7 Tips Mujarab Biar Kentutmu Baunya Lebih “Sopan” dan Nggak Jadi Polusi Udara

19 Desember 2017
|Setia Ningrum
0SHARES

Sesungguhnya, kentut adalah hal normal yang pasti terjadi pada setiap umat manusia. Selain itu, proses buang angin ini juga yang menandakan bahwa pencernaan kita ini sehat. Kebayang dong kalau kamu nggak bisa kentut? Kabarnya manusia yang nggak bisa kentut bisa dirawat di rumah sakit, lho. Pastinya mengeluarkan biaya besar untuk perawatan agar bisa kentut normal. Jadi, kentut lah sebelum kamu bener-bener gak bisa kentut.

Nah, tapi kentut juga harus ada aturannya nih. Pada dasarnya kentut atau buang gas itu memiliki sifat bau yang tidak sedap. Sah-sah aja, tapi kalau bau gasmu sudah merusak alam dan hidung umat manusia di sekitar kamu, harus dipermasalahkan tuh.

Nah, kamu yang kentutnya bau sampah atau bau kenangan mantan, wajib banget baca tips di bawah ini. Biar bau "busuk"-nya nggak menyebar, menyengat, dan merusak kesehatan hidung umat manusia di sekitarmu. Langsung aja yuk kepoin!

1. Rajin buang air besar

Faktanya, buang air yang baik itu sehari dua kali. Pagi dan malam hari. Mengapa harus rutin buang air besar biar kentutnya nggak bau? Karena, makanan yang kita konsumsi setiap hari itu menumpuk di dalam perut.

Jadi, kebayang dong kalau kamu nggak buang air besar secara rutin? Ibarat bak sampah, yang sampahnya jarang dibuang ke pembuangan terbesar akan menimbulkan bau yang tak sedap. Jangan buat si usus besar terlalu banyak menampung makanan kamu, karena baunya kebawa sama gas yang keluar nantinya.

Maksimal waktu makanan yang menumpuk di usus besar itu 18 jam. Kalau lebih dari itu, baunya bisa merusak ekosistem.

2. Rutin berolahraga

Dilansir dari MayoClinic.com, penyebab kentut yang berlebihan dan berbau busuk adalah Chronic Intestinal Gas. Nah, olahraga teraturlah yang bisa meringankan si Chronic Intestinal Gas itu. Nggak usah terlalu berat deh olahraganya, cukup dengan sering jalan kaki, atau yoga yang bisa membuat pencernaan kamu itu sehat.

3. Konsumsi teh herbal

Buat anak nongkrong yang kalau kentut suka bau, boleh nih dicoba tips satu ini. Kalau biasanya nongkrong minumnya kopi, cobain sesekali nongkrong minumnya teh herbal. Mengapa? Karena teh herbal ini kabarnya bisa mencegah terbentuknya gas di usus besar.

Teh yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi itu adalah teh Chamomile atau Peppermint. Kalau sulit dapetin kedua teh itu, minum teh hijau juga nggak masalah kok.

4. Mari ubah kebiasaan makan

Apa aja sih kebiasaan makan yang buruk? Kebiasaan mengunyah makanan cepet-cepet, kebiasaan menggunakan sedotan saat minum, dan mengunyah pemen karet. Mengapa hal tersebut bisa bikin kentut atau buang gas kamu bau banget? Karena kebiasaan buruk di atas ini bisa menyebabkan lebih banyak udara yang masuk ke perut. 

5. Batasi makanan yang bisa memicu gas numpuk di perut

Kalau sudah bisa menghindari kebiasaan makan yang tidak baik, mari selanjutnya membatasi makanan yang memicu gas di perut. Apa aja sih makanan yang memicu gas mampir keperut? Makanan yang memicu gas itu adalah kacang-kacangan dan umbi-umbian.

Nggak Cuma itu, sayuran juga ada lho, yaitu brokoli, kecambah, kembang kol, dan kubis. Eitsss, tapi bukan semerta-merta kalian benar-benar menghindari semua makanan ini. Nggak kok, cuma dibatasi konsumsinya.

Nah, itu tadi tuh tips agar kentut atau buang gas kamu itu gak merusak alam dan hidup sekitar kamu. Tapi sah-sah aja kok sama yang namanya buang gas, tapi inget juga kalau sekiranya kamu ngerasa bakalan bau gas yang kamu keluarin, mending menjauh deh dari orang-orang di sekitar kamu.

Mengapa? Karena kasian dong hidung dan udara mereka tercampur aduk dengan bau gas alias kentut kamu yang tidak sopan. Semoga tipsnya bermanfaat ya! 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Setia Ningrum
"bernapaslah selagi bisa"
0SHARES