7 Menu Sarapan Buat yang Diet. Prakis, Kenyang, Bikinnya Nggak Sampai 10 Menit!

07 Oktober 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Banyak yang mengira kalau diet untuk menurunkan berat badan artinya harus skip sarapan. Padahal sarapan itu penting banget agar kamu punya energi yang cukup untuk memulai hari. Makanlah sarapanmu di jam 7-9 pagi, karena di waktu tersebut pencernaanmu lagi dalam kondisi terbaik untuk mencerna makanan menjadi energi. Tapi biar dietmu sukses, kamu bisa cobain menu sarapan sehat berikut ini yang dipercaya nggak akan bikin berat badanmu naik!

1. Omelet sayur

Memulai pagi dengan menu telur yang dikombinasikan dengan sayur bisa membuat pagimu jadi lebih semangat. Siapkan dua buah telur yang dikocok, sayur-sayuran rebus seperti brokoli, wortel, jagung, bayam dan bawang bombay. Kamu juga bisa tambahkan beberapa potongan sosis tapi jangan terlalu banyak. Goreng dengan minyak yang nggak mengandung kolesterol. Dan jangan dimakan pakai nasi, ya!

2. Cokelat pisang celup

Kalau kamu nggak mau sarapan yang butuh peralatan masak, kamu bisa cobain bikin cokelat pisang celup. Pisang yang kaya akan potassium akan memberikanmu energi lebih dan tentunya minim kalori. Diet juga nggak harus memusuhi cokelat asalkan pilih dark cokelat.

Siapkan dua buah pisang dan potong-potong. Celupkan pisang ke dalam setengah gelas dark cokelat yang telah dicairkan. Ingat, selai cokelat bukan susu kental manis rasa cokelat, ya!

3. Sandwich roti gandum

Menu sandwich yang terbilang cukup mudah ini hanya perlu 5 menit untuk membuatnya. Roti gandum yang kaya serat akan membuatmu lebih mudah kenyang namun dengan karbo yang minimal. Sebaiknya sandwich roti gandum nggak dimakan melalui proses masak, seperti dibakar. Siapkan dua helai roti gandum, irisan tomat, selada, daging asap atau telur. Pilih sayur yang segar dan bersih biar nutrisinya tetap terjaga.

4. Oatmeal buah

Salah satu menu sarapan yang praktis juga nih. Terutama bagi kamu yang suka dengan makanan manis tapi nggak mau gula berlebih. Oatmeal juga kaya akan serat, ditambah dengan nutrisi dari buah-buahan yang bagus untuk dietmu.

Tuangkan air panas ke dalam oatmeal instan, aduk hingga mengental. Campurkan buah-buahan segar seperti pir, melon, pisang, dan anggur. Kalau dirasa kurang manis, kamu bisa campurkan madu sebagai pemanisnya.

5. Smoothies bowl

Lagi ngetren juga nih menu sarapan smoothies bowl yang cukup praktis untuk dibuat. Menu sarapan ini juga bisa dibilang bisa menahan lapar hingga siang. Bahan yang kamu perlukan adalah buah-buahan seperti buah naga yang dilumatkan dan diberikan topping seperti pisang, granola, chia seeds, dan stoberi. Sarapanlah di rentang waktu jam 7-9 agar dapat dicerna dengan baik. Mangkukmu akan kelihatan meriah, deh. Sarapan jadi semangat dan sehat!

6. Pancake madu

Percaya deh, bikin pancake nggak akan lebih lama daripada kamu mandi pagi! Kamu hanya perlu siapkan tepung terigu (bisa diganti dengan lumatan pisang), telur, susu cair, dan margarin secukupnya. Campurkan semua bahan kecuali margarin sehingga menjadi adonan cair. Panaskan wajan yang telah dioleskan margarin. Tuangkan bahan ke wajan hingga matang dan menjadi pancake. Selagi hangat, tuangkan madu atau keju di atasnya. Nyam!

7. Nasi merah kepal

Kalau kamu harus banget makan nasi ketika sarapan tapi nggak mau dietmu gagal, kamu bisa siasati dengan nasi kepal. Porsinya yang mini tetap bisa bikin kamu kenyang sampai siang. Tapi kamu harus mengganti nasi putih dengan nasi merah. Kepal nasi menjadi seperti bola sebanyak 3-4 bola kecil. Bisa kamu isi dengan abon, rumput laut, sosis, ikan teri atau ayam suwir. Ingat, makan nasinya jangan terlalu banyak ya, 'kan lagi diet?

Praktis banget kan? Kamu juga ngak perlu banyak waktu untuk menyiapkannya. Jadi diet itu bukan skip sarapan, justru harus sarapan, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES