7 Tips untuk Si Pelupa. Biar Daya Ingatmu Makin Tajam dan Nggak Pikun Dini!

01 November 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Kamu termasuk orang yang sering lupaan? Suka capek sendiri dan meratapi nasib kenapa sih jadi orang pelupa banget? Tenang, kamu nggak sendiri. Pasalnya memang semakin hari, ada jutaan informasi yang pernah tersimpan di otak kita yang berguguran dan membuat kita jadi lupa kalau informasi yang tersimpan itu nggak diulang-ulang.

Tapi kalau kamu pelupanya parah banget, coba cara-cara berikut ini deh untuk meminimalisirnya.

1. Main game yang melatih otak

Sering lupa terjdi karena otakmu nggak terlatih sehingga sel otakmu nggak membentuk sel-sel baru yang membuatmu jadi lebih mudah mengingat sesuatu. Nah, sekarang udah banyak banget kan permainan di handphone yang bisa mengasah otak. Kamu bisa main permainan yang sederhana seperti Sudoku, Teka-teki Silang, dan game-game lainnya yang sederhana tapi bisa bikin mikir. Dengan main game sekitar 2 jam sehari, sinapsis di otakmu jadi lebih aktif dan bisa meningkatkan daya ingat.

2. Pakai cara asosiasi biar mudah ingatnya

Cara mengingat dengan asosiasi sebenarnya adalah cara paling simple dan bisa membantu kamu untuk lebih mudah mengingat. Misalnya kamu berencana mau belanja kecap manis dan bawang putih di supermarket. Biar pas di supermarket kamu nggak kelupaan untuk membelinya, kamu bisa asosiasikan kedua benda tersebut dengan warna yaitu hitam putih. Jadi ingat aja, kalau udah beli yang hitam (kecap manis) kamu juga harus beli yang putih (bawang putih). Dengan begitu caramu dalam mengingat jadi lebih mudah, 'kan?

3. Makan makanan yang kaya akan omega 3

Salah satu cara untuk meningkatkan daya ingat adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan omega 3. Makanan yang mengandung nutrisi ini bagus banget untuk kesehatan otakmu dan juga bermanfaat untuk mencegah Alzheimer. Kamu bisa dapatkan pada ikan salmon, kenari, ikan tuna, kerang, kubis dan biji labu.

Kamu juga bisa menambah asupan nutrisi omega 3 dalam bentuk suplemen instan yang udah banyak dijual di pasaran. Pokoknya, kalau udah mengandung omega 3, udah pasti bisa meningkatkan daya ingatmu, deh.

4. Bikin tempat khusus untuk barang tertentu

Kamu sering lupa naruh kunci atau barang-barang yang sering keselip? Biar mood kamu nggak berantakan saat lagi buru-buru, letakkan barang-barang di tempat-tempat khusus. Misalnya kunci kendaraan di dekat pintu garasi, gunting di laci, jepit rambut di meja rias, dan barang-barang lain yang kamu sering meletakannya sembarangan. Biar nggak lupa, tandain juga barang-barang tersebut dan warna-warna yang mencolok biar mudah menemukannya.

5. Optimalkan tidur siang

Kalau kamu punya aktivitas yang padat dan sering begadang, potensi kamu untuk mudah lupa semakin besar. Jadi sebaiknya kamu sempatkan untuk tidur siang agar fungsi kerja otakmu maksimal. Ketika kamu sibuk seharian, otakmu bekerja terus sehingga akan timbul rasa lelah. Nah, tidur siang berfungsi sebagai recharge energy di otak. Ibaratnya otakmu adalah gadget yang perlu dicas. Kalau nggak dicas dan dipakai terus, kamu akan sulit fokus jadinya mudah lupa deh. Sebaiknya tidur siang selama 20-30 menit udah cukup kok!

6. Ulang nama orang yang baru diajak kenalan

Suka lupa nama orang bahkan belum 5 menit kenalan? Nggak enak kalau nanya namanya lagi padahal tadi udah disebutin? Terapkan cara berikut ini deh. Setiap kali kamu kenalan dengan orang baru, ulang namanya dengan disebutkan sekali. Lalu, dalam hati kamu ulang namanya 3 kali. Kalau masih suka lupa juga, setiap kali bicara kamu sebutkan namanya. Misalnya “Jadi, Lina satu kampus dengan temanku itu ya?” daripada kamu menggunakan kalimat “Jadi kamu satu kampus dengan temanku itu ya?”

7. Fokus dan catat hal yang penting

Memang lupa itu manusiawi, tapi kalau kamu udah rada-rada pikun di masa muda, sebaiknya kamu harus lebih perhatian dengan kesehatan otakmu. Selalu latih otakmu dengan fokus ketika berbicara atau menerima informasi. Lalu, catat hal penting yang bisa membantumu. Misalnya mencatat materi kuliah, mencatat saat meeting di kantor, mencatat daftar belanja, hingga nomor-nomor handphone. Kalau perlu foto juga beberapa tempat di mana kamu meletakkan barang biar lebih mudah mengingatnya.

Nggak begitu sulit 'kan? Asalkan kamu konsisten dan berusaha untuk meminimalisir lupa, pasti bisa kok. Intinya, jangan lupa hal-hal yang bikin kamu nggak lupa di atas ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES