7 Scrub Alami untuk Kulit Berjerawat. Praktis, Murah, dan Bikin Wajah Mulus!

21 Oktober 2017
|Olphi Disya
Tips
0SHARES

Pasti sebel 'kan dengan kulit yang berjerawat? Daripada kamu bete dan coba produk sana-sini yang belum tentu aman, mendingan kamu coba perawatan dengan scrub berbahan alami berikut ini. Scrub berfungsi untuk mengikis sel kulit mati di lapisan terluar kulit serta menutrisi bagian dalam kulit. Membuat wajahmu jadi nggak gampang jerawatan dan noda bekas jerawat pun tersamarkan. Dicatat dan dicoba ya cara-caranya!

1. Scrub madu dan gula

Gula pasir dipercaya ampuh digunakan sebagai scrub alami untuk semua jenis kulit, termasuk yang berjerawat. Ditambah dengan madu yang mengandung vitamin C dan asam amino untuk mencegah terjadinya infeksi kulit. Begini caranya, guys.

- Campurkan dua sendok teh madu dan dua sendok teh gula pasir.

- Oleskan pada wajah secara merata lalu pijat dengan lembut.

- Biarkan selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

- Lakukan 2-3 kali seminggu.

2. Scrub oatmeal

Oatmeal nggak hanya sehat untuk dijadikan menu sarapan, tapi juga bisa membantu mengatasi kulit yang berminyak sehingga menyebabkan jerawat membandel. Kamu bisa gunakan scrub ini dengan cara berikut.

- Campurkan dua sendok makan oatmeal dan air.

- Oleskan pada wajah dan gosokkan secara perlahan.

- Biarkan selama 5-6 menit lalu bilas dengan air bersih.

- Lakukan 2-3 kali seminggu.

3. Scrub almond dan minyak zaitun

Kombinasi antara almond dan minyak zaitun yang banyak manfaatnya untuk kulit memang terbukti ampuh untuk membuat kulit jadi lebih halus serta lembap. Jadi, kamu bisa mengandalkan scrub ini nih untuk mengurangi jerawat.

- Tumbuk dan haluskan kacang almond yang telah disangrai.

- Campurkan dengan minyak zaitun secukupnya.

- Balurkan pada wajah dan gosokkan secara perlahan sambil dipijat.

- Biarkan selama 5 menit dan bilas dengan air bersih.

-          Lakukan 2-3 kali seminggu

4. Scrub bubuk kopi

Selain berkhasiat untuk mengurangi jerawat, bubuk kopi juga mampu mengurangi kerutan di wajah sehingga kamu bisa tampak lebih muda, lho. Pilih bubuk kopi asli tanpa gula ya biar nggak disemutin. Hehehehe. Lalu lakukan cara di bawah ini.

- Campurkan satu sendok makan kopi bubuk, satu sendok teh minyak zaitun, dan air secukupnya.

- Aduk hingga merata dan bertekstur seperti pasta.

- Oleskan pada wajah dan pijat secara perlahan.

- Biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih.

- Lakukan 2-3 kali seminggu.

5. Scrub garam dan minyak zaitun

Garam terkenal untuk membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati yang menumpuk. Sel-sel kulit mati tersebut akan membuat wajahmu jadi nggak rentan berjerawat sehingga ada baiknya kamu lakukan scrub untuk menghilangkannya. Caranya mudah banget, kok!

- Campurkan satu sendok makan garam, ½ cangkir air, dan minyak zaitun secukupnya.

- Oleskan pada wajah dengan memijat dan menggosoknya perlahan.

- Biarkan selama beberapa menit sampai terasa meresap di wajah.

- Bilas dengan air hangat.

6. Scrub tepung maizena dan yogurt

Tepung jagung atau maizena dipercaya dapat menyerap minyak berlebih di wajah. Kulitmu pun jadi nggak mudah berjerawat dan terasa lebih halus. Scrub kayak gini terksturnya mirip dengan masker wajah. Ikuti caranya, yuk.

- Campurkan dua sendok makan tepung maizena, satu sendok makan perasan lemon, dan satu sendok teh plain yogurt.

- Oleskan pada wajah dan gosokkan secara perlahan sambil dipijat.

- Biarkan hingga 5 menit bilas dengan air bersih.

- Lakukan 2-3 kali seminggu.

7. Scrub garam dan lemon

Perpaduan antara garam yang bermanfaat untuk melunturkan sel-sel kulit mati di wajah dan lemon yang kaya akan vitamin C, bikin wajahmu nggak hanya bebas jerawat tapi juga glowing. Bisa juga untuk jerawat di tubuh, lho. Makanya coba di rumah ya.

- Campurkan dua sendok makan garam laut, ½ sendok makan perasan lemon, dan satu putih telur.

- Oleskan ke wajah dan gosokkan secara perlahan.

- Biarkan selama beberapa menit hingga mengering.

- Bilas wajah dengan air hangat.

Praktis dan bisa kamu lakukan dengan bahan-bahan di rumah ,'kan? Kalau kamu rajin melakukan perawatan berbahan alami di atas, dijamin jerawat nggak akan berani mampir ke kulitmu yang udah mulus!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES