7 Skill ini Buatmu Lebih Pede Saat Belajar Nyetir Mobil. Biar Cepet Bisa!

05 September 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Tuntutan jaman modern seperti saat ini, membuat kita harus memiliki kemampuan dasar yang memadai. Kalau dulu kemampuan dasar seseorang minimal adalah baca tulis, kini banyak orang yang berkeinginan untuk dapat menyetir mobil.

Kemampuan ini memang sangat menunjang kehidupan, terutama bagi kamu yang memang akan berencana mengendarai mobil sehari-hari. Nah, kalau kamu baru belajar nyetir, kamu harus tahu nih skill apa aja sih yang dibutuhkan agar kamu lihai di jalan?

1. Kenali dulu fitur yang ada di dashboard

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami fitur-fitur yang ada di dashboard, seperti wiper, lampu, sein, dan beberapa additional button lainnya. Beberapa mobil dilengkapi juga dengan tombol audio control di setirnya dan tombol untuk mengatur spion. Perlu juga kamu ketahui di mana tombol membuka kap bensin, AC, dan tombol lainnya yang ada di dashboard. Terkadang ada mobil yang letak fiturnya berbeda satu sama lain, lho.

2. Latihan kopling dan masukin gigi satu

Kalau kamu ingin belajar mobil dengan transmisi manual, tentu kamu harus belajar kopling. Kamu harus bisa menyesuaikan menginjak pedal kopling yang kemudian kamu harus langsung masuk ke gigi satu atau berpindah gigi. Selain itu, kamu juga harus bisa menyesuaikan kapan harus melepaskan kopling dan menginjak gas. Tentunya kaki kananmu harus dikondisikan untuk selalu berada di antara pedal gas atau rem, sementara kaki kiri hanya untuk kopling.

3. Latihan di jalan yang menanjak

Salah satu hal yang menjadi momok bagi kamu yang baru belajar nyetir adalah jalan yang menanjak. Entah itu jalan tol, jalan puncak, atau bahkan tanjakan di basement parkiran gedung. Kamu harus belajar mengatur rem tangan, kopling, dan gas. Sebaiknya kamu mengandalkan rem tangan, dan lepaskan perlahan ketika akan maju sambil menginjak gas. Coba juga untuk belajar gimana kalau macet di tanjakan, agar kamu bisa lebih mantap.

4. Latihan lewat gang yang sempit

Keterampilan dalam menyetir bisa diuji ketika kamu harus melewati jalan yang sempit. Di sinilah kamu bisa mendapatkan “feeling” dari menyetir. Apalagi kalau kamu belajar menyetir dengan mobil yang nantinya akan sering kamu gunakan. “Feel” menyetir ini bisa kamu dapatkan ketika kamu tahu patokan dari mobilmu tersebut, karena beda tipe mobil tentu beda patokannya, 'kan? Jadi belajar di jalan yang sempit akan mengasah kemampuan spasialmu.

5. Latihan putar balik atau U turn

Di jalan, kamu pasti sering melihat putaran balik atau U turn. Nah, menyetir di jalan yang seperti ini juga ada tekniknya. Lebar pembatas jalan dan putaran balik tentu berbeda pula penaksirannya. Kalau di U turn yang lebar mungkin agak lebih mudah, tapi kalau di U turn yang sempit serta pembatas jalan yang kecil, kamu bisa aja harus maju mundur cantik dulu baru bisa belok. Belum lagi kalau harus tunggu-tungguan dengan pengguna jalan lainnya, 'kan?

6. Latihan parkir di berbagai kondisi

Nggak boleh dilewatkan nih karena cukup esensial, yaitu belajar parkir. Kamu harus bisa memarkirkan mobilmu dengan berbagai cara, tergantung situasinya. Cobalah belajar parkir biasa, parkir mundur, parkir paralel, atau bahkan parkir di tanjakan. Dengan belajar parkir di berbagai situasi kamu akan lebih siap menghadapi bermacam-macam kondisi lahan parkir. Belajar parkir nggak sulit kok, apalagi kalau mobilmu dilengkapi sensor atau kamera.

7. Coba di komplek rumah hingga jalan tol

Kalau semua latihan di atas udah kamu kuasai, kamu udah boleh nih mencoba di komplek rumah, jalan raya, lalu coba juga di jalan tol. Kalau kamu baru menyetir di jalan tol, menyetirlah di sebelah kiri atau jalur lambat karena kamu masih baru bisa menyetir. Kamu juga bisa latihan terus setiap minggu untuk memperlancar skill menyetirmu sampai kamu pede di menyetir di jalan raya sendirian.

Nah itulah tadi berbagai skill yang harus kamu kuasai sebelum turun ke jalan dengan mengendarai mobilmu. Oh iya, semua skill di atas akan percuma kalau kamu nggak punya SIM A. Makanya harus bikin SIM dulu ya, baru boleh menyetir di jalan. Nggak perlu terburu-buru, yang penting kamu harus tetap hati-hati, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES