7 Resep Sambal Khas Indonesia yang Bikin Makan Makin Meriah

www.malaysianchinesekitchen.com

Bagi orang Indonesia, rasanya ada yang kurang kalau makan tidak pakai sambal! Maklum, hampir semua daerah di Indonesia memiliki sambal sebagai makanan khasnya. Buat kamu yang suka makan sambal, yuk simak 7 resep sambal khas Indonesia ini yang harus kamu coba!

1. Sambal Bajak

68.media.tumblr.com

Membuat sambal khas Indonesia ini sebenarnya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

5 buah cabai merah keriting atau sesuai selera

2 butir bawang merah

1 buah tomat merah

Minyak untuk menumis

Terasi secukupnya, sangrai terlebih dahulu

2 sendok makan gula merah

2 sendok makan air asam jawa

Garam secukupnya.

Cara Membuatnya:

Tumislah cabai merah, bawang merah, dan tomat utuh,

Setelah terlihat layu, tiriskan minyaknya dan tuang ke atas cobek atau ulekan.

Tambahkan terasi, gula merah, dan garam, lalu haluskan sambil disirami air asam jawa.

Jadi deh sambal khas Jawa Tengah ini. Makan sama ayam goreng, wuah, mantap!

2. Sambal Bawang

www.djagosambal.com

Buat kamu yang suka pedas maksimal, berarti kamu harus coba sambal bawang! Bahan-bahan yang harus disiapkan pun cukup sederhana, yakni :

7 cabai rawit merah segar; jumlah cabai bisa dilebihkan sesuai selera

3 siung bawang putih

1 butir bawang merah

Gula dan garam secukupnya

3 sendok makan minyak goreng untuk menumis.

Cara Membuatnya:

Tumis cabai dan bawang dalam minyak yang panas. Jika sudah mulai layu, tiriskan sejenak cabai dan bawang tersebut.

Siapkan cobek dan ulekan yang akan digunakan, lalu haluskan cabai dan bawang yang sudah ditumis

Tambah gula serta garam secukupnya. Jadi, deh, sambal bawangnya!

Setuju gak kalau pasangannya yang paling pas adalah bebek goreng?

3. Sambal Dabu-Dabu

www.pesanbungkus.com

Sambal yang satu ini merupakan sambal mentah khas dari tanah Manado. Bahan dan cara membuatnya juga tergolong mudah!

Bahan yang diperlukan di antaranya:

4 buah cabai merah besar, iris bulat

5 buah cabai rawit hijau, iris bulat

5 butir bawang merah, iris tipis

1 buat tomat merah, buang bijinya dan potong kotak

1 sendok teh garam

sendok teh gula pasir

1 sendok teh air jeruk nipis

5 sendok makan minyak goreng, panaskan.

Cara Membuatnya:

Iris seluruh bahan-bahan tersebut dan tuangkan pada sebuah mangkuk.

Siramkan air jeruk nipis ke dalamnya, aduk-aduk sampai rata.

Terakhir, panaskan minyak goreng dan tambahkan ke dalam mangkuk.

Wah, baru ngebayangin makan sambal ini bareng ikan bakar Manado aja udah bikin ngiler ya!

4. Sambal Tomat
www.djagosambal.com

Meski mirip dengan sambal bajak, sambal tomat rasanya lebih segar, asin, dan gurih dibanding sambal bajak. Kalau ingin mencicipi perbedaannya, kamu bisa nih mencoba membuatnya sendiri. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal khas Indonesia ini, yaitu:

7 buah cabai merah, atau sesuai selera

3 butir bawang merah

2 siung bawang putih

1 buah tomat

1 sendok teh terasi, bakar atau sangrai terlebih dulu

Garam dan gula secukupnya

Minyak goreng

Langkah Membuatnya:

Goreng cabai, bawang, dan tomat dalam minyak panas sampai layu. Angkat dan tiriskan

Siapkan cobek dan ulekan. Masukkan garam, gula, dan terasi.

Tambahkan cabai, bawang, dan tomat yang sudah digoreng. Ulek sampai halus.

5. Sambal Nanas
i.pinimg.com

Kalau sambal khas Indonesia yang ini sih rasanya pedas dan segar. Bikinnya pun cukup mudah kok!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

1/2 Buah nanas kupas, cuci bersih dan potong-potong.

1 Sendok teh terasi bakar.

2 Siung bawang putih yang dikukus.

5 Buah cabai rawit merah yang sudah dikukus.

3 Buah cabai merah keriting yang sudah dikukus.

1 Sendok makan air jeruk limau.

Garam dan gula sesuai selera.

Cara Membuatnya:

Blender bahan yang sudah dikukus, tambahkan garam, gula dan terasi.

Masukkan potongan nanas dan air jeruk limau, blender kasar agar tak terlalu halus.

Keluarkan dari blender, masukkan dalam wadah, dan hidangkan.

6. Sambal Ijo

masakrendang.files.wordpress.com

Wah, kalau sambal yang satu ini sih hidangan wajib kalau makan di restoran Padang! Yuk simak resep sambal ijo yang lezat ini:

250 Gram cabai hijau besar

50 Gram cabai rawit hijau

5 Buah bawang merah

3 Siung bawang putih

2 Buah tomat hijau

1/2 Sendok teh air jeruk nipis

Gula dan garam secukupnya

Minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya:

Kukus cabai besar + rawit, bawang merah + putih dan tomat, kurang lebih 5 menit

Ulek kasar bahan yang sudah dikukus tadi

Tumis sambal ijo yang sudah diulek kasar tadi hingga harum

Tambahkan garam, gula dan air jeruk nipis

Aduk dan masak hingga tercampur rata dan matang

7. Sambal Mangga

scontent.cdninstagram.com

Seperti sambal nanas, sambal khas Indonesia yang satu ini menciptakan sensasi asam manis tersendiri lho. Yuk cek cara bikinnya:

Bahan-bahan:

2 buah mangga muda, potong korek api

6 buah cabai merah keriting, bisa disesuaikan selera

3 buah cabai rawit merah, bisa disesuaikan selera

1 sendok makan gula merah

Garam dan terasi secukupnya

Air sedikit saja

Cara membuatnya: 

Kupas dan iris mangga muda sebesar ukuran korek api. Jika ingin lebih tebal atau lebih tipis juga bisa.

Ulek cabai, gula merah, garam, dan terasi sampai halus.

Tambahkan sedikit air supaya sambal nggak kering. Sedikit saja, kira-kira 1 sendok makan.

Masukkan mangga muda ke dalam cobek. Aduk rata sampai semua tercampur dengan sambal.

Dari sekian banyak jenis sambal, mana nih sambal khas Indonesia yang bakal kamu pilih buat campuran nasimu? Tunggu apalagi, yuk coba 7 resep sambal khas Indonesia di dapurmu!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
27 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami, Murah Meriah Tanpa Efek Samping! - Keepodotme

27 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami, Murah Meriah Tanpa Efek Samping! - Keepodotme

Ternyata, Sariawan Ada 6 Macam Lho. Yuk Cari Tahu Cara Nyembuhinnya yang Cepat!

Ternyata, Sariawan Ada 6 Macam Lho. Yuk Cari Tahu Cara Nyembuhinnya yang Cepat!

Beginilah Kalau Cowok Jurusan Matematika Pengen Ngegombalin Pacarnya. Rayuannya Maut Banget Karena Memakai Rumus Rumit - Keepodotme

Beginilah Kalau Cowok Jurusan Matematika Pengen Ngegombalin Pacarnya. Rayuannya Maut Banget Karena Memakai Rumus Rumit - Keepodotme

10 Godaan yang Bikin Diet Gagal Total. Tenang, Ini Tips Jitu Buat Mencegahnya!

10 Godaan yang Bikin Diet Gagal Total. Tenang, Ini Tips Jitu Buat Mencegahnya!

5 Lokasi Wisata di Sulawesi yang Jarang Dikunjungi tapi Bagaikan Surga - Keepodotme

5 Lokasi Wisata di Sulawesi yang Jarang Dikunjungi tapi Bagaikan Surga - Keepodotme

Ladies, Ini 8 Jenis Bra yang Perlu Kamu Punya. Fungsi dan Bentuknya Beda!

Ladies, Ini 8 Jenis Bra yang Perlu Kamu Punya. Fungsi dan Bentuknya Beda!

loading