7 Trik Ini Bikin Belajar Renang Jadi Lebih Mudah. Nggak Takut Ditenggelamkan Deh!

19 September 2017
|Olphi Disya
606SHARES

Salah satu olahraga sekaligus basic skill yang perlu dimiliki seseorang adalah berenang. Apalagi bagi kita yang tinggal di negara kepulauan, berenang sebenarnya adalah kemampuan dasar yang wajib dimiliki. Berbeda dengan masyarakat yang tinggal di daratan gurun tanpa pinggir pantai, mungkin basic skill yang mereka wajib miliki adalah berkuda.

Nah, bagi kamu yang merasa minder karena nggak bisa berenang, coba deh ikuti ketujuh trik berikut ini. Memang sih nggak bikin kamu otomatis bisa berenang, tapi setidaknya kamu harus tahu dulu apa yang sebaiknya kamu lakukan dalam belajar renang. Hitung-hitung belajar otodidak, lah. Ini dia ulasannya, yuk coba praktikkan saat di kolam!

1. Pastikan kamu mengenakan pakaian renang yang nyaman

Jangan sepelekan baju renang yang kamu gunakan. Baju renang yang memang diperuntukkan untuk renang bisa memudahkanmu beradaptasi di dalam air. Jangan pakai kaus dan celana pendek aja. Justru baju seperti ini nggak akan membuatmu jadi fleksibel di air. Makanya investasi baju renang minimal satu aja biar nggak norak di kolam renang ya!

2. Nggak perlu malu mulai belajar renang dengan pelampung

Terkadang biar bisa kelihatan bisa berenang, ada orang yang malu menggunakan pelampung padahal nyebur di kolam sedalam satu meter aja takut banget. Kamu jangan begitu ya! Nggak apa-apa latihan dulu dengan pelampung papan, life jacket atau pelampung di lengan. Dengan menggunakan pelampung, setidaknya kamu coba terbiasa membawa tubuhmu ke dalam air.

3. Mulailah belajar tahan napas di air

Salah satu hal penting saat berenang adalah gimana caranya agar kamu masih bisa bernapas secara teratur. Saat berenang, tentu ada jeda di mana kamu akan mengambil napas dengan konsisten. Maka dari itu, coba belajar tahan napas selama di air. Kamu bisa tahan napas selama 3 puluh detik sampai kamu nggak merasa panik lagi.

4. Kolam dangkal bukan hanya untuk anak-anak

Nggak perlu malu untuk belajar renang di kolam dangkal yang banyak bocahnya. Kamu bisa mulai belajar dengan tubuh tengkurap sambil tangan memegang pinggir kolam lalu gerakkan kedua kakimu seolah berenang. Jaga keseimbangan jangan sampai kakimu menyentuh dasar kolam. Biasakan kakimu dengan gerakkan dari gaya renang yang lainnya.

5. Belajar meluncur di air dan dengan bantuan gerakan kaki

Setelah mencoba menggerakkan kaki dengan tubuh yang statis, kamu bisa mencoba untuk meluncur beserta dengan gerakan kaki tersebut. Dorong badanmu untuk meluncur di air dengan kedua kakimu mendorong dinding kolam. Saat meluncur mungkin wajahmu akan berada di bawah permukaan air cukup lama. Inilah kenapa kamu butuh belajar menahan napas.

6. Kombinasikan gerakan kaki, tangan, dan ambil napas

Setelah jago meluncur, kamu boleh coba gerakkan tanganmu dengan gaya renang yang kamu ketahui. Paling mudah sih gerakan tangan pada gaya katak atau gaya dada. Kombinasikan gerakan kaki, tangan, dan nggak lupa latihan ambil napas ke permukaan setiap sat kali gerakan. Seimbangkan tubuhmu sampai menemukan pola gerakan berenang yang tepat.

7. Jangan ragu untuk belajar gaya renang yang termudah untukmu

Bingung mau belajar renang gaya apa? Konon, gaya termudah untuk pemula adalah gaya dada. Populer dengan nama gaya katak karena mirip dengan gerakan katak berenang. Gaya dada disebut-sebut sebagai gaya yang nggak memakan energi yang terlalu banyak. Gaya ini pun lebih mudah karena gerakan kiri dan kanan tubuh terjadi bersamaan sehingga seimbang.

Masih belum bisa berenang juga? Mungkin ini saatnya kamu untuk ikutan les berenang di sekitar tempat tinggalmu. Nggak ada kata terlambat untuk belajar, kamu bisa belajar renang di usia berapapun, tapi lebih cepat lebih baik kan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
606SHARES