7 Ramuan Sederhana untuk Tamengi Tubuh di Musim Pancaroba

www.pexels.com

Di musim pancaroba seperti sekarang, kondisi cuaca seringkali tidak menentu. Panas matahari menyengat di siang hari, tiba-tiba hujan mengguyur dengan deras. Menurut pendapat para ahli, kondisi semacam ini bisa memicu perkembangbiakan bakteri dan mutasi virus di lingkungan kita.

Kedengarannya mengerikan ya, guys. Tak heran, di musim pancaroba banyak orang yang terjangkit penyakit menular seperti pilek, demam, panas dalam, sakit tenggorokan, masuk angin dan lainnya. Jika terserang penyakit tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari dan mengurangi produktivitas.

Oleh karena itu, di musim pancaroba ini sebaiknya kamu pandai-pandai menjaga kesehatan. Dengan mengonsumsi minuman ini, ramuan sederhana ini bisa bikin tubuhmu tetap fit di musim yang nggak tentu.

1. Wedang jahe dan khasiatnya yang baik untuk tubuh

www.pexels.com

Wedang jahe adalah salah satu ramuan yang dikenal di masyarakat Indonesia. Minuman ini bisa dibilang ramuan tradisional yang telah diwariskan turun temurun dari nenek moyang kita terdahulu. Wedang jahe cocok dikonsumsi di musim pancaroba ini. Khasiatnya baik untuk menjaga sistem pencernaan, menyegarkan pernafasan, menjaga sirkulasi darah, hingga menurunkan demam.

Cara membuat wedang jahe juga gampang. Cukup siapkan beberapa ruas jahe dan serai dan merebusnya dalam air mendidih. Agar rasanya menjadi lebih manis enak, kamu bisa menambahkan gula aren. Minuman ini siap disajikan selagi panas dan hangat.

 

2. Wedang temulawak untuk menghempas kolesterol jahat

de.depositphotos.com

Temulawak adalah salah satu rempah herbal dengan jutaan khasiat bagi tubuh. Menurut berbagai penelitian, akar temulawak membantu menambah nafsu makan, mengatasi gangguan pencernaan dan mengatasi kolesterol jahat. Selain membeli di penjual jamu gendong, kamu juga bisa membuat wedang temulawak sendiri di rumah.

Caranya membuat:

- Iris tipis 100 gram temulawak

- Sangrai di atas api kecil bersama 50 gram beras kencur

- Masukkan 40 gram asam jawa dan 20 gram jintan ke dalam blender

- Tambah 100 ml air ke dalam blender

- Rebus semua bahan hingga mendidih

- Tambah gula aren dan beberapa lembar daun pandan untuk aroma yang lebih nikmat

3. Wedang serai biar badan lebih rileks

www.vix.com

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, serai bisa diolah sebagai ramuan kesehatan di musim pancaroba. Kandungan citronella-nya dipercaya mampu membuat badan menjadi lebih rileks dan segar. Di musim pancaroba ini tidak ada salahnya menjadikan wedang sereh sebagai minuman saat bersantai di sore hari.

Cara membuat:

- Siapkan 3 batang serai, memarkan ujungnya

- Rebus dengan setengah liter air hingga mendidih

- Tambah beberapa lembar daun jeruk dan gula batu sesuai selera

4. Bandrek, minuman hangat khas Sunda
www.yukepo.com

Bandrek adalah salah satu minuman tradisional khas Jawa Barat. Selain sebagai minuman kesehatan, bandrek juga banyak dinikmati sebagai minuman pendamping saat ngemil di sore hari. Kenikmatan bandrek tercipta dari campuran jahe, gula aren, kayu manis, cengkeh, daun pandan dan garam.

Selain nikmat, bandrek juga berkhasiat untuk bagi tubuh. Cocok untuk menjaga kesehatan dan stamina, juga sangat pas diminum di musim pancaroba seperti sekarang. Beberapa khasiat bandrek antara lain mencegah kanker, mengatasi sakit gigi, menurunkan tekanan darah, meringankan gejala batuk dan menghangatkan tubuh.

5. Serbat asam jawa untuk menyembuhkan batuk
www.yukepo.com

Serbat asam jawa adalah salah satu ramuan yang efektif menyembuhkan batuk dan sakit tenggorokan. Minuman ini juga mudah dibuat. Kamu cukup merebus air perasan asam jawa sebanyak 20 gram dan menyeduhnya dengan air panas. Tambahkan gula aren atau gula batu sesuai selera, ramuan hangat ini siap diinkmati!

6. Kunyit asam untuk menjaga organ reproduksi wanita

www.pexels.com

Selain serbat asam jawa, salah satu ramuan herbal yang cukup terkenal lainnya adalah kunyit asam. Kunyit asam sering dikonsumsi oleh kaum wanita untuk mengatasi nyeri haid dan menjaga kesehatan organ reproduksi wanita.

Tak hanya untuk wanita, kunyit asam sebenarnya bisa diminum oleh siapa saja. Punya khasiat lain untuk mencegah penuaan dini, menghilangkan bau badan dan menyegarkan badan juga. Cocok buat kamu yang ingin tetap fit di musim pancaroba.

7. Sarabba, minuman khas Sulawesi Selatan ini dianjurkan karena bikin badan sehat

Sumber Gambar

Sarabba adalah minuman tradisional yang berasal dari Sulawesi Selatan. Minuman ini sangat cocok dinikmati saat hujan. Saat demam dan pilek, kamu disarankan mengonsumsi ramuan ini karena efektif menghangatkan tubuh dan memperlancar pernafasan.

Sarabba terbuat dari bahan herbal seperti jahe, gula merah, santan, merica bubuk dan kuning telur. Selain untuk minuman kesehatan, sarabba juga bisa kamu nikmati bersama cemilan kesukaan kamu di sore atau malam hari.

Itulah beberapa ramuan sederhana yang bisa kamu minum untuk menjaga kesehatan tubuh. Agar tidak mudah sakit saat menghadapi perubahan cuaca di musim pancaroba. Jadi saat musim pancaroba tiba, ada baiknya untuk selalu menyiapkan ramuan ini ya, guys.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Rekomendasi Modem 4G Murah yang Tawarkan Koneksi Internet Ngebut | Keepo.me

Rekomendasi Modem 4G Murah yang Tawarkan Koneksi Internet Ngebut | Keepo.me

Bak Sulap, Ini Proses Before After Makeup dari Tangan Ajaib Khadijah Azzahra

Bak Sulap, Ini Proses Before After Makeup dari Tangan Ajaib Khadijah Azzahra

Khusus Penggemar Bola! 10 Aplikasi Nonton Live Streaming Bola Android Terbaik | Keepo.me

Khusus Penggemar Bola! 10 Aplikasi Nonton Live Streaming Bola Android Terbaik | Keepo.me

6 Manfaat Ajaib Jahe ini Bikin Kulitmu Makin Mulus. Coba dan Buktikan!

6 Manfaat Ajaib Jahe ini Bikin Kulitmu Makin Mulus. Coba dan Buktikan!

Berbagai Cara Memperbesar Ukuran File PDF, Bisa Digunakan Di PC atau di Android | Keepo.me

Berbagai Cara Memperbesar Ukuran File PDF, Bisa Digunakan Di PC atau di Android | Keepo.me

5 Tips Daily Make Up Minim Budget yang Hasilnya Mempesona. Nih Rahasianya!

5 Tips Daily Make Up Minim Budget yang Hasilnya Mempesona. Nih Rahasianya!

loading