8 Fakta Gosok Gigi, Salah Satunya Bisa Bikin Senyummu Lebih Lebar

www.pexels.com

Siapa yang sering malas gosok gigi pada malam hari sebelum tidur? Rutinitas yang sebenarnya hanya butuh waktu 5 menit ini sering dilewatkan oleh banyak orang karena alasan malas, padahal hal ini penting banget untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Dr. Richard Marques, salah satu dokter gigi terkemuka di Inggris, mengatakan bahwa yang terbaik adalah menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, di pagi dan sore hari. Kamu juga harus menunggu setidaknya 30 menit setelah makan untuk menyikat gigi. Jika tidak, asam dapat merusak permukaan gigi. Menyikat gigi sebelum tidur juga sangat penting, karena jika tidak makanan dapat menempel di permukaan gigi dan menyebabkan gigi membusuk dalam semalam.

Biar nggak salah kaprah, cek dulu berbagai fakta tentang gosok gigi ini. Kamu akan tersenyum lebih lebar jika sudah mengetahui berbagai hal tentang perawatan gigi.

1. Rata-rata orang menghabiskan waktu 48 detik untuk menggosok gigi

www.pexels.com

Setiap orang rata-rata membutuhkan waktu 48 detik untuk gosok gigi atau hanya sekitar 38,5 hari sepanjang hidupnya. Waktu ini dirasa terlalu singkat dan tidak bisa membersihkan gigi dengan baik.

Menurut drg. Jehezkiel Martua yang merupakan Oral Health Care Expert Marketing di GSK (Glaxo Smith Kline) seharusnya orang menggosok giginya selama 2-3 menit agar seluruh bagiannya bersih sempurna. Jika dilakukan kurang dari itu resiko gigi berlubang dan munculnya karang gigi akan lebih besar.

2. Gigi sehat dan bersih dimulai dari menggosok gigi dengan benar

www.pexels.com

Cara menggosok gigi yang benar adalah dengan memposisikan sikat gigi membentuk sudut 45 derajat. Gosok dengan cara memutar perlahan pada bagian samping.

Untuk gigi depan dan bagian dalam gosok dengan posis tegak vertikal ke atas dan bawah. Sikat seluruh gigi dari depan hingga ke bagian dalam. Setidaknya dalam waktu 2 menit atau sampai gigi terasa kesat.

3. Gigi yang tidak dibersihkan dengan baik bisa memicu bau mulut

www.pexels.com

Bau mulut disebabkan karena kuman dan bakteri yang ada di dalam mulut apalagi jika ada gigi yang rusak atau berlubang. Sisa makanan yang tidak terangkat sempurna juga bisa menyebabkan bau tidak sedap.

Hal ini dibenarkan oleh drg. R Ngt Anastasia Ririen Pramudyawati dari Permata Pamulang Hospital yang mengungkapkan bahwa plak, gigi berlubang, sisa makanan, dan karang gigi jadi sarang bakteri jahat. Sehingga kamu harus gosok gigi dengan benar agar bakteri tidak bisa hidup di dalam mulut. 

4. Menggosok gigi dengan rutin dan benar bisa menghemat pengeluaran
www.pexels.com

Salah satu manfaat gosok gigi selain membuat gigi lebih sehat adalah menghemat pengeluaran. Pasalnya jika gigi terawat pasti akan terhindar dari masalah seperti gigi berlubang atau karang gigi. Hal ini membuat biaya perawatan ke dokter juga lebih hemat. Kestabilan kesehatan gigi membuat biaya perawatan gigi lebih terkontrol dan tidak membeludak.

5. Setelah gosok gigi sebenarnya tidak perlu berkumur
www.pexels.com

Tujuan menggosok gigi adalah membersihkan gigi sekaligus merawatnya agar tetap kuat. Berkumur setelah gosok gigi justru membuat pasta gigi tidak bisa bekerja maksimal.

Menurut Dr. Howard Pollick yang merupakan dokter gigi American Dental Association lebih baik kita tidak usah berkumur karena kandungan fluoride yang membuat gigi kuat dalam pasta gigi akan hilang. Meski begitu banyak yang risih jika masih ada busa di mulutnya, sehingga ia menyarankan pasta gigi berbentuk gel yang tidak memiliki banyak busa.

6. Malas menggosok gigi bisa menyebabkan penyakit jantung

www.pexels.com

Gusi yang berdarah karena plak atau gigi berlubang bisa menjadi penyebab penyakit jantung. Gigi berlubang akan membuat jalan pada aliran darah yang bisa membuat kondisi jantung terancam jika melewatinya.

Berbagai ancaman lain karena gigi berlubang dan gusi berdarah yang diabaikan adalah stroke, diabetes, dan demensia. Maka dari itu saat ada lubang sekecil apapun lebih baik langsung diobati.

7. Tinggalkan sikat gigi berhelm yang justru jadi sarang bakteri

www.pexels.com

Saat gosok gigi tentunya harus menggunakan sikat gigi yang bersih. Ada beberapa jenis sikat gigi yang memiliki tambahan helm sebagai penutup. Padahal sikat gigi jenis ini tidak baik. Menurut penelitian dari American Society for Microbiology sikat yang tetutup helm jadi tidak higienis karena membuatnya jadi lembap dan membuat bakteri tumbuh subur.

8. Rajin menggosok gigi membuat wanita lebih sering tersenyum

www.pexels.com

Dalam sebuah penelitian di Inggris pada 13 ribu orang terungkap bahwa wanita tersenyum lebih sering daripada pria. Disebutkan bahwa rata-rata wanita akan tersenyum 62 kali setiap hari sedangkan pria hanya 8 kali saja.

Perbedaan yang cukup mencolok ini diduga karena gigi wanita lebih bersih dan terawat. Gigi wanita yang lebih bagus daripada pria membuat mereka lebih percaya diri untuk tersenyum lebar setiap hari.

Berbagai fakta gosok gigi di atas bisa membuatmu lebih memahami pentingnya perawatan gigi. Menyempatkan waktu 5 menit setiap pagi dan malam hari sebelum tidur bisa membuatmu tersenyum lebih lebar dan bebas dari segala permasalahan gigi.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Jangan Pernah Unggah Foto Tiket Pesawat di Media Sosial, Ini Akibatnya! | Keepo.me

Jangan Pernah Unggah Foto Tiket Pesawat di Media Sosial, Ini Akibatnya! | Keepo.me

Celana Anti Bau Kentut, Terobosan Baru yang Unik dari Desainer Inggris

Celana Anti Bau Kentut, Terobosan Baru yang Unik dari Desainer Inggris

Pilot Dilaporkan Penumpang Akibat Melecehkan Pramugari di Speaker | Keepo.me

Pilot Dilaporkan Penumpang Akibat Melecehkan Pramugari di Speaker | Keepo.me

8 Penyebab Bau Badan, Tak Terduga Tapi Sering Dilakukan

8 Penyebab Bau Badan, Tak Terduga Tapi Sering Dilakukan

Ampuh! Cara Mematikan Antivirus Avast Sementara dan Permanen di Windows | Keepo.me

Ampuh! Cara Mematikan Antivirus Avast Sementara dan Permanen di Windows | Keepo.me

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah yang Cepat dan Murah

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah yang Cepat dan Murah

loading