7 Tips Untuk Makeup Natural Selama Puasa, Cantik dalam Kesederhanaan!

20 Mei 2018
|Faizah Pratama
0SHARES

Pada bulan Ramadan seluruh umat muslim kecuali yang berhalangan diwajibkan untuk berpuasa Ramadan. Buat muslimah, tidak ada salahnya menyambut bulan suci ini dengan tetap tampil cantik meski sedang berpuasa. Seorang wanita memang tidak dilarang untuk mengenakan makeup saat menjalankan ibadah puasa.

Namun, ada anjuran untuk menjaga kesederhanaan penampilan termasuk dalam hal berhias. Buat yang ingin tampil cantik tetapi menjaga kesederhanaan selama berpuasa, tips makeup natural berikut bisa membantumu mewujudkannya.

1. Pakai moisturizer dan tabir surya sebelum pakai makeup

Sebelum mengaplikasikan makeup, sebaiknya melaksanakan langkah ini dahulu. Saat berpuasa tubuh kurang mendapat asupan cairan, kulit wajah pun menjadi lebih kering. Moisturizer atau pelembap akan melembapkan kulit dari luar. Walau berpuasa bukan berarti kamu tidak beraktivitas di luar ruangan. Gunakanlah sunscreen agar wajahmu terlindung dari sinar matahari.

2. Yakinlah bahwa primermu tidak menghalangi air wudu

Wanita sering menggunakan primer sebelum mengaplikasikan makeup. Namun, ada pemahaman primer mengurangi keabsahan wudu karena sifatnya yang lengket dan menutup pori. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena primer hanya membantu menyamarkan pori dan membuat makeup menempel sempurna. Kalau masih nggak yakin, kamu bisa menjadikan gel lidah buaya atau serum wajah sebagai pengganti primer.

3. Pilih foundation yang ringan dan sesuai dengan warna kulit

Bantulah kulitmu untuk bernapas dengan mengaplikasikan foundation yang formulanya ringan di wajah. Walau hasilnya low coverage, foundation berformula ringan juga akan mewujudkan tampilan natural karena tidak memalsukan warna kulit asli. Jika ingin lebih tenang, hindari foundation yang waterproof karena dikhawatirkan menghalangi air wudu meresap ke pori-pori kulit.

4. Pilih warna bedak sesuai warna kulit

Seperti halnya foundation, pilihlah bedak yang warnanya sesuai dengan warna kulit. Jangan pilih bedak yang lebih putih atau lebih gelap dari kulitmu. Untuk mencapai hasil natural, kamu pisa memulaskan loose powder atau compact powder dengan menggunakan brush.

5. Buatlah natural eye look 

Biar mata terlihat segar, kamu bisa memulaskan eyeshadow pada kelopak matamu. Pilihlah warna-warna natural, seperti natural pink, coklat terang, atau yang ber-shimmer halus. Kamu juga bisa menambahkan winged eyeliner tipis dan mascara agar mata lebih tajam.

 

6. Blush on warna soft akan membuat pipi berseri

Buat makeup natural, blush on dengan warna-warna soft menjadi pilihan terbaik. Kamu bisa memulaskan warna pink atau peach agar pipimu semakin cerah. Buat kulit sawo matang, warna-warna oranye dan bronze jadi pilihan terbaik. Hindari memoleskan blush on ke pipi secara berulang-ulang karena bisa membuat hasilnya kurang natural dan berantakan.

7. Pilih lipstik yang mengandung pelembab

Saat berpuasa bibir berpotensi menjadi kering. Gunakanlah lip balm untuk mengantisipasinya. Pilihlah lipstik yang bertekstur creamy dan mengandung pelembab. Warna nude, pink natural, atau peach jadi pilihan tepat untuk melengkapi natural look. Kamu juga bisa mengoleskan lip gloss agar bibir semakin tampak segar. 

Selain ber-makeup, tidak ada salahnya selalu membawa face mist saat berpergian. Semprotkan di wajah untuk menyegarkan dan melembabkan kulit. Pilihan makeup yang halal juga akan membuat dirimu semakin tenang beribadah. Ingatlah satu hal, yang membuat ramadanmu lebih indah bukanlah seberapa cantik penampilanmu melainkan usahamu untuk mempercantik jiwa dengan banyak beribadah di bulan suci ini.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES