8 Contekan Desain Buku Tamu yang Nggak Pasaran untuk Pesta Pernikahanmu. Ciamik Parah!

11 Maret 2018
|Dwi Ayu Silawati

Musim pernikahan udah mulai datang lagi nih! Pasti di antara kalian ada yang sedang seru-serunya mengatur acara pernikahan. Baik acara pernikahanmu sendiri, saudaramu, atau sahabatmu.

Salah satu benda yang esensial dan wajib ada di acara nikahan adalah buku tamu. Tujuannya sih buat nge-list siapa aja tamu undangan yang bisa hadir ke acara. Biasanya, orang-orang nggak terlalu memedulikan tentang detail-nya. Padahal, kamu juga perlu menyiapkan desain terbaik. Toh nanti akan jadi kenang-kenangan buat sang mempelai.

Nah, untuk kamu yang ingin membuat acara pernikahanmu beda dari yang lain, ini dia inspirasi buku tamu yang apik dan ciamik. Simak tips berikut untuk tahu lebih jauh!

1. Memanfaatkan balok-balok jenga

Berbeda dengan biasanya, kali ini tips dimulai dengan ide yang paling nyeleneh dulu. Yaitu menggunakan balok-balok kecil dari permainan jenga. Minta tamu-tamu undanganmu untuk mengisikan beberapa kegiatan dan hal menarik yang bisa bikin mempelai makin akrab saat main jenga. Yakin deh, mempelai akan selalu ingat hari indah pernikahan mereka setiap kali mereka memainkan jenga tersebut. 

2. Minta para undangan menuliskan rekomendasi lagu untukmu

Ide lain yang bisa kamu coba adalah meminta tamu undangan untuk memberikan rekomendasi lagu saat mengisi buku tamu. Bisa memperkaya playlist kamu. Pastinya mereka akan merekomendasikan lagu-lagu romantis yang pas banget didengarkan kedua mempelai bersama-sama. 

3. Isi buku tamumu dengan amplop tempat menaruh pesan

Kalau kamu meminta tamu undangan mencantumkan pesan di kolom seperti biasa, kebanyakan mereka akan mencontek pesan tamu sebelumnya. Makanya coba kemas wadah pesan dengan amplop-amplop kecil yang ditempelkan di buku tamu seperti ini. Imut banget! 

4. Minta temanmu ambil foto dengan kamera polaroid

Kalau kamu punya budget lebih sediakan kamera polaroid untuk mereka mengambil foto selfie. Minta mereka mencetak fotonya dua kali. Satu untuk ditempelkan di buku tamu bersama pesan untuk mempelai. Satu lagi bisa mereka bawa pulang sebagai kenang-kenangan. Bukan main kreatifnya! 

5. Minta temanmu menjawab pertanyaan yang sudah kamu sediakan

Kalau kamu orang yang telaten, coba buat pertanyaan unik untuk teman atau tamu undangan dan dijawab di kertas kecil. Pertanyaannya acak saja, bisa tentang dirimu dan pasanganmu yang sedang menikah ini atau tentang persahabatan kalian. Kemudian minta mereka memasukannya ke dalam kotak yang sudah kamu sediakan untuk ditukar dengan souvenir. Atau kamu juga bisa sediakan satu buku yang berisi jawaban teman-temanmu akan satu pertanyaan, misal rekomendasi tempat bulan madu. Seru nggak tuh jadinya? 

6. Gunakan benda unik untuk menuliskan pesan dari temanmu

Coba gunakan benda-benda unik di sekitarmu sebagai pengganti buku tamu. Mungkin papan seluncur, potongan kayu yang disusun sedemikian rupa, selimut, gitar, dan lain sebagainya. 

7. Pakai buku album foto mempelai untuk menulis pesan

Kalau mau yang lebih sederhana. Hiasi saja buku tamumu dengan foto-foto mempelai, nah para tamu bisa menuliskan apa saja di buku tersebut, bisa hanya nama, tanda tangan, atau pesan dan kesan. Jadi deh buku tamu sekaligus album foto pernikahan. Hemat kertas, praktis, dan brilian banget idenya. 

8. Pakai kartu ala member perpustakaan

Kamu bisa juga menyediakan formulir ala-ala anggota perpustakaan yang bisa diisi para tamu seperti ini. Unik juga, ‘kan? 

Ternyata ide buku tamu pun bisa beragam seperti itu. Nggak cuma putih dari kertas HVS yang di-print dengan tabel yang membosankan. Berani coba desain ini saat acara nikahanmu tiba?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
SHARES