7 Penyakit Berbahaya yang Ditandai dengan Sakit Kepala. Kamu Harus Waspada!

11 Agustus 2017
|Robertus Ari
0SHARES

Terkadang kita memang merasa tak sepenuhnya "mengenal" tubuh kita sendiri dan tiba-tiba bisa terkena sakit – yang entah itu berasal dari mana. Ketika itu terjadi, barulah kamu merasa ada yang salah pada tubuhmu atau mungkin juga kamu lebih memilih untuk tidak memikirkannya.

Namun, ada sakit yang harus kamu perhatikan betul, yaitu jika kamu mengalami sakit kepala mendadak. Ini bisa menjadi tanda buruk, bahkan indikasi penyakit mematikan. Lalu, apa penyakit berbahaya yang biasa ditandai dengan sakit kepala?

1. Tumor Otak

Merasakan sakit kepala yang mencekam? Bisa jadi ini gejala tumor otak. Selain itu, tumor otak juga ditandai dengan gangguan bicara, rasa lemah di bagian lengan, muntah-muntah, hingga kehilangan keseimbangan serta penglihatan.

2. Stroke

Penyakit ini biasa terdapat pada orang tua. Namun, di zaman sekarang ini, stroke juga bisa menyerang kaum muda. Hal ini terjadi karena aliran darah ke otak kamu berkurang sehingga otak tidak cukup mendapatkan oksigen yang menyebabkan sel-sel otak akan mati dengan cepat. Gejalanya ditandai dengan sakit kepala yang hebat, kurangnya daya ingat, sulit berbicara hingga merasa linglung.

3. Sakit kepala cluster

Penyakit ini lebih banyak menyerang kaum laki-laki dibandingkan dengan perempuan. Sakit kepala cluster sering terasa pada malam hari atau menjelang pagi – yang biasanya muncul karena stres. Gejalanya adalah sakit kepala di satu sisi dan biasanya berlangsung selama satu menit hingga dua jam sekali.

4. Aneurisme otak

Penyakit aneurisme otak cukup berbahaya karena bisa menyebakan stroke. Gejalanya ditandai dengan nyeri di sekitar mata dan terasa mati rasa. Jika kamu mengalami gangguan ini, segera konsultasikan ke dokter.

5. Glaukoma

Glaukoma merupakan salah satu penyakit berbahaya yang menyerang bagian mata. Penyakit ini biasanya muncul dengan ditandai oleh berkurangnya pandangan mata kamu secara perlahan hingga pada akhirnya menyebabkan buta. Gejalanya adalah sakit kepala secara tiba-tiba dan diikuti oleh pandangan yang kabur.

6. Meningitis

Gejala yang muncul ketika kamu menderita penyakit ini adalah rasa sakit kepala yang hebat, sangat sensitif terhadap cahaya, demam, dan leher yang terasa kaku.

7. Terjadi penggumpalan darah

Jika merasakan sakit kepala yang tak pernah hilang, bisa jadi ada penggumpalan atau pembekuan darah pada otak. Sakit ini biasa dipicu oleh stres, flu, atau mengalami masalah pada mata kamu. Jika dibiarkan, maka secara perlahan akan berdampak pada respon berbicara hingga menghambat fungsi otak.

 

Jadi, kalau kamu pernah merasakan beberapa gejala yang sudah disebutkan di atas tadi, tak ada salahnya jika kamu segera memeriksakan diri ke dokter. Salam sehat!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES