7 Tips Kerja Tim untuk Kamu yang Introvert. Bisa Bikin Karirmu Lebih Mantap!

09 November 2017
|Olphi Disya
Tips
0SHARES

Banyak yang menduga bahwa orang yang introvert adalah orang yang nggak bisa kerja dalam tim. Padahal nggak juga sih. Orang yang introvert memang lebih senang bekerja sendiri dan mengelola pekerjaannya dengan caranya sendiri pula. Tapi kalau kamu introvert dan harus banget kerja tim, jangan cemas dulu. Kamu bisa terapkan tips berikut biar sukses kerja tim!

1. Batasi waktu untuk meeting dengan efektif

Memang sih, kamu mungkin nggak bisa seenaknya membatasi waktu dalam pertemuan atau rapat penting. Tapi kamu bisa me-manage-nya sehingga waktum nggak habis untuk ngobrol basa-basi dengan orang lain hingga menghindari drama yang nggak penting. Hadiri meeting seefektif mungkin dan sampaikan apa yang berhubungan dengan kerjaan aja. Kalau ada rekan kerja yang mulai out of topic, kamu bisa ingatkan lagi soal tujuan meeting-nya.

2. Rencanakan dan persiapkan segala agenda sebelum dimulai

Kamu yang introvert pasti paham sulitnya menyampaikan sebuah ide atau tanggapan saat meeting. Mungkin kamu perlu waktu yang lebih lama dari orang lain dalam tim. Maka dari itu, sebaiknya kamu mempersiapkan segala sesuatu sebelum agendanya dimulai. Kalau bisa di hari sebelumnya. Catat hal yang ingin disampaikan agar kamu lebih mudah mengatakannya. Pokoknya jangan ragu untuk mempersiapkan semuanya, ya!

3. Agendakan meeting dengan kelompok kecil

Kalau kamu nggak sanggup dan merasa nggak bisa bekerja efektif ketika meeting dalam tim besar, kamu bisa mengadakan diskusi dengan tim yang lebih kecil dulu. Misalnya yang satu divisi denganmu. Kamu bisa menyampaikan ide atau tanggapanmu dalam tim kecil untuk meeting di tim besar. Tekankan pada poin-poin penting yang menjadi agenda meeting-nya, sehingga rekan satu timmu bisa membantu menyampaikannya pada tim besar.

4. Bekerjalah di tempat yang membuatmu nyaman

Saat ini udah banyak banget kantor yang mempersilakan pekerjanya untuk bekerja di manapun mereka mau. Misalnya di meja kerja sendiri, di ruang individual, dan sebagainya. Beruntunglah kamu yang introvert bisa bekerja secara remote sehingga kamu bisa bekerja sendiri di kedai kopi atau bahkan di rumah. Nah, kamu harus pintar-pintar memilih spot kerja yang membuatmu nyaman dan bebas gangguan. Jadi makin produktif deh kerjanya!

5. Sampaikan dengan cara tertulis

Ingin menyampaikan sesuatu pada rekan kerja namun nggak tahu gimana cara yang tepat agar idemu bisa diterima? Kamu bisa lakukan dengan cara tertulis. Biasanya cara ini akan memudahkanmu untuk menumpahkan ide dan pikiran dibandingkan kalau kamu harus berhadapan langsung dengan orang dan menyampaikannya secara lisan. Tapi tetap harus ditulis dengan sopan dan menekankan poin yang kamu sampaikan.

6. Punya rekan kepercayaan dalam tim

Seorang yang introvert bukan berarti nggak bisa bergaul. Justru orang yang introvert umumnya memiliki ikatan yang lebih kuat dengan orang terdekatnya. Kalau kamu punya rekan yang dekat dan udah kamu percaya, kamu bisa mendiskusikan perihal kerjaanmu dengannya. Apalagi kalau misalnya rekan kerjamu orang yang ekstrovert sehingga juga bisa membantumu saat kerja tim. Lebih mantap lagi kalau atasanmu bisa jadi orang yang bisa kamu ajak diskusi, tuh!

7. Jadikan sebagai kelebihanmu dengan fokus pada kerjaan

Sebenarnya, introvert bisa jadi kelebihanmu kalau kamu memanfaatkannya untuk bisa fokus terhadap apa yang kamu kerjakan. Orang yang introvert umumnya nggak begitu ambil pusing dengan drama yang terjadi di kantor, sehingga ini jadi peluang yang baik bagi kamu untuk bisa berkarir secara mantap. Fokus bukan berarti kamu nggak peduli dengan kehidupan kantor, hanya saja kamu lebih ingin menghabiskan energimu untuk hal yang lebih penting.

Ternyata nggak susah-susah banget kan kerja tim untuk kamu yang introvert? Yang penting tetap semangat dan produktif dalam bekerja. Semua ada kelebihan dan kekurangannya, kok. Good luck!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES