7 Ramuan Tradisional yang Manjur Sembuhkan Batuk. Cepet dan Tanpa Efek Samping!

hellosehat.com

Batuk memang penyakit yang dianggap sepela. Karena kamu tidak perlu sampai dirawat inap di rumah sakit. Namun, batuk adalah penyakit yang paling menyiksa karena menyerang saluran pernapasan.

Sering nggak bolos kuliah atau kerja dengan alasan batuk? Pasti banyak di antara kamu! Nggak dipungkiri, saat batuk aktivitasmu juga jadi terganggu. Kerjaaan dan tugas jadi terbengkalai. Bahkan kamu pun tak bisa tidur nyenyak.

Jika sudah mencoba obat batuk yang terjual di apotek selama berhari-hari tapi tak kunjung segera sembuh, nggak ada salahnya kamu coba resep ramuan tradisional. Untuk bahan dan khasiatnya, nggak usah diragukan lagi. Alami dan nggak ada efek sampingnya.

1. minumlah air hangat dan jeruk lemon ditambahin tetesan madu murni

kawaiibeautyjapan.com

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam jeruk lemon akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan virus yang menyebabkan batuk.

Cara membua simpel, kok. Tambahkan satu sendok makan madu dan dua sendok teh air lemon di dalam gelas. Konsumsi secara rutin dua kali sehari. Dijamin batuk-batuk langsung bhay!

2. Madu dan kayu manis, paduan manis yang pas seruput selagi hangat!

www.healthline.com

Madu yang dikombinasi dengan cengkeh mampu membantu mengurangi sakit batuk yang berkepanjangan. Cinnamon atau kayu manis mengandung zat flavonoid yang berfungsi meredakan gejala peradangan di tenggorokan.

Siapkan segelas air hangat, lalu masukkan 1 sendok makan madu dan 2 sendok makan bubuk kayu manis di dalam wadah yang sama. Setelah itu langsung siap untuk diminum!

3. Kombinasi sempurna dari kandungan madu alami dan susu ini bisa menghilangkan batuk dan membantu badan kamu kembali fit

www.dabur.com

Madu memang salah satu obat herbal yang sudah tersohor seluruh dunia, madu mengandung zat anti oksidan sehingga mampu mengusir virus yang ada dalam tubuh. Sedangkan kamu pasti tahu, susu merupakan sumber nutrisi yang memang sangat dibutuhkan untuk tubuh bahkan mengkonsumsi susu setiap hari mampu mengembalikan sistem kekebalan tubuh yang sedang drop. 

Cara membuat:

- Untuk anak: siapkan segelas susu hangat dan campurkan 2 sendok makan madu.

- Untuk dewasa dan ibu hamil: siapkan segelas susu hangat dan campurkan 4 sendok makan madu.

4. Teh hangat ditambahkan jahe bikin kamu merasa lebih semangat untuk memulai hari
www.zliving.com

Secangkir teh hangat yang dikombinasikan dengan jahe merah ini dipercaya mampu menghangatkan tenggorokan. Jahe mengandung zat ginerol yang berfungsi sebagai anti radang. Jahe juga mengandung minyak atsiri yang dapat menghangatkan tubuh dan mengurangi frekuensi batuk.

Seduhkan teh ke dalam segelas cangkir air panas, kemudian tambahkan irisan jahe merah yang sudah dicuci dan diiris tipis.

5. Rebusan bunga belimbing bisa hilangkan batuk yang disertai flu
id.pinterest.com

Bunga belimbing memilki kandungan kalium yang tinggi sehingga mampu meredakan batuk yang disertai flu.

Cara membuat:

- Masukkan segenggam bunga belimbing wuluh ke dalam air.

- Rebus sampai warna air berubah merah pekat.

- Saring air rebusan blimbing wuluh ke dalam wadah.

Supaya lebih maksimal, minum ramuan ini 2-3 kali sehari ya biar cepet sembuh.

6. Jus wortel dipercaya hilangkan batuk dalam waktu 2 hari. Nggak akan alasan lagi buat bolos kerja karena batuk

id.pinterest.com

Wortel memang kaya akan nutrisi, kandungan vitamin A dan vitamin C yang sangat tinggi mampu membantu membunuh virus yang bersarang di tubuh kamu. Cara membuatnya gampang kok, tinggal jus aja wortel yang sudah dicuci bersih terus tambahin 4 sendok makan madu alami.

Minum jus wortel 3-4 sendok makan sehari. Karena jus wortel ini akan membantu menggelontorkan virus yang ada di tenggorokkan selama 2 hari.

7. Rebusan air kencur ini dipercaya bisa hilangkan batuk dan bikin suaramu bagus bak penyayi papan atas lho

cookpad.com

Kencur memiliki kandungan minyak astiri yang mampu menghangatkan saluran pernafasan sehingga tenggorokan akan terasa lega dan dapat meredakan penyakit batuk. Seperti jahe, kencur juga memberi efek menghangatkan di tubuh sehingga kamu dapat tidur nyenyak.

Cara membuat:

- Siapkan 1 liter air mineral, rebus irisan kencur yang sudah dibersihkan terlebih dulu.

- Didihkan sampai air berubah warna putih seperti susu, tambahkan kayu manis sesuai selera.

- Minum 1 gelas setiap pagi dan malam hari.

Selain mampu menghilangkan batuk membandel, rebusan air kencur ini termasuk rahasia para penyanyi agar suaranya tetap bagus!

Terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan kimia, bisa bikin penyakit kamu semakin kebal. Efek samping yang ditimbulkan pun beragam, seperti mual dan rasa ngantuk tak tertahankan. Bisa gawat dong buat kamu yang punya segudang aktivitas kalau waktunya tersita untuk tidur seharian.

Ramuan obat tradisional ini bisa jadi pilihan mujarab buat atasi sakit batuk, karena dipilih dan diracik dari bahan alami. Biar pun kamu meminumnya tiap hari, nggak akan menimbulkan efek samping sama sekali. Obat-obatan berbahan herbal nggak selamanya ribet kok bikinnya. Kayak list yang di atas.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
15 Inspirasi Gaya dengan Pattern Pants Ini Buatmu Jadi Modis Seketika. Cakep Bener!

15 Inspirasi Gaya dengan Pattern Pants Ini Buatmu Jadi Modis Seketika. Cakep Bener!

Masa Depan Itu Rahasia Tuhan. Buang Jauh Rasa Cemasmu dengan 8 Selingan Ini

Masa Depan Itu Rahasia Tuhan. Buang Jauh Rasa Cemasmu dengan 8 Selingan Ini

10 Tema Dekorasi Tropical Ini Bisa Diusung di Kamarmu! Terlihat Segar dan Meriah!

10 Tema Dekorasi Tropical Ini Bisa Diusung di Kamarmu! Terlihat Segar dan Meriah!

Tanpa Bayar Gym Mahal, Olahraga Aja di Rumah dengan Tutorial Gratis Ini!

Tanpa Bayar Gym Mahal, Olahraga Aja di Rumah dengan Tutorial Gratis Ini!

Cantik Tak Terbantahkan, 10 Gaya Kasual Pevita Pearce Ini Bikin Semakin Terpesona

Cantik Tak Terbantahkan, 10 Gaya Kasual Pevita Pearce Ini Bikin Semakin Terpesona

7 Cara Cegah Pelecehan Seksual di Tempat Kerja. Jangan Sampai Jadi Korbannya!

7 Cara Cegah Pelecehan Seksual di Tempat Kerja. Jangan Sampai Jadi Korbannya!

loading