7 Tips Praktis Jago Bahasa Inggris Tanpa Harus Les. Nggak “Yes”/ “No” Doang!

08 November 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Sekarang apa-apa serba bahasa Inggris. Sebagai bahasa internasional dan bahasa dengan pengguna terbanyak ketiga, kamu dituntut untuk bisa memahami bahasa Inggris untuk dapat beradaptasi dengan kemajuan zaman. Tapi kalau kamu nggak jago bahasa Inggris tapi ingin jago, kamu bisa ikutin beberapa cara ini. Nggak perlu les, secara otodidak kayak Rich Chigga juga bisa kok!

1. Mulai belajar baca dari buku anak-anak

Mungkin terdengar sepele, tapi beneran deh, kalau kamu sama sekali sulit memahami bahasa Inggris, kamu bisa mulai dari baca buku anak-anak. Kenapa? Karena biasanya buku anak-anak ditulis dalam bahasa Inggris yang sederhana dan mudah dipahami. Kalimat yang digunakan umumnya juga digunakan untuk percakapan sehari-hari. Benda-benda yang dikenalkan dalam buku anak-anak pun pasti lebih mudah kamu ingat vocabulary-nya. Jadi kamu bisa mulai dengan baca buku-buku dongeng berbahasa Inggris, nih!

2. Sering dengarkan lagu berbahasa Inggris dan baca liriknya

Kamu suka mendengarkan lagu berbahasa Inggris tapi hanya sekedar musiknya aja? Ketika nyanyi, kamu nggak tahu apa artinya? Sekarang kamu bisa ubah caramu mendengakan musik biar lebih berfaedah. Jangan sekedar nyanyi-nyanyi aja tapi nggak tahu itu lagunya tentang apa. Biar kamu nggak pusing sama liriknya, pilih lagu-lagu pop yang kalimatnya lebih mudah didengar dan dibaca. Jangan pilih lagu rap yang temponya cepat kalau kamu baru mau belajar, atau jangan pilih lagu underground yang bikin kamu keburu budeg sebelum belajar. Peace!

3. Nonton dan subscribe vlogger yang berbahasa Inggris

Sekarang siapa sih yang nggak punya akun Youtube? Kamu sekarang udah bisa bebas menikmati beberapa channel yang bisa membantu kamu belajar memahami bahasa Inggris. Udah banyak vlogger Indonesia yang bikin konten dengan bahasa Inggris plus subtitle yang membantu kamu memahami apa yang mereka ucapkan. Nggak tahu mau nonton channel yang kayak gimana? Pilih yang dekat dengan keseharian kamu. Misalnya kamu suka otomotif, silakan nonton video yang membahas itu. Atau cewek-cewek mungkin tutorial make-up juga pas tuh!

4. Nonton film berbahasa Inggris dengan level tertentu

Setelah nonton vlog, luangkan waktu juga untuk menonton film berbahasa Inggris. Kamu bisa mulai dari film-film yang bahasa Inggrisnya mudah dulu. Misalnya film-film animasi atau film komedi romantis yang bahasa Inggrisnya sehari-hari. Nah, kalau kamu udah setingkat lebih pede, baru deh kamu coba film berbahasa Inggris level selanjutnya misalnya kayak di film science fiction, film action atau fantasi. Nggak apa-apa baca subtitle-nya. Kalau udah paham banget, baru deh tes dengan menghilangkan subtitle-nya!

5. Mulai ngobrol sama teman yang jago bahasa Inggris

Lancar berbahasa Inggris itu nggak bisa otomatis setelah kamu belajar sendiri. Kamu juga harus praktekin apa yang udah kamu dapat dengan cara ngobrol dalam bahasa Inggris. Kalau kamu punya teman yang jago bahasa Inggris, kamu bisa ajak ngobrol dalam bahasa Inggris dan sampaikan kalau kamu ingin ngetes kepiawaianmu. Nggak usah malu, justru kamu bisa banyak belajar. Atau kamu bisa juga kenalan dengan orang asing di forum-forum atau komunitas. Perlancar bahasa Inggrismu dengan rajin-rajin ngobrol, ya!

6. Baca novel atau artikel dalam bahasa Inggris sebelum tidur

Biar bahasa Inggrismu makin mantap, jangan lupa juga membaca sebelum tidur. Ketika tidur, informasi yang kamu baca sebelumnya akan tersimpan dengan baik yang membuatmu jadi susah lupa. Oleh karena itu, bacalah artikel-artikel atau novel dalam bahasa Inggris agar kamu terbiasa. Hampir sama dengan menonton film, kamu juga bisa membaca buku dengan level tertentu. Mulai dari bacaan ringan sampai bacaan yang bikin mikir banget. Dengan begitu, koleksi vocabulary di otakmu jadi lebih bervariasi, deh!

7. Membiasakan menulis dalam bahasa Inggris

Salah satu momok seseorang dalam belajar dalam bahasa Inggris adalah grammar. Biasanya grammar dipake banget saat menulis. Nah, kamu kan udah sering baca kalimat bahasa Inggris, kamu juga harus belajar menulis. Kamu bisa menulis dari kalimat-kalimat yang simple dulu aja, sampai kalimat yang agak complicated. Nulis di mana? Sekarang udah banyak banget platform menulis yang bisa kamu gunakan. Misalnya di twitter atau blog pribadi. Nggak usah minder kalau tulisanmu masih berantakan. Justru di situlah kamu bisa belajar kan?

Belajar bahasa Inggris agar paham itu nggak sulit kok kalau kamu serius dan konsisten. Nggak usah takut juga kalau kamu nggak bisa paham dalam waktu cepat. Slow but sure, okay?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES