7 Tips Jitu Biar Nggak Bangkrut saat Belanja Oleh-oleh di Tempat Wisata

25 Februari 2018
|Mohammad Syahrial
0SHARES

Berwisata ke suatu tempat memang perlu persiapan matang. Selain menentukan lokasi wisata yang akan dituju, penginapan yang akan diinapi, kendaraan yang akan digunakan, hingga perbekalan yang harus dibawa termasuk jumlah uang sebagai modal kamu di tempat wisata yang kamu kunjungi. Mau itu cash atau kartu kredit, perlu dihitung matang-matang agar jumlah yang kamu keluarkan tidak melebihi rencana pengeluaran kamu selama di tempat wisata yang sedang kamu kunjungi. Biasanya yang paling menguras keuangan kamu di tempat wisata ialah belanja.

Belanja makanan, baju, pernak-pernik, dan barang lain yang menggoda iman. Barang yang dibeli di suatu tempat wisata biasanya akan dijadikan sebagai oleh-oleh atau sekadar cendera mata. Selain sebagai pengingat, juga karena benda tersebut tidak bisa dijumpai di wilayah lain. Hemat? Nggak mungkin banget deh kayaknya.

Terkadang hal tersebut lah yang membuat pengeluaran kita di tempat wisata lebih banyak dari anggaran yang telah ditentukan. Padahal beberapa hari setelah pulang ke rumah, benda itu akan segera di lupakan. Nah 'kan, akhirnya belanja yang berlebihan di tempat wisata hanya menghabis-habiskan uang 'kan? Kalau gitu, mulai sekaran ayo kita coba untuk mengubah perilaku tersebut. Emang nggak gampang, makanya YuKepo nyiapin tips biar kamu nggak bangkrut saat berbelanja.

1. Buat list barang yang ingin dibeli

Pertama-tama dan yang utama, sebelum kamu berbelanja, kamu harus membuat daftar barang apa saja yang ingin kamu beli. Tujuannya adalah agar kamu bisa mengatur budget untuk belanjaanmu. Hal ini pastinya sangat penting dilakukan ketika kamu ingin berbelanja di tempat wisata yang penuh dengan berbagai barang yang selalu ‘melambai-lambai’ untuk dibeli.

2. Bergaya santai ala warga lokal

Trik jitu untuk belanja hemat ketika liburan adalah jangan memperlihatkan diri sebagai turis karena turis adalah sasaran empuk para pedagang untuk mematok harga tinggi. Bergayalah dengan sederhana selayaknya warga lokal. Tidak hanya penampilan, sikapmu juga jangan terlalu menampilkan diri sebagai turis ya.

3. Murah senyum pada pedagang

Ramah kepada pedagang memang menjadi suatu keharusan bagi pembeli. Tidak hanya untuk beramah-tamah, murah senyum pada pedagang juga bisa menjadi trik agar kita tida ditawari harga-harga mahal lho. Eitsss, harus tulus lho ya ramahnya. Jangan dibuat-buat hanya demi mendapatkan barang dengan harga murah!

4. Menawar tapi jual mahal

Ini nih yang bikin kegiatan belanja jadi seru. Tawar-menawar! Kemampuan kamu dalam menawar harga akan sangat teruji di sini. Jika kamu ingin membeli barang dan ditawari dengan harga tinggi, kamu harus pintar-pintar menawar sampai si pedagang mau menyerahkan barangnya.

Nah, kalau pedagang tetap tidak menyerahkan barangnya, berpura-puralah pergi dan tidak jadi membeli. Biasanya kamu akan dipanggil dan si  pedagang akan menyerahkan barangnya dengan harga yang kamu inginkan. Hehehe.

5. Pelajari bahasa setempat

Kalau kamu pergi ke suatu tempat, akan lebih baik kalau kamu juga bisa menggunakan bahasanya. Minimal bahasa umum yang biasa digunakan untuk transaksi dan menyapa penduduk sekitar. Nah, kalau beruntung, kamu juga bisa mendapat harga murah lho kalau kamu bertransaksi dengan menggunakan bahasa setempat.

6. Jangan terburu-buru membeli barang

Biasanya kalau sudah menemukan barang bagus, bawaannya pengen dibeli ya. Eitsss, jangan dulu! Kamu perlu membandingkan harganya dengan pedagang-pedagang lainnya. Kalau kamu bisa menemukan barang yang sama dengan harga yang lebih murah kan jauh lebih baik untuk kesejahteraan kantongmu.

7. Ajak teman untuk menemani berbelanja

Nah, tips yang terakhir ini juga penting nih! Kamu mungkin membutuhkan teman untuk menemanimu berbelanja. Apalagi kalau temanmu ini lebih sering berbelanja di tempat yang sedang kamu kunjungi dan lebih tau tempat yang recommended untuk berbelanja. Jadi kamu nggak perlu pusing muter-muter buat belanja lagi deh.

Nah, itu dia tips dari yukepo buat kamu biar nggak bangkrut saat berbelanja di tempat wisata. Berwisata itu 'kan salah satu tujuannya agar kita fresh kembali setelah melakukan rutinitas sehari-hari, bukan berarti kita harus menghambur-hamburkan uang, yang penting kan kualitas liburannya. Jadi, selamat mencoba ya. Say yes to belanja hemat!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES