7 Resep Olahan Kentang, Biar Diet Makin Semangat!

04 Mei 2018
|vony zamrudiyah
0SHARES

Kentang merupakan salah satu bahan wajib buat kamu para pelaku diet, kentang mengandung banyak kalsium dan protein yang baik untuk tubuh. Kentang sangat mudah di olah menu diet yang lezat dan tetap rendah kalori. Kentang menjadi sumber karbohidrat pengganti nasi yang bisa memberi rasa kenyang lebih lama. 

Sebagai pelaku diet, pasti kamu akan bosan apabila hanya menyantap kentang yang direbus terus-menerus saja. Disini kamu bakalan menemukan berbagai resep olahan kentang yang lezat dan bikin kamu makin semangat menjalani dietmu. Berikut adalah 7 resep olahan kentang paling populer untuk kamu, yuk kepoin!

1. Mashed potato

Mashed potato biasanya digunakan untuk mengganti nasi, jadi kamu bisa menikmatinya dengan tambahan lauk yang sesuai selera kamu, seperti chicken fillet, mushroom, sosis, dan masih banyak lagi.

Cara membuatnya simple, rebus kentang hingga matang lalu hancurkan, tumis kentang yang dihancurkan lalu tambahkan sedikit lada,keju,susu fullcream dan masak hingga mendidih.

Gak sampai 10 menit, mashed potato siap jadi hidangan lezat di pagi hari!

2. Potato wedges

Camilan potato wedges ini lagi booming di kalangan pelaku diet maupun enggak, banyak fastfood yang juga menjualnya. Untuk menghemat, kamu bisa membuat camilan lezat ini di rumah atau kos.

Cara membuatnya, potong wedges kentang yang sudah kamu rebus dan cuci bersih. Rendam potongan kentang di air garam selama 5 menit, lalu tata kentang di loyang beri sedikit lada,garam,oregano dan panggang dengan suhu 180 derajat selama 30 menit.

Hmm yummy wanginya sedap banget, cocol sama saus keju dan mayonise lebih lezat. Habis banyak pun nggak bakal bikin badan kamu melar!

3. Creamy soup potato ala fastfood

Cream soup potato sekilas mirip dengan mashed potato, namun cream soup potato memiliki cita rasa yang berbeda dan pastinya menggoyang lidah.

Cara memasaknya, panaskan minyak lalu tuang kentang yang sudah dihancurkan, bawang bombay, irisan beef, sayuran, susu cair, dan kaldu ayam. Masak selama 10 menit, dengan api sedang dan aduk sesekali.

Sajikan selagi hangat, tambahkan topping irisan daging dan daun bawang, yummy! 

4. Baked potato

Baked potato juga merupakan menu olahan kentang yang paling digemari para pelaku diet, kamu harus mencobanya.

Cara membuatnya cukup mudah, pilih kentang yang berukuran besar dan cuci hingga bersih karena kulitnya akan ikut di masak. Belah bagian atas kentang menjadi empat bagian namun jangan sampai putus, masukkan tumisan brokoli tambahkan sedikit lada. Masukkan kentang ke dalam alumunium foil dan oven selama 15 menit.

Baked potato siap mengenyangkan perutmu saat di landa lapar, santapan lezat ini bisa kamu nikmati kapanpun kamu mau!

5. Salad potato

Salad potato jadi menu santapan dessert yang gak boleh kamu lewatkan, membuatnya sangat simple but tasty. Cara membuatnya, potong dadu kentang yang sudah direbus, tambahkan yogurt, buah-buahan, sedikit garam dan lada kemudian tumis hingga merata. Simpan dalam lemari pendingin selama 15 menit atau seharian.

Salad potato siap di nikmati sambil menonton film kesukaanmu!

6. Gamja jorim khas korea

Gamja jorim ini jadi makanan kuliner paling favorit lHO di Korea, meski namanya sulit cara membuatnya cukup mudah ternyata. Langkah awal rebus baby potato dengan air yang udah ditambah garam dan lada hingga matang. Kemudian tumis bawang putih, baby potato, tambahkan madu, kecap manis, kecap ikan, minyak wijen, garam, gula, dan kaldu ayam. Masak hingga meresap. Sajikan dengan menambah wijen, wah gamja jorim siap buat hidangan super lezat yang rendah kalori buat kamu!

 

7. Nugget potato

Nugget potato bisa jadi menu andalan kamu buat santapan lezat di kosan, kamu pun bisa membuatnya dengan mudah. Pertama-tama hancurkan kentang yang sudah direbus, tambahkan garam, lada,b awang merah. Bentuk adonnan kentang menjadi persegi, celupkan ke kocokan telur dan balurkan ke tepung roti. Diamkan selam 30 menit di dalam freezer agar tepung roti melekat. Goreng hingga keemasan, dicocol sama saus sambal makin tasty!

Nugget potato siap di santap untuk bekal kamu, biarpun akhir bulan kamu tetap bisa makan lezat. Stok yang banyak ya nuggetnya di freezer!

8. Pie potato

Cara membuatnya mungkin butuh waktu lama, tapi pasti kamu NGgak akan kecewa dengan pie potato buatan kamu sendiri yang lebih lezat dan menggugah selera.

Langkah 1 : tumis kentang yang dihaluskan, daging ayam cincang, wortel, bawang bombay, susu, dan garam sampai matang.

Langkah 2 : membuat kulit pie caranya masukkan 250 gram tepung terigu, 150 gram mentega, 50 gram gula, 2 sendok makan susu bubuk, 1 butir telur, 50 gram keju, dan sedikit garam. Uleni adonan hingga kalis, simpan di lemari pendingin 30 menit.

Langkah 3 : pipihkan adonan kulit di cetakan pie yang sudah di olesi mentega lalu masukkan bahan isi dan tutup dengan adonan kulit pie. Masukkan ke dalam oven selama 45 menit dengan suhu 180 derajat.

Voila! Pie kentang siap disantap bareng kesayangan kamu.

Kini kamu nggak akan bosen lagi menjalankan program diet, karena resep olahan kentang di atas benar-benar jadi solusi tepat buat hidangan lezat dietmu. Kamu pun tak lagi merasa tersiksa saat melakoni diet tanpa nasi dan menjadi lebih berenergi karena menyantap makan sehat dari olahan kentang. Jadi, mau bikin olahan kentang apa besok?

Tetap pantang menyerah ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
vony zamrudiyah
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES