7 Tips untuk Menghilangkan Kebiasaan Menunda-nunda. Biar Nggak Mageran, Nih!

06 November 2017
|Olphi Disya
Tips
0SHARES

Kebiasaan menunda-nunda umum terjadi karena ada perasaan malas atau nggak tahu mau mulai dari mana. Padahal kalau terus-terusan ditunda, nggak menjamin pekerjaan jadi lebih cepat terselesaikan dong? Justru kamu akan terburu-buru dan hasilnya jadi nggak maksimal. Belum lagi jadi sulit fokus karena kebiasaan menunda biasanya membuat kamu jadi bekerja di bawah tekanan. Biar nggak gitu lagi, coba tips di bawah ini yuk biar bisa ngerjain tugas tepat waktu!

1. Gunakan skala prioritas

Satu hal yang harus kamu tanamkan adalah kamu harus bekerja dengan urutan prioritas. Kamu harus tahu mana yang paling penting, paling urgent, atau yang paling sulit. Silakan kerjakan sesuai dengan tingkat kesulitan atau jumlahnya. Mau yang mana duluan, memang sepenuhnya terserah kamu. Tapi sebaiknya kamu mengerjakan secara berurut sesuai skala prioritas. Dan yang pasti biar nggak kebanyakan ‘entar-entar’, kamu harus disiplin mengikutinya.

2. Hindari segala distraksi

Nah, bagi kamu yang nggak bisa jauh dari handphone, kamu bisa latihan untuk jaga jarak.  Pasalnya, distraksi (nggak hanya handphone lho ya, abang nasi goreng yang lewat depan rumah juga bisa mengalihkan fokusmu) bisa membuyarkan perhatianmu sehingga kamu jadi terlena dan malas menyelesaikannya. Biasanya sih kalau orang yang mudah terdistraksi akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan distraktornya. Biasanya sih ya… semoga kamu nggak.

3. Pakai teknik pomodoro

Biar kamu makin mantap konsentrasinya dan teguh pendirian nggak heboh akan gangguan, kamu bisa gunakan teknik pomodoro. Caranya gampang banget, kamu hanya butuh waktu untuk benar-benar fokus selama 25 menit tiap sesi, lalu antar tiap sesi akan diberikan jeda istirahat sekitar 5 menit lalu lanjutkan sesi berikutnya dengan fokus maksimal. Teknik ini dipercaya bisa membuatmu jauh lebih fokus dan cepat selesai, lho!

4. Berani galak dengan diri sendiri

Kamu akan jadi malas menunda-nunda kalau dari dirimu sendiri aja kamu udah disiplin banget. Kadang kamu memang harus galak dengan diri sendiri biar nggak manja. Misalnya kamu lagi tiduran kepoin akun Instagram mantan pacar, kamu harus sadar dan paksa dirimu untuk bangun dan ngerjain tugas. Kalau perlu, kamu bikin hukuman. Misalnya nggak boleh nonton drama Korea kalau belum menyelesaikan tugas. Gitu!

5. Bagi-bagi tugas

Biasanya yang bikin malas mengerjakan tugas adalah jumlahnya yang nggak manusiawi dan nggak tahu mau mulai dari mana. Iya kan? Biar kamu nggak bingung, coba deh kamu bagi-bagi tugasnya dulu. Misalnya, kamu ada tugas dan ujian Bahasa Inggris, kamu bisa pecah tugas tersebut dalam beberapa bagian. Contohnya belajar grammar dulu, lalu belajar soal pilihan ganda, lalu berikutinya structure, dan sebagainya. Lebih mudah kan?

6. Beri reward setiap menyelesaikan tugas

Agar kamu tetap semangat dan bermotivasi tinggi, kamu bisa menyediakan reward untuk dirimu sendiri tiap menyelesaikan tugas. Misalnya setiap ngerjain 20 soal, kamu bisa ngemil sepotong brownies. Atau misalnya setiap tugas beres di hari itu, kamu bisa nonton drama Korea satu episode. Yang penting reward ini membuat kamu terpacu untuk menyelesaikan dengan segera. Tapi jangan keasyikan nikmatin reward sampai lupa ada tugas lain, ya!

7. Jangan lupa istirahat

Kadang kamu pikir dengan begadang kamu bisa menyelesaikan tugas dengan efektif. Padahal otakmu juga perlu istirahat. Justru kalau otakmu lelah dan kamu nggak bergairah untuk menyelesaikan tugas, tubuh dengan sendirinya akan menciptakan kondisi ‘nggak enak’ saat ngerjain tugas. Alhasil kamu pun kebanyakan menunda. Mendingan istirahat dengan tidur selama 20-30 menit atau semalaman. Bangun tidur, otak fresh lagi!

Jadi nggak ada lagi alasan untuk menunda-nunda kan? Kerjakan sekarang juga agar bisa selesai secepatnya. Good luck!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES