dengan menuliskan olahraga esktrem pada kolom hobi, itu akan menunjukkan bahwa kamu merupakan orang yang jago memperhitungkan resiko dan meminimalisirnya, pemberani serta disiplin. Hobi ini cocok untuk kamu yang ingin bekerja di perusahaan besar atau start-up sekalipun.

6. Bermain musik

Si pecinta seni musik wajib bangga dengan hobinya. Kamu yang hobi dan pandai main musik boleh banget menuliskan di CV. Kebiasaan bermain musik membuatmu terlatih untuk fokus, kreatif, berdedikasi dan disiplin. Kalau kamu menguasai alat musik seperti gitar, biola, saksofon, dan piano kamu akan terlihat lebih menonjol dibandingkan kandidat lain. Karena kemampuan itu hanya orang-orang dengan musikalitas tinggi aja yang mampu.

7. Mendaki gunung

Siapa nih yang hobi mendaki gunung? Hobi yang satu ini bikin kamu punya daya tarik tersendiri ketika menuliskannya di CV. Orang yang hobi mendaki gunung menunjukkan kepribadian yang kuat, punya rasa penasaran tinggi dan tentu aja nggak gampang meyerah. Apalagi kalau kamu akan terjun di bisnis travel, dunia militer, dan tim penyidik. Kekuatan fisik kamu udah nggak perlu diragukan lagi deh kalau punya hobi ini.

8. Masak

Hobi masak nggak hanya berguna untuk kamu yang akan berkecimpung di industri kuliner. Tapi beberapa bidang lainnya juga memandang hobi masak sebagi nilai plus. Orang yang hobi masak menunjukkan kemampuan perencanaan yang baik, ketelitian, dan rasa penasaran yang tinggi. Hobi masak juga akan menunjukkan bahwa kamu akan selalu berusaha menampilkan yang terbaik. Makanya kalau kamu punya hobi ini jangan lupa cantumin di CV ya.

Jadi, kalau kamu lihat-lihat lagi, hobi yang paling menjual adalah hobi dengan kemampuan khusus yang nggak bisa dimiliki oleh sembarang orang. Kalau hobi membaca mungkin semua orang bisa, jadi gali lagi dirimu dan temukan hobi apa sih yang menjadi daya tarik dan bisa ditulis di CV? Tapi harus tetap jujur ya, jangan hobi yang dibuat-buat!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES