7 Panduan Merawat Rambut Buat Wanita Berhijab Biar Nggak Rontok dan Ketombean

id.pinterest.com

Berhijab bukan berarti melupakan kesehatan dan keindahan rambut. Hijab memang bisa menghindarkan rambut dari paparan sinar matahari dan polusi. Namun, muncul masalah baru yang membuat aktivitas kurang nyaman. Rambut yang dihijabi membuat sirkulasi udara di kepala berkurang sehingga rentan lepek, rontok, hingga berketombe. Keadaan pun semakin menyiksa saat tiba-tiba gatal menyerang.

Agar semua masalah tersebut tidak mengacaukan hari-harimu, alangkah baiknya kamu memberi perhatian lebih pada mahkotamu. Ikuti panduan berikut agar masalah rambut berhijabmu tidak semakin menjadi-jadi!

 

1. Keramas menggunakan air hangat

www.evehow.com

Selain merelakskan badan, air hangat juga bisa membuka pori-pori di kulit kepala. Kotoran, sel kulit mati, dan ketombe pun semakin mudah dihilangkan saat pori-pori terbuka. Saat itu pula, nutrisi shampoo dan kondisioner mudah terserap ke kulit kepala. Setelah itu, bilas dengan air dingin agar kulit kepala menjadi segar kembali. Sebelum berkeramas, perhatikan suhu air yang akan kamu gunakan. Jangan terlalu panas karena dapat memicu kerontokan.

 

2. Gunakan sampo dan kondisioner dengan sensasi menyegarkan

www.cookforyourlife.org

Setelah berhijab seharian, biasanya kepala terasa sangat gerah. Oleh sebab itu, perlu sampo dan kondisioner yang sesuai. Sampo dengan kandungan mint menjadi salah satu pilihan tepat. Sensasi dinginnya akan menyejukkan kulit kepala. Rasa gatal yang tadinya menyiksa juga akan berkurang. Rajinlah keramas untuk menghindari kulit kepala berminyak.

3. Ikatan rambut yang terlalu kencang memicu kerontokan

www.allthingshair.com

Saat berhijab, perempuan cenderung mengikat rambutnya dengan kencang agar bisa rapi seharian. Wanita yang memiliki rambut panjang juga sering menggelung rambutnya. Padahal menarik rambut ke belakang bisa merapuhkan rambut hingga menyebabkan kerontokan. Solusinya mudah, gunakan model ikatan ponytail dengan ikatan longgar. Mengepang rambut juga bisa menjadi cara lain agar rambut tidak terperangkap dalam ikatan kencang.

 

4. Pastikan rambut kering sebelum memakai hijab
bizfluent.com

Sebelum mengenakan hijab, sebaiknya keringkan rambutmu terlebih dahulu. Selain dapat menimbulkan bau, rambut yang basah lebih rapuh dan rentan patah. Apabila terburu-buru, pakailah kerudung yang longgar dan jangan ikat rambutmu. Jika terpaksa mengeringkan rambut dengan hairdryer sebaiknya gunakan vitamin rambut terlebih dahulu.

5. Pilih hijab yang menyerap keringat
id.pinterest.com

Kerudung dari bahan katun menjadi pilihan tepat untuk beraktivitas seharian. Hijab berbahan katun mudah menyerap keringat dan membuat sirkulasi udara lancar. Kalau kamu menggunakan ciput, gantilah minimal dua hari sekali. Hijab atau ciput yang telah basah oleh keringat gampang memicu ketombe kalau kamu tidak rutin menggantinya.

 

6. Perhatikan nutrisi rambut

ar.all.biz

Meski tertutup, nutrisi rambut juga perlu menjadi prioritas. Lakukan deep conditioning agar rambutmu lebih sehat dan kuat. Caranya mudah, pakai kondisioner seperti biasa kemudian tutuplah menggunakan handuk. Tunggu sekitar 30 menit agar nutrisinya meresap. Kamu juga bisa menggunakan kondisioner dari bahan alami seperti minyak zaitun dan minyak wijen.

7. Lepas hijab saat santai di rumah

therighthairstyles.com

Seperti dirimu, rambut juga perlu istirahat. Setelah seharian terperangkap dalam hijab, biarkan rambutmu menikmati kebebasannya. Gerai rambut dan sisirlah perlahan agar rambutmu juga bisa bernapas.

 

Setelah kamu mengikuti panduan di atas, rontok dan gatal yang menyiksa tidak akan menghantuimu lagi. Saat kamu berhijab memang tidak akan ada yang melihat betapa cantiknya rambutmu. Namun, rambut sehat dan kuat akan membuat ibadahmu lebih khusyuk.

 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tiga Hoaks Dalam Sehari, Indonesia Krisis Akal Sehat - Keepodotme

Tiga Hoaks Dalam Sehari, Indonesia Krisis Akal Sehat - Keepodotme

Rahasia Enak Bikin Kolak Pisang Nangka untuk Menu Buka Puasa. Yuk, Intip Resepnya!

Rahasia Enak Bikin Kolak Pisang Nangka untuk Menu Buka Puasa. Yuk, Intip Resepnya!

Ciri-Ciri Hubungan LDR Akan Segera Berakhir! - Keepodotme

Ciri-Ciri Hubungan LDR Akan Segera Berakhir! - Keepodotme

16 Ide Menata Koleksi Kesayanganmu Supaya Rapi dan Sedap Dipandang Mata

16 Ide Menata Koleksi Kesayanganmu Supaya Rapi dan Sedap Dipandang Mata

Masalah Kesehatan Yang Sering Dialami Perempuan Saat Malam Pertama - Keepodotme

Masalah Kesehatan Yang Sering Dialami Perempuan Saat Malam Pertama - Keepodotme

Lukis Sepatu Kesayangan dengan Motif Sesuka Hati? Dijamin Nggak Ada yang Nyamain

Lukis Sepatu Kesayangan dengan Motif Sesuka Hati? Dijamin Nggak Ada yang Nyamain

loading