7 Tips Menghadapi Situasi Canggung. Biar Nggak Kelihatan Awkward Banget!

10 November 2017
|Olphi Disya
Tips
0SHARES

Nggak bisa dipungkiri, situasi awkward atau canggung sering menghampiri dan sulit dihindari. Situasi kayak gini sebenarnya bukan masalah besar, tapi kalau salah dalam menghadapinya bisa malu banget. Meskipun kamu udah berusaha untuk stay cool, tapi kadang ada aja orang yang bikin kamu terjebak dalam situasi yang awkward. Nah biar kamu tetap kelihatan elegan dan berwibawa, coba terapkan tips pada tujuh situasi berikut!

1. Salaman dengan orang yang menolak untuk bersalaman

Pernah nggak sih kamu mengalami situasi di mana saat kamu ingin berjabat tangan, eh nggak tahunya dia nggak menolak. Biasanya ini terjadi karena mereka nggak ingin bersentuhan dengan yang bukan mahramnya. Nggak apa-apa sih, itu kan hak semua orang. Jadi biar nggak awkward di situasi itu, kamu bisa menarik tanganmu kembali dan letakkan di dada. Jangan lupa senyum yang ramah dan tulus sebagai pelengkap ketika berkenalan.

2. Saat lupa nama teman tapi nggak enak mau nanya namanya

Suatu hari, kamu lagi jalan-jalan dan kebetulan bertemu dengan teman lama yang kamu lupa namanya. Tapi masalahnya, dia ingat namamu. Kan nggak enak banget ya kalau kita hanya menyapanya dengan sebutan ‘Eh’. Tapi biar nggak canggung-canggung amat, kamu bisa alihkan dengan panggilan sist, beb, say, atau kalau cowok mungkin bro. Masih nggak enakan? Coba basa-basi dengan nanya “Akun Instagram kamu apa sih? Aku mau follow…”

3. Menebak-nebak apakah ini ibunya atau pembantunya?

Mungkin kamu pernah berada di situasi canggung ketika kamu datang ke rumah temanmu dan disambut oleh wanita paruh baya yang lagi nyapu. Kamu bingung harus menyapanya dengan sebutan ‘tante’ atau ‘mbok’? kamu nggak yakin wanita itu siapanya temanmu. Jangan ambil pusing, tetap salaman aja dan kenalan dengan sopan. Biasanya dari situ kamu akan tahu apa peran wanita tersebut di rumah temanmu itu. Perhatikan juga foto keluarganya ya!

4. Nggak sengaja bajunya samaan dengan orang lain

Udah pede dengan penampilan saat itu, tiba-tiba kamu jadi mendadak bête karena ternyata ada yang bajunya sama persis denganmu. Mana lagi di acara penting, kamu nggak mungkin tiba-tiba pulang dang anti baju. Tenang aja, jangan panik gitu. Daripada kamu jadi bahan gunjingan orang-orang yang ada di acara tersebut, lebih baik kamu menghindar berada di dekatnya atau berbaur dalam kerumunan. Pokoknya jangan kelihatan dalam jarak semeter deh!

5. Ketika ada yang nodong followback Instagram saat itu juga

Baru aja kenalan, udah ada yang SKSD (sok kenal sok dekat) dengan memintamu untuk followback akun Instagram-nya! Duh, harus gimana ya? Kalau nolak followback, takut dikira sombong. Tapi emang nggak pengen follow dia sih. Triknya, kamu bisa pura-pura followback. Caranya, klik follow pada akunnya, semata-mata untuk mengatasi situasi canggung. Kalau udah di rumah, kamu unfollow lagi aja. Biar nggak gampang dikepoin, set to private account deh!

6. Saat kamu salah manggil orang

Kamu melihat seseorang yang udah nggak asing. Kamu yakin kalau itu teman atau saudaramu. Lalu dengan pedenya kamu menyapa dan… ternyata salah orang! Ternyata hanya mirip… but hey, tenang aja. Kalau udah begini, kamu bisa melipir dengan prinsip muka tembok. Tapi kalau kamu mau klarifikasi, nggak apa-apa. Kamu bisa bilang kalau kamu mengira bahwa dia adalah orang yang kamu kenal. Tapi hati-hati, kalau dia lawan jenismu bisa dikira modus, nih!

7. Lagi malas ngomong tapi diajak ngomong terus

Lagi di tempat umum dan menunggu sesuatu. Kamu lagi pengen bengong, menikmati suasana sendiri dan nggak ingin ngobrol dengan siapapun. Tapi ada orang yang daritadi cari perhatian dan selalu ngajak kamu ngobrol. Salah satu caranya adalah dengan jurus senyam-senyum kemudian pura-pura tidur. Bisa juga dengan pasang headset sehingga kamu menunjukkan bahwa kamu lagi nggak mendengarkannya. Lama-lama orang tersebut jadi capek sendiri.

Situasi yang canggung memang nggak bisa dihindari tapi tetap bisa diatasi kok. Nggak perlu takut bakalan jadi orang paling malu-maluin dan aibmu akan teringat selamanya. Santai aja, justru kalau kamu mengingatnya bakalan jadi momen lucu yang nggak terlupakan!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES