7 Prinsip Keuangan yang Dipegang Teguh Orang Tionghoa. Kalau Mau Kaya, Kudu Diterapkan!

23 Oktober 2017
|Olphi Disya
Tips
0SHARES

Etnis Tionghoa memang terkenal dengan kemampuannya dalam mengelola uang sehingga sukses dalam berbagai bidang bisnis. Ternyata, kesuksesan mereka nggak didapatkan secara mudah, namun harus berjuang dalam mengatur keuangan agar tetap hidup berkecukupan dan dapat meraih keuntungan.

Kalau kamu juga ingin mengikuti cara cerdas mereka dalam manajemen finansial, kamu bisa ikuti ketujuh tips berikut nih biar bisa terlatih jadi orang kaya!

1. Jangan sampai berhutang

Dalam kamus kehidupan etnis Tionghoa, berhutang bukanlah hal yang lazim dilakukan. Nggak hanya berhutang saat membeli sesuatu kepada pedagang atau meminjam uang teman, tapi juga sangat berhati-hati ketika memiliki kartu kredit. Etnis Tionghoa mempertimbangkan dengan matang konsekuensi ketika berhutang. Maka dari itu sebagian besar etnis Tionghoa menghindari hutang dengan cara menabung lebih rajin atau langsung bayar tunai.

2. Menabung itu harus didiplin

Bagi orang Tionghoa, menabung merupakan kebutuhan sehingga kalau nggak menabung maka rasanya aka nada yang kurang di hidupnya. Cara menabung etnis Tionghoa pun patut kita contoh. Misalnya dengan menyisihkan 30-50% penghasilan untuk ditabung dan melakukannya secara kontinyu alias didorong kedisiplinan yang kuat. Kalau kamu belum mampu nabung segitu, kamu bisa mulai dari nominal kecil, asal konsisten terus menabung.

3. Selalu lihai dalam tawar-menawar

Negosiasi dalam berbisnis atau berdagang merupakan hal yang sering dilakukan etnis Tionghoa. Hal ini mengajarkan bahwa harga yang pas bisa didapatkan apabila kita menghitung dengan benar keuntungan kedua belah pihak. Bukan asal-asalan menawar, tapi etnis Tionghoa memikirkan bagaimana si penjual juga bisa untung. Karena menurut mereka tawar-menawar adalah seni, bukan untuk mengambil untung semata.

4. Hidup hemat wajib hukumnya

Hidup sederhana dan mengedepankan berhemat adalah tuntunan etnis Tionghoa. Mereka selalu mengupayakan bahwa nggak akan ada barang yang terbuang sia-sia sehingga bisa digunakan kembali nggak perlu beli baru. Atau dengan cara berbagi dengan saudara dan kerabat. Menurut mereka kalau bisa membuat sendiri, akan jauh lebih baik dibandingkan harus membeli yang jatuhnya jadi lebih mahal. Misalnya makanan bekal makan siang.

5. Berani bayar mahal untuk investasi

Meskipun berpedoman untuk hidup hemat dan sederhana, bukan berarti etnis Tionghoa nggak berani bayar mahal untuk sesuatu. Hanya saja, apa yang akan dibayarkannya memang pernuh pertimbangan, salah satunya adalah nilai investasi. Etnis Tionghoa nggak segan membeli sesuatu yang mahal apabila barang tersebut punya jual kembali yang tinggi dan terus tumbuh. Tapi dalam menjualnya mereka pun nggak ingin sembarangan.

6. Uang nggak dianggap sebagai hal sepele

Pada budaya etnis Tionghoa, uang bukanlah sekedar alat tukar untuk transaksi. Namun lebih dari itu, mereka percaya uang dapat menjadi sumber kebahagiaan apabila digunakan dengan bijak. Misalnya memberikan hadiah kepada orang lain dalam bentuk uang (angpau) bukan barang agar orang tersebut dapat menggunakan uangnya untuk kebutuhan yang memang diperlukan betul. Uang yang disimpan juga harus terbukti keamanannya sehingga dapat dialokasikan ke hal-hal yang sifatnya investasi.

7. Kerja keras merupakan awal kesuksesan

Salah satu perilaku yang harus banget kita contoh dari etnis Tionghoa adalah kerja kerasnya. Kegagalan bukanlah penghalang untuk terus berusaha. Selain bekrja keras, mereka juga kerja cerdas. Pepatah bangun pagi agar rejeki nggak dipatok ayam sepertinya telah mendarah daging sehingga yang namanya bekerja, sebisa mungkin etnis Tionghoa memulainya sejak dini hari dan memanfaatkan waktu libur pun untuk meraup keuntungan.

Kurang lebih seperti itulah manajemen keuangan ala etnis Tionghoa yang bisa kita tiru, apapun latar belakang etnismu. Ternyata memang ada pakem-pakem dalam mengatur uang yang harus dijaga. Semoga setelah ini jadi kaya raya deh!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES