7 Trik Berpose Saat Foto Bareng. Semua Kelihatan Cakep, dan Nggak Ngulang Terus!

20 Oktober 2017
|Olphi Disya
Tips
0SHARES

Sebagian besar dari kita, biasanya senang banget kalau diajakin foto bareng. Biasanya foto keluarga atau foto bareng teman-teman. Tapi kadang hasilnya suka nggak memuaskan, entah karena nggak kompak, ada yang posenya bagus banget tapi yang lainnya lagi nggak kontrol muka, ada juga yang hanya kelihatan jarinya doang.

Agar hasil foto barengmu paripurna dan memuaskan, coba trik-trik berikut ini deh. Dijamin semuanya bakalan senang dengan hasil fotonya!

1. Pastikan semua orang terlihat dan nggak ada yang ketutupan

Ini sih udah wajib, kudu, dan mesti sih. Namanya juga foto bersama, nggak boleh ada satupun yang kehalang atau nggak kelihatan. Biasanya, 'kan ada tuh yang hanya kelihatan jidatnya aja karena ketutupan sama orang depannya atau hanya kelihatan setengah. Jadi sebelum foto bareng, pastikan semuanya kelihatan di depan kamera dan nggak ada yang ketutupan ya. Ingatkan sang fotografer untuk memperhatikan sebelum semua orang bilang “cheeseee!”

2. Nggak usah kaku gitu, posenya harus natural biar kelihatan akrab

Seharusnya foto bareng itu menunjukkan betapa akrab dan mesranya kamu dan teman atau keluarga. Jadi fotonya harus tampak natural dan nggak dibuat-buat. Mungkin beberapa orang masih menganut paham kalau foto keluarga atau foto geng harus sejajar dengan posisi masing-masing yang berjauhan. Cobalah untuk berpose seperti lagi ngobrol, lari-lari kecil, atau ketawa bareng. Siapapun yang lihat foto itu pasti turut merasakan kehangatannya, deh!

3. Foto di tangga bikin komposisi foto jadi rapi

Nggak tahu mau foto di mana agar semua orang kelihatan dan komposisinya rapi? Coba deh cari tangga terdekat. Bukan tangga untuk memanjat ke genteng ya, tapi kamu bisa berfoto dengan berdiri di anak tangga dan teman atau keluargamu juga berdiri di anak tangga yang berbeda sehingga akan membentuk komposisi yang rapi. Sesuaikan juga dengan tinggi badan masing-masing. Cara ini dilakukan agar semuanya kelihatan dan hemat tempat. Setuju?

4. Komposisi cahaya fotonya jangan sampai pilih kasih

Nah, ini yang sering jadi masalah kalau lagi foto bareng. Ada orang yang kena cahaya bagus sehingga hasil fotonya kayak dia sendiri yang bersinar, sisanya gelap. Ada juga orang yang kena bayangan orang lain di depannya saat foto jadinya gelap. Posisi cahaya jangan sampai pilih kasih alias harus merata di hampir semua orang. Triknya, dekatkan sumber cahaya paling banyak dengan kamera sehingga bias cahayanya bisa membaur untuk semua sudut foto.

5. Merapat-merapat, mendekat-mendekat

Satu hal yang harus dipegang teguh untuk foto bareng adalah posisi merapat. Nggak harus nempel juga sih, tapi merapat artinya nggak ada jarak yang terlalu renggang sehingga kesannya kayak lagi musuhan. Kamu dan teman atau keluarga bisa pose berpelukan, bersandar, pegangan tangan, atau apapun yang membuat kalian tampak terkoneksi. Posisi kayak gini akan membuat orang-orang yang ada dalam foto jadi tampak akrab dan dekat satu sama lain.

6. Pakai trik komposisi segitiga agar kelihatan proporsional

Banyak yang belum tahu nih trik yang satu ini. Terutama untuk foto keluarga atau foto geng yang anggotanya nggak lebih dari 5 orang. Komposisi kayak gini bikin kamu dan orang terdekatmu bagaikan satu kesatuan yang utuh dan lengkap. Hindari foto bareng di mana salah satu sisi lebih dominan, sementara sisi lainnya kosong melompong. Dengan teknik kayak gini, foto barengmu akan makin terasa chemistry-nya! 

7. Jangan berpose “terlalu kreatif” sampai bikin rugi orang lain

Ternyata nggak hanya ketemu gebetan aja yang bisa bikin awkward, foto bareng pun bisa kelihatan awakward kalau posenya aneh-aneh dan nggak lazim. Selain itu, kalau nggak terkontrol, bisa merugikan orang lain lho. Misalnya kaki yang keinjek, terjatuh, terjepit, dan sebagainya. Pose yang normal aja, tapi kalau mau kelihatan unik dan nggak biasa harus pastikan nggak ada orang yang cedera setelah foto bareng, ya!

Jangan sampai hanya karena foto bareng, posenya jadi merusak suasana dan hubungan. Jadi, sebelum foto bareng, atur dulu yang benar dan bergaya senatural mungkin. Oke oke?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES