7 Penyakit Berbahaya Ini Disebarkan oleh Nyamuk. Wajib Waspada!

video-images.vice.com

Setiap manusia pasti menginginkan lingkungan bersih untuk hidup yang sehat. Tapi, datangnya suatu penyakit memang kadang nggak bisa kita prediksi. Mulai dari pola makan nggak teratur, kurangnya menjaga kebersihan, sampai faktor genetik bisa jadi penyebabnya. Di antara beberapa penyebab tersebut, ada juga lho hewan yang dapat membawa penyakit ke dalam tubuh kita. Yup, nyamuk!

Hewan kecil menyebalkan ini memang sering banget bikin badan kita jadi bentol-bentol merah dan gatal. Tapi nyatanya, nggak cuma sebatas gatal, nyamuk bisa jadi sumber penyakit yang berbahaya banget! Apa saja sih penyakit yang dibawa sama nyamuk-nyamuk di bawah ini? Simak bareng yuk!

1. Kaki gajah

cdns.klimg.com

Disebabkan semakin meningkatnya penyebaran penyakit kaki gajah, pemerintah sampai turun tangan untuk memberikan obat pencegahan secara gratis bagi masyarakat. Ditularkan oleh nyamuk yang menghisap darah, maka nyamuk tersebut juga akan meninggalkan mikrofilaria yang bersarang dalam tubuh kita. Mikrofilaria tersebutlah yang akan mengendap dan menyumbat kelenjar limfa yang ada di dalam tubuh. Jadi harus waspada ya, guys. Tetap utamakan kebersihan lingkungan agar tidak nyamuk-nyamuk tidak datang.

2. Penyakit kuning

assets.jalantikus.com

Penyakit kuning memang kerapkali menyerang masyarakat Indonesia yang disebabkan oleh gigitan seekor nyamuk. Penderita penyakit kuning akan mengalami rasa mual sekaligus demam yang disertai dengan menurunnya nafsu makan. Biasanya, nyamuk yang membawa penyakit kuning memiliki ciri-ciri bintik putih pada tubuhnya. Jika mengalami tanda di atas, ada baiknya segera periksakan diri ke dokter untuk didiagnosa lebih lanjut.

3. Demam berdarah

www.sciencemag.org

Tentu kita sudah nggak asing 'kan dengan jenis nyamuk Aedes Aegypti. Jenis nyamuk yang satu ini memang identik banget dengan penyakit demam berdarah yang dibawanya. Melalui gigitan nyamuk ini, maka virus dengue akan dengan mudah masuk kedalam tubuh kita sehingga menyebabkan adanya penyakit demam berdarah. Gejala awalnya yaitu mengalami demam yang naik turun, mual, nyeri di sekujur tubuh, dan sakit kepala terutama di area dahi. Harus rajin-rajin melakukan 3M ya buat mencegah datangnya nyamuk ini.

4. Radang otak
cnet1.cbsistatic.com

Waduh, bacanya aja udah ngeri banget. Memang, virus-virus yang dibawa oleh beberapa jenis nyamuk ini dapat menyebabkan terjadinya peradangan di otak. Tapi bersyukurnya, penyakit ini masih sangat sedikit ditemukan di Indonesia. Kebanyakan, radang otak akibat nyamuk ditemukan di wilayah negara tertentu seperti Jepang, Meksiko, dan Amerika Tengah. Meski begitu, alangkah baiknya kalau kita tetap waspada. Salah satunya dengan cara menjaga kebersihan.

5. Malaria
www.provoke-online.com

Malaria ini masuk ke dalam jenis penyakit yang menjadi penyebab angka kematian bertambah. Di beberapa kasus yang ditemukan, malaria dapat menyebabkan seseorang demam, sakit kepala, kejang, bahkan meninggal. Meskipun gejala yang dapat terindikasi dari malaria cukup terasa biasa saja, kita harus tetap rutin memeriksakan kesehatan kita ke dokter ya. Supaya kalau benar malaria, kita bisa dapat mendapatkan perawatan yang lebih tepat.

6. Chikungunya

penyakitdemamberdarah.com

Hampir mirip dengan demam berdarah, chikungunya yang disebabkan oleh nyamuk ini juga memiliki ciri-ciri demam yang naik turun, mual, pusing yang berkepanjangan, nyeri di beberapa bagian tubuh, serta kelelahan yang terus menerus. Seringnya salah diagnosis antara Chikungunya dan demam berdarah, harusnya semakin menyadarkan kita untuk tidak bosan rutin cek kesehatan ke dokter.

7. Virus Zika

article.images.consumerreports.org

Pernah menjadi penyakit yang booming di Indonesia, rupanya penyakit Zika ini pertama kali terjadi di Afrika. Akibat serangan penyakit Zika yang dibawa oleh nyamuk ini, bisa menyebabkan penderitanya mengalami cacat bahkan lumpuh. Maka dari itu sangat penting terutama bagi ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan dini secara rutin agar janin yang dikandung terhindar dari virus Zika ini. Bisa disembuhkan kok, asal penanganannya cepat dan tepat.

Duh, ngeri juga kalau tahu banyak penyakit berbahaya yang bisa ditularkan lewat hewan kecil ini. Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka dari itu, selalu dan selalu utamakan kebersihan lingkungan dan diri sendiri. Jangan sampai ada genangan air yang membuat nyamuk jadi betah bersarang. Waspadalah!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Belanja Online Cuma Beli 1 Sachet Minuman Instan Seharga 400 Rupiah, Pas Nyampe Barangnya Jadi Gini - Keepodotme

Belanja Online Cuma Beli 1 Sachet Minuman Instan Seharga 400 Rupiah, Pas Nyampe Barangnya Jadi Gini - Keepodotme

Trik Cegah Noda Ketiak Basah di Bajumu dengan Panty Liner. Bye-bye Burket!

Trik Cegah Noda Ketiak Basah di Bajumu dengan Panty Liner. Bye-bye Burket!

10 Aktor Korea dengan Bayaran Temahal, Ada yang Sampai 1 Miliar Per Episode - Keepodotme

10 Aktor Korea dengan Bayaran Temahal, Ada yang Sampai 1 Miliar Per Episode - Keepodotme

Dear Freelancer, Terapkan 5 Cara Cerdas Mengatur Keuangan ini. Demi Masa Depan Sejahtera!

Dear Freelancer, Terapkan 5 Cara Cerdas Mengatur Keuangan ini. Demi Masa Depan Sejahtera!

Wanita Misterius Ini Mengklaim Dirinya adalah Putri Duyung. Kisah Hidupnya Mirip Seperti Ariel di Film “The Little Mermaid”!  - Keepodotme

Wanita Misterius Ini Mengklaim Dirinya adalah Putri Duyung. Kisah Hidupnya Mirip Seperti Ariel di Film “The Little Mermaid”! - Keepodotme

Jika 5 Tanda ini Terjadi, Segera ke Psikiater. Mentalmu Tidak Baik-baik Saja!

Jika 5 Tanda ini Terjadi, Segera ke Psikiater. Mentalmu Tidak Baik-baik Saja!

loading