7 Tanaman Alami ini Ampuh Usir Nyamuk. Nggak Perlu Obat Berbahan Kimia Lagi

31 Agustus 2017
|Chandra W.
0SHARES

Lelah beraktivitas seharian, malam hari adalah waktunya beristirahat bagi orang-orang pada umumnya. Kenyamanan beristirahat malam hari ditentukan oleh banyak faktor. Mulai dari kebersihan tempat tidur, suara di sekitar, dan kebebasan dari hewan pengganggu yang suka bikin kesal. Apa lagi kalau bukan nyamuk.

Meskipun kita sudah membersihkan kamar, hewan yang berdenging ini masih saja berkeliaran. Selain mengganggu, beberapa jenis nyamuk juga berbahaya bagi kesehatan, lho. Kabar baiknya, kamu bisa mengusir hewan kecil pengganggu itu dengan beberapa jenis tanaman. Nggak perlu lagi beli obat semprot dan bakar. Cukup tanam di kebunmu, lalu boyong ke kamarmu!

1. Serai

Tanaman yang biasanya digunakan untuk penyedap masakan ini ternyata bisa juga untuk mengusir nyamuk juga karena kandungan citronella oil yang baunya segar bagi manusia, tidak disukai dengan hewan penyedot darah ini. Caranya mudah, kamu hanya perlu memotong-motong daun serai dan menggeprek sampai keluar minyak, tempatkan di wadah kecil di kamarmu. Lalu, ucapkan, "selamat tinggal nyamuk"!

2. Bunga lavender

Bunga ini memang sudah sejak lama ada di komposisi berbagai obat nyamuk baik bakar, semprot, maupun elektrik. Kalau kamu suka bunga dan punya hobi berkebun, tanam saja lavender di kebunmu. Selain wanginya dapat membuat rumahmu segar, kamu juga bisa membuat anti nyamuk alami dari bunga ini. Caranya dengan menyuling minyak lavender. Tapi kalau kamu anti ribet, kamu bisa langsung menggosokkan bunga lavender di kulitmu seperti lotion anti nyamuk.

3. Akar wangi

Jangan lihat dari penampilannya saja, walau bentuknya coklat kurus begitu, ternyata punya kandungan minyak atsiri. Minyak ini memiliki aroma kuat yang mampu mengusir nyamuk dan serangga pengganggu lainnya. Wujud akar wangi ini hanya seperti rerumputan biasa. Kamu bisa menanamnya di pot kecil lalu taruh di kamar atau memanennya lalu mengeringkan akar wangi di bawah sinar matahari. Setelah itu, letakkan ikatan beberapa batang di kamarmu.

4. Bunga geranium

Bunga yang di Indonesia lebih dikenal dengan nama tapak dara ini memiliki kandungan zat geraniol dan sitronelol yang juga beraroma kuat sekaligus dibenci nyamuk. Bunga ini banyak tumbuh liar di pekarangan atau di tepi jalan. Cukup kamu petik saja beberapa bunga dan letakkan di kamar untuk mengusir nyamuk.

5. Rosemary

Tanaman bernama cantik ini memiliki aroma kuat sejenis dengan minyak kayu putih dan minyak telon. Rosemary bisa ditanam di pot atau langsung di tanah. Nah, kamu bisa memilih menanamnya di pot kecil sekaligus untuk menghias interior rumah atau kamar dan mengusir nyamuk. Atau kamu bisa menggosokan bunganya di kulit seperti lotion anti nyamuk. Mudah, 'kan?

6. Bunga tahi ayam

Dari namanya saja kamu pasti bisa menebak kalau aroma bunga ini semerbak..... dan nggak enak. Bunga yang biasanya dijadikan tanaman pagar ini memang aromanya sangat kuat. Jangankan nyamuk, manusia saja kadang nggak tahan dengan baunya. Nggak perlu menanamnya di dalam rumah atau mengoleskannya ke kulit, kok. Cukup jadikan bunga ini sebagai tanaman pagar. Belum masuk rumah, nyamuk sudah ngibrit.

7. Bunga kecombrang

Bunga yang biasanya digunakan sebagai pelengkap masakan ini juga bisa mengusir nyamuk dengan aromanya yang khas. Cukup dengan menanam bunga kecombrang di sekitar rumah, nyamuk akan pergi tanpa perlu disemprot obat.

Sudah punya salah satu dari tujuh tanaman di atas? Jika sudah ada, saatnya basmi nyamuk sekarang juga! Kalau bisa pakai yang alami, kenapa harus pakai obat-obatan buatan yang berbahan kimia?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES