8 Angkringan Yogyakarta yang Cozy dan Sajikan Kudapan Enak

bisniswisata.co.id

Biarpun hanya berupa gerobak sederhana, beratap terpal, dan bangku kayu panjang untuk duduk, angkringan merupakan tempat penuh kenangan di Yogyakarta. Angkringan menyajikan hidangan sederhana salah satunya sekepal nasi dengan lauk oseng tempe atau sambal teri yang terbungkus daun pisang atau kertas.

Ada pula hamparan lauk pauk mualai dari gorengan, sate usus, sate ati, hingga sate kulit ayam. Semakin sempurna aneka wedang hangat yang semakin menghangatkan malam.

Buat pendatang baru atau yang menyambangi Yogyakarta untuk liburan, berikut rekomendasi angkringan yang cozy abis buat menciptakan kenangan baru.

1. Angkringan Lek Man

www.instagram.com

Di utara Stasiun Tugu, berjajar pedagang angkringan yang selalu dijejali pembeli hampir di setiap malam. Orang-orang begitu betah duduk lesehan di tepi jalan beralaskan tikar. Namun ada satu yang legendaris, yakni Angkringan Lek Man.

Menu yang ditawarkan mungkin seperti angkringan pada umumnya. Namun, segelas kopi jos menjadi sajian andalan di sini. Segelas kopi hitam panas dengan arang panas yang dicelupkan ke dalamnya.

Selain itu, Lek Man adalah putra dari Mbah Pairo, sosok yang disebut-sebut sebagi pedagang pertama angkringan di Yogyakarta sejak 1950-an.

2. Angkringan KR (Pak Jabrik)

www.instagram.com

Angkringan Pak Jabrik dikenal sebagai angkringan KR karena berlokasi di depan kantor Harian Kedaulatan Rakyat yang terletak di Jalan Mangkubumi. Biarpun hanya menyediakan tikar lesehan di teras kantor KR, angkringan ini cukup terkenal dan selalu ramai terutama saat akhir pekan.

Kudapan yang dijajakan Pak Jabrik lebih beragam, terutama nasi kucingnya. Ada nasi kucing dengan sambal teri, oseng tempe, oseng ati, oseng mercon jamur, dan sambal tomat.

3. Angkringan kali code

traveltodayindonesia.com

Ada sejumlah spot angkringan yang asik buat nongkrong bareng teman kuliah atau komunitas. Pertama di Kota Baru dekat Museum Sandi. Di tempat itu disajikan pemandangan lampu-lampy dari perumahan padat di pinggiran Kali Code.

Satu lagi, angkringan di dekat apotek K24 Kota Baru tepatnya di sebelah utara videotron dekat jembatan Kali Code. Di tempat itu pemandangannya pun tidak kalah indah. Terkadang banyak pengunjung yang memotret kereta api yang melintas di jembatan rel.

4. Angkringan Wijilan
www.instagram.com

Wijilan memang dikenal sebagai sentra gudeg, tetapi di tempat ini juga ada angkringan yang terkenal, yakni Angkringan Kang Harjo.

Di tempat ini juga tersedia nasi, sayur, dan lauk pauk prasmanan yang bikin khilaf menyantapnya. Tempat ini cukup luas dan berlantai dua. Lengkap dengan arsitektur tradisional yang didominasi dengan kayu.

5. Angkringan Tobat
www.instagram.com

Angkringan ini terletak di Jalan Sukoharjo Condongcatur, Sleman. Angkringan Tobat menyajikan menu angkringan pada umumnya. Dengan lauk pauk yang lebih lengkap, misal sate bakso dan sate jamur.

Nasinya pun beraneka ragam, ada nasi bakar teri kemangi dan masih banyak jenis lainnya. Yang istimewa, Angkringan Tobat juga menyediakan fasilitas wi-fi gratis. Terang saja jika tempat ini jadi favorit mahasiswa untuk ngerjain tugas kuliah sembari mengisi perut.

6. Angkringan Sendang

www.instagram.com

Angkringan Sendang memiliki 3 cabang. Ada di Jalan Raya Solo-Jogja, Babarsari, dan Godean KM 5. Hidangan yang dijual di sini cukup beragam. Ada dari nasi bakar, sambal bandeng, sate usus, hingga bakmi Jawa.

Ciri khas utama dari nasi kucing di sini adalah dibungkus dengan kertas bertuliskan Angkringan Sendang. Di sana, disediakan banyak tempat duduk lesehan agar lebih leluasa bersantai sambil menyantap makanan yang dibeli.

7. House of Raminten

www.instagram.com

Kalau tempat yang satu ini, justru menawarkan perpaduan angkringan dan kafe modern. Nasi kucing tidak melulu disajikan dengan bungkus daun pisang, melainkan disajikan secara elegan di atas piring.

Tidak hanya menu khas angkringan, banyak juga juga menu tradisional lain seperti nasi liwet dan nasi ijo. Tempat makan yang terletak di Kota Baru dan Jalan Kaliurang ini buka 24 jam! Kebanyakan orang yang datang ke sini, justru lebih sering memesan menu selain angkringan.

8. Angkringan JAC (Pendopo Ndalem) Angkringan Bangsawan

travel.kompas.com

Angkringan identik dengan suasana kaki lima. Tetapi di angkringan JAC, nuansanya sungguh klasik dan elegan. Angkringan JAC (Jogja Automotive Community) menyuguhkan arsitektur pendopo rumah khas bangsawan Jawa.

Di sini menyajikan berbagai sajian tradisional Jawa yang mulai langka. Misalnya, clorot, kipi, lupis, hingga jadah manten.

Tidak hanya jadi tempat nongkrong, rekomendasi angkringan tersebut juga bisa menjadi tempat keren untuk menjamu teman yang sedang berkunjung ke Yogyakarta. Selain menyajikan kuliner yang memanjakan lidah dan kantong, tempatnya juga nyaman banget buat bercengkerama bareng sahabat. Jangan lupa mampir, ya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Teori Time Travel di Trailer Avengers: Endgame. Benarkah akan Terjadi? | Keepo.me

Teori Time Travel di Trailer Avengers: Endgame. Benarkah akan Terjadi? | Keepo.me

Mau Makin Kaya Saat Pay Day? Yuk Lakukan 5 Kebiasaan Ini!

Mau Makin Kaya Saat Pay Day? Yuk Lakukan 5 Kebiasaan Ini!

Ramai Dijodohkan, Ariel Noah dan Sere Kalina Ungkap Cerita Sebenarnya | Keepo.me

Ramai Dijodohkan, Ariel Noah dan Sere Kalina Ungkap Cerita Sebenarnya | Keepo.me

Begini Cara Bikin Hidangan Aesthetic dengan Rice Paper

Begini Cara Bikin Hidangan Aesthetic dengan Rice Paper

Memasak Kelamaan, Penjual Pecel Lele ini Terpaksa Dibogem Mentah Pembelinya! | Keepo.me

Memasak Kelamaan, Penjual Pecel Lele ini Terpaksa Dibogem Mentah Pembelinya! | Keepo.me

Jadi Favorit Wanita di Dunia, 5 Sepatu Ini Dijamin Nggak Bikin Tumit Lecet

Jadi Favorit Wanita di Dunia, 5 Sepatu Ini Dijamin Nggak Bikin Tumit Lecet

loading