7 Warna Darah Haid Ini Menandakan Sesuatu Terjadi di Tubuhmu. Yakin Sudah Normal?

19 September 2017
|Olphi Disya
618SHARES

Darah yang keluar dari tubuh kita bisa menandakan banyak hal tentang apa yang sebenarnya terjadi di dalam tubuh. Terutama masalah kesehatan dan hormon yang bisa kita artikan dari warna darah haid atau menstruasi. Bagi kamu cewek-cewek, jangan cuek dengan warna darah kotor ini ya. Karena hal tersebut bisa memberi tahu kita tentang kondisi tubuh yang sebenarnya. Berikut penjelasannya!

1. Warna merah pudar dan encer bisa jadi menandakan kamu kurang darah

Kalau kamu mendapati adanya bercak darah berwarna merah pudar dan encer, bisa jadi darah tersebut menandakan kamu kurang nutrisi dan mengalami anemia atau kekurangan darah. Seperti yang dilansir oleh Prevention, menurut dokter obgyn Alyssa Dweck, MD dari Mount Sinai School of Medicine New York, kalau warna darahmu tetap seperti itu selama 203 siklus, nggak ada salahnya kamu langsung cek ke dokter. Jangan lupa juga untuk selalu kontrol zat besi, bisa jadi kamu kekurangan darah karena terlalu banyak darah yang keluar di waktu yang singkat.

2. Warna pink mungkin jadi tanda hormon estrogenmu rendah serta resiko osteoporosis

Ketika kamu ngecek warna darah haidmu dan ternyata berwarna merah muda, itu bisa menunjukkan bahwa kamu sedang kekurangan hormon estrogen. Apalagi kalau darah tersebut nggak begitu deras di hari-hari pertama. Sebenarnya nggak apa-apa sih, tapi menurut praktisi keperawatan dari New York, Margaret Romero, tanda seperti ini bisa menunjukkan resiko osteoporosis di masa depan. Kemungkinan lainnya adalah kurang nutrisi, polycystic ovary syndrome (PCOS), atau perimenopause.

3. Warna merah dan tekstur menggumpal seperti selai stroberi

Mungkin kamu pernah mengalami warna darah haid yang seperti ini. Warna merah dengan tekstur menggumpal mirip selai stroberi menandakan ketidakseimbangan hormon, di mana hormon progesterone rendah dan hormon esterogen tinggi. Kalau gumpalannya besar, artinya ketidakseimbangan hormonmu cukup serius dan kamu perlu waspada. Nggak hanya itu, adanya fibroid atau sel yang tumbuh secara tidak normal pada rahim juga bisa jadi penyebabnya. Silakan cek ke dokter ya kalau kamu merasa gumpalan darahmu udah nggak wajar.

4. Warna oranye bisa jadi tanda tak lazim adanya infeksi

Meskipun warna oranye jarang kamu alami, kamu perlu hati-hati jika darahmu berwarna oranye. Hal tersebut bisa jadi adalah darah yang bercampur dengan cairan dari dalam leher rahim dan kemumngkinan besar menjadi tanda bahwa kamu sedang mengalami infeksi. Kalau menemukan darah haidmu berwarna oranye, langsung cek ke dokter, ya!

5. Warna merah keabu-abuan yang harus kamu curigai sebagai tanda penyakit

Salah satu indikasi kamu tengah mengalami infeksi seksual menular adalah darah haid yang keluar berwarna merah keabu-abuan. Apalagi kalau darah tersebut berbau busuk. Beda halnya dengan wanita hamil, warna darah seperti ini bisa menjadi tanda keguguran. Jadi, segera periksa ke dokter ya kalau darah haid kamu berwarna merah keabu-abuan dan baunya aneh.

6. Warna coklat tua sebagai tanda darah haid yang normal, kok

Darah haidmu berwarna coklat tua? Tenang, ini adalah warna darah yang terbilang normal, kok. Biasanya warna coklat tua mengindikasikan darah dari lapisan rahim yang butuh waktu lebih lama untuk keluar dari leher rahim. Menurut Dweck, darah haid tersebut beroksidasi lebih lama sehingga warnanya berubah dari merah menjadi coklat tua hingga kehitaman. Hal ini juga tergantung dengan masing-masing leher rahim individu yang berbeda-beda. Ada yang darah haidnya coklat tua di awal haid, ada juga yang di akhir haid.

7. Warna merah terang dan bertekstur seperti jelly

Nah, kalau warna seperti ini menandakan bahwa kamu mengalami haid yang normal dan sehat. Meskipun kondisi normal setiap orang berbeda-beda, namun warna merah terang dengan tekstur mirip jelly dan berlangsung secara konsisten menunjukkan bahwa nggak ada hal yang harus dikhawatirkan dalam siklus haid kamu.

Jadi sekarang udah tahu kan kondisi tubuh kamu selama haid dari sisi warna darah haid? Jadi bagi kamu yang curiga dengan warna darah haid dan siklus haid, mendingan kamu langsung cek ke dokter ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
618SHARES