7 Skill yang Dibutuhkan Saat Pertama Kali Merantau. Biar Survive Lahir Batin!

12 November 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Kamu baru pertama kali merantau dan hidup mandiri juh dari keluarga? Masih pusing dengan sering homesick karena baru nyadar ternyata hidup sendiri itu rempong banget? Tenang, kamu nggak sendiri. Banyak kok orang-orang di luar sana yang mengalami pengalaman serupa, yaitu gelagapan dengan kemampuan sendiri saat merantau. Nah, biar kamu siap lahir batin menghadapi kenyataan hidup, kamu harus punya skill berikut biar bisa survive di perantauan!

1. Skill yang bikin kamu mampu bertahan hidup di tanah perantauan: memasak

Kayaknya nggak ada manusia yang hidup yang nggak butuh makan. Tapi di zaman yang udah canggih seperti sekarang ini, semuanya bisa serba mudah dan cepat. Kalau nggak mau repot, tinggal beli aja makanan di luar. Namun ada kalanya beli makan di luar justru bikin boros, sehingga masak sering jadi andalan para perantau. At least kamu harus bisa masak mie instan, masak nasi, goreng telur, bikin nasi goreng, atau tumis-tumisan yang simple. Jadi sebelum merantau, terjun ke dapur dan belajar masak dulu, ya!

2. Kemampuanmu beres-beres kamar jadi makin terasah selama merantau

Nggak bisa dipungkiri, ketika hidup sendiri dan dituntut untuk mandiri, kamu pun akan paham bahwa beres-beres itu susah. Apalagi kamu yang memang dasarnya suka berantakan, suatu hari kamu akan tergerak untuk membereskan kamarmu karena udah nggak sanggup lagi lihat kapal pecah. Kamu harus bisa menyapu, ngepel lantai, membereskan ruangan, melipat pakaian di lemari, membersihkan kamar mandi, merapikan kasur, membereskan meja belajar, dan sebagainya. Capek, pasti. Tapi setelah melakukannya bakalan puas banget!

3. Cuci mencuci bakalan jadi hal yang biasa ketika kamu hidup di perantauan

Bagi kamu yang berprinsip ‘nge-laundry ajah’, bukan berarti kamu bisa terbebas dari keharusan untuk cuci-mencuci. Minimal kamu juga harus bisa mencuci pakaian dalam sendiri. Kalau kamu nggak mau nge-laundry karena lumayan mahal, kamu harus belajar nyuci baju sendiri, nyuci sepatu, nyuci tas, hinga cuci piring. Nggak mungkin dong habis makan piringnya mau kamu laundry? Maka dari itu, kamu harus tahu detergen atau sabun apa yang bagus, teknik mencuci, sampai memilih sikat atau spons yang mantap. Siap kan?

4. Serba bisa, hingga benerin perkakas ala McGyver juga kamu harus sanggup

Kebayang nggak suatu hari nanti ketika kamu merantau, kamu harus bisa hal-hal yang sebelumnya nggak pernah kamu lakukan di rumah. Misalnya mengganti bohlam sendiri, memasang paku di dinding, bersihkan kipas angin, merawat kulkas, benerin antena TV yang gambarnya rusak, menambal pipa atau atap yang bocor dan masih banyak lagi. Mungkin nggak semuanya akan terjadi atau kamu lakukan. Kamu juga masih bisa minta bantuan orang lain. Tapi kamu juga harus siap kalau suatu saat ga ada yang bisa menolongmu kecuali dirimu sendiri.

5. Belanja kebutuhan ternyata perlu skill khusus yang harus kamu pahami dan terapkan

Waktu masih di rumah, mungkin kamu nggak kepikiran bahwa belanja itu pusingna minta ampun. Ke supermarket sama orang tua bisa bebas mengambil apapun yang kamu inginkan. Tapi kalau kamu udah hidup mandiri dan merantau, ke supermarket atau ke mall mungkin akan lebih lama karena kamu harus menghitung budget kamu biar nggak mendadak miskin setelah belanja. Ketika belanja di pasar tradisional pun kamu harus punya skill menawar yang mumpuni agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Susah-susah gampang, nih!

6. Siap-siap kalau harus jadi kuli dadakan untuk diri sendiri

Kuli dadakan di sini maksudnya adalah kamu jadi tukang angkat barang untuk dirimu sendiri. Misalnya angkat gallon air minum, angkat barang-barang perkakas di kamar, bersihkan sampah sendiri, dan banyak hal-hal tak terduga lainnya yang mau nggak mau kamu harus siap. Di samping itu, kamu nggak bisa seenaknya minta bantuan orang lain, apalagi yang belum kamu kenal. Makanya kamu harus siap dengan kondisi di mana kamu akan capek karena melayani dirimu sendiri. Percaya deh, saat merantau kamu jadi bisa lebih tangguh!

7. Hidup merantau juga butuh skill bertetangga agar kamu bisa survive dengan aman

Satu lagi skill yang termasuk ke dalam soft skill selama merantau, yaitu bertetangga. Kenapa disebut kemampuan? Karena nggak semua orang bisa dengan mudah mengasah skill ini. Kebayang nggak kalau kamu orangnya cuek bebek, nggak mau tahu lingkungan sekitar, dan nggak peduli siapa tetanggamu? Kalau ada apa-apa, kamu tahu akan minta bantuan ke siapa. Jadi jangan sampai kamu acuh tak acuh dengan tetangga di sekitar tempat tinggalmu saat di perantauan. Minimal tahu orangnya dan pernah ngobrol. Kalau bisa minta kontaknya juga, ya!

Gimana, udah lebih siap merantau? Atau kamu malah takut? Tenang aja, merantau itu nggak sulit. Skill di atas akan terasah dengan sendirinya kalau kamu mampu jadi orang yang mandiri. Semangat!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES