7 Saran Ini Pas Buatmu yang Ikutin Tren Hidup Minimalis. Anak Muda Banget!

23 Desember 2017
|Dwi Ayu Silawati
2.7 KSHARES

Kata minimalis sudah menjadi kosa kata yang familiar bagi peselancar internet zaman kekinian. Mulai dari dekorasi hingga gaya hidup. 

Gaya hidup minimalis ini mengajarkan kita untuk hidup sederhana dan berusaha mengurangi ketergantungan kita terhadap barang-barang. Kalau di negara barat, beberapa orang yang mengikuti tren hidup minimalis ini bahkan memutuskan tinggal di van (kendaraan) yang dimodif seperti rumah berjalan. Kalau seperti ini, susah diterapkan di Indonesia.

Tapi tenang, masih ada beberapa tips dari tren gaya hidup minimalis yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari yang mudah dulu yuk!

1. Mulai bersihkan lemarimu

Lemari kamu pasti sudah penuh banget, 'kan? Coba cek deh, pasti kamu menemukan kaus, kemeja, celana, atau terusan yang ternyata kamu bahkan lupa kalau pernah beli, entah karena kekecilan atau terlalu besar. Nyatanya baju-baju itu cuma pernah kamu kenakan sekali atau bahkan belum pernah.

Tanya pada dirimu sendiri, apakah kamu akan menyimpannya, membiarkannya tersimpan di lemari tanpa ada gunanya untukmu. Begitu juga dengan buku, apakah kamu akan membaca lagi buku yang sudah selesai kamu baca? Sepertinya tidak juga, 'kan? Nah, mulai deh kamu pilah dan sisihkan, berikan pada temanmu, atau sumbangkan ke pihak yang membutuhkan. 

2. Beli barang yang benar-benar kamu butuhkan

Ketika berbelanja di mall, kamu pasti sering diterpa godaan untuk membeli barang yang lucu bukan main. Kalau suda kena virus "Beli dulu aja, dipakenya bisa kapan-kapan", pasti susah buat menahan. 

Kalau begini terus, lama-lama barang lucumu ini hanya bisa menumpuk dan nggak terpakai di kamar. Mulai sekarang, ketika belanja bedakan mana yang cuma keinginan atau memang kebutuhan.

3. Membeli barang yang benar-benar berkualitas

Ini bisa kamu lakukan untuk mengurangi kuantitas barang yang kamu punya. Dengan membeli barang yang berkualitas, kamu bisa menghemat banyak pengeluaran. Karena yang abal-abal bisa rusak setelah masa pakai tertentu. Akhirnya uang yang kamu habiskan untuk membelinya terbuang sia-sia. Lebih baik mahal di awal, tetapi punya manfaat jangka panjang, 'kan?

 

4. Beralih ke perangkat digital

Memang sih membaca buku yang dicetak lebih nyaman dibandingkan membaca di tablet atau smartphone. Begitu juga dengan foto, kadang kita ingin sekali mencetak foto-foto kita dan meletakkannya di pigura, menggantungnya di dinding, dan lain-lain. Ya, itu sah-sah saja sih. Asalkan tidak terlalu banyak. Cobalah untuk mengurangi penggunaan kertas dan beralih ke mode digital. 

5. Tata kembali meja kerja

Ini nih, tanpa kita sadari sebenarnya banyak dari kita yang menganggap meja kerja itu kalau bisa diisi dengan barang-barang yang bisa memotivasi proses kerja atau belajar kita. 

Sebenarnya, itu malah mendistraksi kita. Para minimalis cenderung punya meja kerja yang cukup hanya untuk menaruh laptop, mouse, buku catatan kecil, dan cangkir minum, tanpa ada barang-barang lain seperti kotak pensil atau majalah-majalah supaya terlihat artistik. 

6. Pilih barang yang multifungsi dan hemat tempat, nggak sekadar lucu

Para minimalis biasanya tinggal di ruang yang terbatas atau secukupnya. Mereka akan membeli tempat tidur lipat daripada tempat tidur besar yang memakan tempat. Begitu juga dengan dapur dan toilet, yang penting bersih dan bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Mulai sekarang, coba pilih perabot karena fungsinya deh, jangan karena warna atau bentuknya yang bagus saja. 

Salah seorang minimalis yang bernama Fumio Sasaki melalui The Guardian punya kutipan yang bagus.

“Menurutku mengatakan selamat tinggal pada barang bukan hanya meltih kita menjadi lebih rapi dan bersih. Menurutku, itu adalah latihan untuk mempelajari arti kebahagiaan yang sebenarnya.”

Wah, menurut pengalaman Fumio Sasaki ini memang ia menemukan kebahagiaan di balik kesederhaan hidupnya sekarang. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
2.7 KSHARES