7 Trik Memakai High Heels Agar Nggak Cepat Pegal. Cantik Nggak Harus Tersiksa!

08 Oktober 2017
|Olphi Disya
Tips
0SHARES

Banyak wanita yang menghindari memakai high heels karena merasa nggak nyaman. Tapi, banyak juga yang menggunakan sepatu high heels sehari-hari karena tuntutan pekerjaan atau karena memang senang menggunakannya. Tapi sesering dan senyaman apapun, memakai high heels akan tetap terasa pegal kalau dipakai dalam waktu yang lama.

Agar kamu tetap nyaman dan sehat selama menggunakan high heels, ikuti tips berikut ini yuk!

1. Pastikan ukuran sepatumu pas

Ukuran sepatu yang sesuai akan membuatmu lebih nyaman dalam beraktivitas. Nggak hanya tentang panjang kaki, tapi juga harus menyesuaikan lebar kakimu. Sebaiknya mengukur kaki di malam hari setelah kakimu digunakan untuk beraktivitas (karena itu waktu di mana kaki lagi lebar-lebarnya!). Kalau kesempitan, kakimu akan lebih mudah nyeri dan sakit.

2. Pilih heels yang tebal bukan yang runcing

Heels berfungsi sebagai tumpuan kakimu. Pilihlah heels yang tebal agar kakimu lebih stabil serta jaringan dan otot kakimu nggak terlalu meregang. Berbeda ketika kamu menggunakan stiletto dengan heels yang runcing, sepatu ini akan membuatmu lebih mudah pegal. Sepatu yang heels-nya tebal dan lebar juga meminimalisir gangguan tendon Achilles di kakimu.

3. Ujung sepatu yang lebar dan terbuka

Sepatu yang memiliki model menyempit di ujungnya akan membuat jari-jarimu pegal dan mudah lecet. Maka dari itu, pilih ujung sepatu yang lebar agar jari-jari kakimu bisa bernapas. Lagipula, sering menggunakan sepatu yang ujungnya sempit akan membentuk kakimu menjadi nggak normal dan bisa brdampak pada caramu berjalan nantinya.

4. Kenakan sepatu dengan bahan yang lembut

Ada sepatu dengan bahan yang kaku, seperti high heels yang terbuat dari bahan kulit. Ada juga sepatu high heels yang lebih nyaman seprti terbuat dari kain atau suede. Sepatu dengan bahan yang kaku akan membuat kakimu jadi lebih sulit bergerak sehingga akan mudah pegal. Sedangkan yang lebih elastis, akan membuatmu merasa lebih nyaman.

5. Gunakan bantalan pada alas kaki

Nggak perlu repot, sekarang banyak kok tersedia bantalan untuk alas kakimu yang bisa kamu pakai ketka menggunakan high heels. Ada yang terbuat dari bahan silikon, busa, dan sebagainya. Selipkan pada bagian depan dan tumit. Jadi selama kamu berdiri atau berjalan dengan high heels, kakimu tetap merasa empuk, 'kan?

6. Jangan pilih high heels yang terlalu menukik

Heels yang terlalu tinggi (lebih dari 7 cm) akan membuat kakimu terlalu menukik. Tumpuan utama kakimu pun menjadi di ujung jari. Hal ini akan membuat kakimu menjadi lebih mudah pegal karena seperti berjinjit. Pilih sepatu dengan ketinggian heels yang nggak terlalu menukik, selain bikin pegal juga akan membuat kamu mudah terjatuh.

7. Sering-sering beristirahat dan minimalisir penggunannya

Kalau kamu menggunakan sepatu high heels selama lebih dari 2 jam, kamu harus sering-sering mengistirahatkan kakimu dengan melepaskannya, memijat, dan berjalan telanjang kaki selama 5 menit. Sebaiknya kamu juga nggak sering-sering pakai high heels lebih dari 5 cm. Pemakaian yang terlalu sering dan berlebihan bisa menyebabkan varises dan penyakit lainnya. Duh!

Jadi kalau nggak mau pegal pakai high heels, kamu harus perhatikan tips di atas ya. Jangan hanya karena ingin tampil menawan kamu jadi nggak peduli kesehatanmu, ladies!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES