7 Tips Keuangan Buat Kamu yang Ingin Menikah Sekaligus Punya Rumah!

www.pinterest.com

Tidak mudah untuk mengatur keuangan, terlebih jika kamu hanya bergaji UMR. Meskipun demikian, menikah di usia muda dengan tabungan sendiri bukanlah sesuatu yang mustahil dan tentu saja, kamu membutuhkan waktu yang tak sebentar untuk menabung berdua dengan pasangan, bisa 2 atau 3 tahun lamanya.

Tapi, semua orang punya kesempatan yang sama dalam hal ini. Namun, hal ini tentu membutuhkan upaya yang besar dan mungkin akan mengubah gaya hidup kamu. Sebab gaya hidup sangat berpengaruh dalam kehidupan keuangan kamu, apalagi kalau kamu sedikit boros dalam masalah ini.

Setidaknya, kamu dan pasangan perlu perhatikan tujuh hal ini agar bisa menabung bersama untuk mewujudkan pernikahan impian itu. Berikut tipsnya jika kamu dan pasangan bergaji Rp 3.350 juta per bulan seperti layaknya UMR Jakarta.

1. Atur biaya tempat tinggal selama bekerja untuk sewa gedung

www.pinterest.com

Meski banyak tempat tinggal seperti kos yang cukup mahal, namun pasti masih ada kos dengan harga yang terjangkau, kira-kira sekitar Rp 500 ribu – Rp 600 ribu per bulan + biaya listrik. Bahkan, kalau kamu beruntung, di sana sudah tersedia laundry dan air minum galon gratis.

Contoh pengeluaran tempat tinggal:

Jika dijumlahkan, gaji kamu dan pasangan menjadi Rp 6.7 juta dengan masing-masing tinggal di kos seharga Rp 600 ribu sehingga menjadi Rp 1.2 juta. Sisa gaji saat ini adalah Rp 5.5 juta. Katakanlah dari sisa ini kamu ambil Rp 1 juta (sisa Rp 4.5 juta) untuk ditabung selama 3 tahun.

Rp 1.000.000 x 12 x 3 = Rp 36.000.000

Dengan uang ini, kamu bisa gunakan untuk sewa gedung + katering, dan membeli cincin berlian. Namun, jika kamu masih tinggal bersama orang tua, jatah uang ini bisa kamu alokasikan ke pos lain.

Sisa uang sekarang: Rp 4.500.000,-

2. Mengatur biaya makan bulanan untuk biaya seserahan

www.pinterest.com

Kalau dirata-rata, mungkin kurang lebih kamu menghabiskan Rp 10 sampai Rp 15 ribu dalam sekali makan. Jika kamu makan 3 kali dalam sehari, artinya dalam sehari kamu bisa menghabiskan biaya makan sebesar Rp 45 ribu dan dalam sebulan setidaknya Rp 1.35 juta hanya untuk biaya makan satu orang.

Pengeluaran makan bulanan untuk dua orang:

Satu orang Rp 1.35 juta. Kalau untuk dua orang menjadi Rp 2.7 juta. Sisa gaji dari Rp 4.5 juta - Rp 2.7 juta = Rp 1.8 juta (sisa uang bulanan setelah dipotong kos dan makan).

Dari Rp 1.8 juta ini, kamu bisa ambil 200 ribu setiap bulannya untuk ditabung selama 3 tahun sehingga:

Rp 200.000 x 36 (bulan) = Rp 7.200.000

Jumlah ini cukup untuk kamu gunakan sebagai biaya seserahan dan perlengkapan dekorasi gedung. Tapi, bagi kamu yang tinggal di rumah, usahakan untuk membawa bekal makan ke kantor agar bisa mengurangi biaya ini sehingga uangmu dan pasangan bisa dialokasikan ke pos lain.

Sisa uang sekarang: Rp1.600.000,-

3. Cara hemat biaya untuk transportasi sehari-hari

www.themotolady.com

Jika kamu kerja menggunakan fasilitas transportasi umum, ini cukup memakan banyak biaya dan bahkan bisa sampai Rp 600 ribu sebulan jika 20 hari kerja dengan sekali biaya tempuh PP rumah ke kantor Rp 30 ribu.

Jika kamu ingin lebih awet, kamu bisa menggunakan sepeda motor dan berboncengan dengan pasangan. Ini sangat membantu menghemat biaya. Standarnya, beli bensin Pertalite Rp 20 ribu bisa kamu pakai dengan jarak tempuh 25 kilometer, mungkin ini bisa sampai 2 atau 3 hari.

Biaya transportasi sebulan:

Transportasi umum: Rp 30 ribu PP rumah – kantor x 20 hari kerja = Rp 600 ribu

Sepeda motor: Rp 20 ribu (2 hari) x 10 (jumlah kamu beli BBM dalam 20 hari) = Rp 200 ribu

Katakanlah kamu menggunakan motor setiap hari, dari sisa uang kamu yang Rp 1.6 juta dikurangi biaya transport Rp 200 ribu per bulan sehingga menjadi Rp 1.4 juta.

Dari jumlah itu kamu bisa ambil Rp 200 ribu untuk ditabung setiap bulannya. Dalam tiga tahun, kamu dan pasangan bisa bisa menghasilkan:

Rp 200.000 x 12 x 3 = Rp 7.200.000

Jumlah ini, bisa kamu gunakan untuk keperluan souvenir dan cetak undangan (pilih souvenir murah seperti biji tanaman untuk menghemat biaya).

Sisa uang sekarang: Rp1.200.000,-

4. Siapkan investasi rumah setelah menikah
www.gananci.com

Yup, ini penting untuk kamu pikirkan. Tips ini akan berguna setelah kamu menikah, misalnya menyiapkan investasi untuk rumah. Setelah hitung-hitungan di atas, kamu sekarang menyisakan uang Rp 1.200 ribu setelah dikurangi untuk biaya kos, makan, sewa gedung, dan lain-lain. Lalu alokasikan untuk apa uang ini? DP rumah!

Biaya tabungan DP rumah:

Dari sisa Rp 1.2 juta, kamu bisa ambil Rp 900 ribu untuk ditabung selama 3 tahun sebagai DP rumah.

Rp 900.000 x 12 x 3 = Rp 32.400.000

Jumlah ini bisa kamu gunakan untuk DP rumah program “Sejuta Rumah” milik Jokowi sehingga setelah pernikahan kamu sudah bisa langsung tinggal di rumah sendiri.

Sisa uang sekarang: Rp300.000,-

5. Tak perlu foto pre-wedding, kamu bisa bikin ini sendiri
www.theholyweb.com

Biaya foto pre-wedding terkadang bisa lebih dari Rp 3 jutaan, sementara kamu punya kamera sendiri meski itu hanya kamera di ponsel pintar. Namun, jangan salah karena kamera ponsel sekarang juga cukup bagus dan bisa membuat foto kamu dan pasangan tampak keren. Dengan hanya bermodal ponsel + tripod, kamu bisa membuat foto pre-wedding sendiri atau kamu juga bisa kumpulkan foto-foto yang sudah ada, lalu dibingkai.

6. Kurangi kegiatan yang membuatmu boros

www.pexels.com

Nonton film, belanja, atau window shopping dan sejenisnya perlu dikorbankan sejenak demi pernikahan impian kamu dan pasangan. Kamu bisa pacaran di tempat yang gak perlu mengeluarkan biaya seperti di rumah. Dengan begitu, kamu bisa tetap memfokuskan uang kamu dan pasangan untuk hal-hal yang membutuhkan biaya besar dalam pernikahan.

7. Ciptakan komitmen dengan pasangan untuk menabung bersama

www.bounceenergy.com

Dari total semua hitung-hitungan tadi, akhirnya kamu dan pasangan menyisakan uang Rp 300 ribu. Dengan jumlah segini, kamu masih bisa menabungnya ke toples pribadi. Jika ditabung dalam 3 tahun, uang Rp 300 ribu bisa menjadi Rp 10.8 juta. Ini jumlah yang luar biasa jika nantinya ada keperluan darurat atau untuk baju pernikahan dan lainnya atau hanya sekadar tabung bulanan untuk kamu dan pasangan. 

Ketujuh tips di atas akan berjalan apabila kamu memiliki komitmen untuk melakukan hal tersebut. Dengan begini, tiga tahun lagi menikah dan bahkan mulai memiliki rumah sendiri bukanlah hal yang mustahil.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Jenis dan Kisaran Modal untuk Bisnis Ikan Cupang, Mau?

Jenis dan Kisaran Modal untuk Bisnis Ikan Cupang, Mau?

8 OOTD Simpel yang Bikin Followers dan Likes-mu Makin Banyak

8 OOTD Simpel yang Bikin Followers dan Likes-mu Makin Banyak

7 Hal yang Harus Dihindari Fresh Graduate Saat Melamar Kerja

7 Hal yang Harus Dihindari Fresh Graduate Saat Melamar Kerja

Mau Acara Pertunanganmu Tetap Berkesan dengan Budget Hemat? Pakai 5 Tips Jitu Ini!

Mau Acara Pertunanganmu Tetap Berkesan dengan Budget Hemat? Pakai 5 Tips Jitu Ini!

5 Lokasi Jerawat di Tubuh Ini Menandakan Ada yang Nggak Beres dalam Tubuhmu

5 Lokasi Jerawat di Tubuh Ini Menandakan Ada yang Nggak Beres dalam Tubuhmu

Buat Kamu Vlogger Pemula, 7 Aplikasi iPhone Ini Recomended Banget Buat Edit Video

Buat Kamu Vlogger Pemula, 7 Aplikasi iPhone Ini Recomended Banget Buat Edit Video

loading