7 Tips Memilih Produk Pembersih yang Tepat untuk Kulit Berjerawat. Demi Wajah Flawless!

17 November 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Memiliki kulit berjerawat memang perlu perawatan ekstra. Salah satunya adalah memilih produk pembersih wajah yang tepat sehingga kamu nggak heboh lagi soal jerawat yang muncul di kulitmu.

Tapi jangan sembarangan pilih produk untuk mengatasi jerawat. Kamu harus tahu dulu kandungan dan cara yang tepat seperti berikut ini!

1. Cari tahu penyebab jerawat di kulitmu

Ada banyak penyebab jerawat muncul di dunia ini. Beberapa di antaranya adalah kulit yang iritasi, kering, berminyak, sensitif, dan hormonal. Kamu bisa ketahui dengan ciri-ciri kulit wajah yang kamu alami. Misalnya kalau sering terkelupas berarti kulitmu iritasi, kulit yang kering banget berarti kulitmu dehidrasi, kulit yang kemerahan berarti sensitif, kulit yang berminyak berarti kulitmu memiliki minyak berlebih, dan hormonal yang biasanya karena akan haid.

2. Pilih sabun muka yang sesuai dengan penyebab jerawatmu

Nah, setelah tahu penyebab jerawat, kamu bisa cocok-cocokin sabun wajah dengan kebutuhan kulit wajahmu. Bisa dilihat dari tekstur sabun wajahnya. Pilih yang seperti ini:

- Cream cleanser: untuk kulit wajah yang mudah iritasi.

- Gel cleanser: untuk klit iritasi, kering, dan sangat berminyak.

- Pembersih wajah dengan enzim buah: untuk kulit dengan bekas jerawat dan kotor akibat penumpukan sel kulit mati.

- Sabun wajah cair: untuk kulit ekstra berminyak dan kotoran yang menumpuk.

3. Sabun muka yang busanya banyak, belum tentu cocok

Salah satu kandungan bahan kimia yang menyebabkan sabun wajah memiliki busa adalah sodium sulfat. Zat ini dipercaya sebagai penyebab timbulnya jerawat dan dapat membuat kulit menjadi kering. Busa dalam sabun wajah nggak hanya membuat wajah jadi lebih kering tapi ketika diserap oleh tubuh akan melemahkan sistem imun sehingga akan mengganggu kesehatan tubuh. Kondisi kayak gini akan memicu jerawatmu tumbuh lebih banyak.

4. Pilih kandungan yang khusus untuk kulit berjerawat

Kamu wajib tahu nih kandungan apa aja ya yang bagus untuk kulit berjerawat? Kamu bisa pilih produk pembersih yang mengandung BHA (seperti salicylic acid), AHA (seperti glycolic acid), hyaluronic acid, benzoyl peroxide, glycerin, argan oil, dan madu. Kandungan tersebut dipercaya dapat memberantas bakteri penyebab jerawat, anti-inflamasi,  mengontrol minyak berlebih, hingga membersihkan wajah hingga ke pori. Diperhatikan dulu ya kandungannya sebelum membeli!

5. Hindari yang mengandung alkohol

Selain kandungan yang bagus untuk kulit berjerawat, kamu juga wajib memperhatikan kandungan yang sebaiknya kamu hindari. Misalnya adalah kandungan alcohol, mineral oil, petroleum jelly, dan lanolin. Kandungan ini akan membuat kulit wajahmu lebih mudah kering atau bahkan berminyak banget. Akan lebih baik lagi kalau kamu menggunakan bahan alami untuk mengatasi jerawat, seperti mentimun dan tomat. 

6. Jangan terperdaya oleh harga

Cara paling tepat dalam memilih produk kulit berjerawat terbaik adalah dengan melihat kandungannya, bukan harganya. Mahal atau murah nggak menjamin kualitas produk. Namanya juga skincare, semuanya butuh cocok-cocokan di kulit. Beruntunglah kalau kamu bisa mendapatkan produk yang cocok dengan harga yang pas dengan budget-mu. Jadi, kamu nggak perlu takut mencoba yang murah. Asalkan udah terpercaya, ya!

7. Konsultasi ke dokter kulit bila perlu

Jerawatmu nggak kunjung menghilang padahal udah mengikuti semua tips di atas? Mungkin kulitmu butuh perawatan khusus yang penyebabnya pun nggak sekadar apa yang terlihat di kulitmu. Oleh karena itu, kamu perlu konsultasikan ke dokter kulit agar mendapatkan penjelasan yang lebih detil tentang kondisi kulitmu. Dokter akan merekomendasikan perawatan yang tepat, sehingga kamu bisa merawat kulitmu dengan lebih baik lagi, deh!

Jadi, jangan asal-asalan pilih produk perawatan wajah untuk kulit berjerawat. Yang penting kamu tahu dulu penyebab dan produk yang tepat. Oke?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES